Quantcast

Album of The Day: Rihanna – Rated R

By - 9 years ago in Album of The Day

PhotobucketKeluar dari kenyaman!! Itulah yang terlintas dibenak saya ketika pertama kali melihat artwork album keempat gadis kelahiran Barbados pada 20 February 1988 ini, Rihanna. Rated R dirilis dua tahun kemudian setelah album ketiganya Good Girl Gone Bad meledak di seluruh dunia. Tampaknya kesuksesan album ketiga, membuat Rihanna tidak tenggelam untuk membuat materi yang sama dengan album yang sudah sudah sebelumnya. Hampir dua tahun rentang waktu yang dibutuhkan untuk menggarap Rated R, sungguh berbeda ketika merilis album Music Of The Sun, A Girl Like Me, hingga Good Girl Gone Bad yang penggarapannya hanya berjarak satu tahun. Mengenai album cover, mungkin sebagian orang terkejut melihat perubahan yang sebelumnya memang “good girl” dan ternyata menjadi lebih “gone bad”, itulah yang bisa saya katakan, sekilas mirip album cover penyanyi dengan genre musik “punk”, dengan tampilan gaya Rihanna yang tidak biasa. Konsep hitam putih ini, mengambil contoh album cover penyanyi tahun 1980, Grace Jones.

Bekerja sama dengan beberapa produser kenamaan seperti Chuck Harmony, The-Dream, Christopher “Tricky” Stewart, Chase & Status, Ne-Yo, Stargate, hingga Justin Timberlake, mungkin membuat sebagian penggemarnya berharap album keempatnya ini masih memiliki materi yang sama dengan beberapa album sebelumnya, dan pastinya juga mengulangi kesuksesan yang sama, hal itu tidak salah, karena pada beberapa lagu, memang memiliki beat yang sama. Tetapi, jangan terlalu banyak berharap akan menemui single semacam “Don’t Stop The Music” hingga hits-nya yang terkenal, “Umbrella”, atau bahkan “SOS”, namun jangan khawatir, hits single semacam “Unfaithfull” hingga “Take A Bow” masih dapat dinikmati, karena selain masih mengusung musik R&B, disepanjang album ini, pendengar akan disuguhkan berbagai macam lagu yang kaya akan instrument/alat musik, bahkan hampir sebagian materi lagu di album ini bisa dikatakan lebih cenderung mengarah ke jalur R&B Rock, rock ballad latin dan sentuhan musik pop tentunya.

Nuansa gelap, kedewasaan, dan keputus-asaan seperti lirik, musik yang campur aduk, ditambah vokal Rihanna yang semakin dewasa, membuat Rihanna berusaha keras untuk keluar dari konsep materi album sebelumnya, dengan mempertaruhkan Rated R, apakan akan sesukses Good Girl Gone Bad atau tidak yang mencetak banyak hits di chart. Memang meski diakui, perbedaan yang begitu “cukup” banyak dapat ditemui di album ini. Coba saja dengar “Mad House” yang dibuka sebagai intro, sekilas terdengar agak “seram” pada 30 detik pertama. Berlanjut pada “Wait Your Turn” yang diproduseri Stargate, Chase & Status single R&B ini terdengar agak berat, namun tidak membutuhkan waktu yang lama, single ini bakal langsung nancep ditelinga. Pada single “Hard”, dibawakan dengan Young Jeezy, ditulis dan diproduseri oleh The-Dream dan Tricky Stewart sekilas mengingatkan “Live Your Life” yang Rihanna bawakan dengan rapper T.I ini, sangat mengesankan. Setelah disuguhkan dengan kedua track mid-up tempo, mari kita dengarkan “Stupid in Love” yang ditulis oleh Ne-Yo dan diproduseri oleh Stargate, sekilas akan mengingatkan single “Take A Bow”, dan tidak perlu waktu yang cukup lama untuk menyukai single ini.

Apa jadinya jika seorang mantan personel Guns N Roses bekerja sama dengan penyanyi R&B? “Rockstar 101” adalah jawabannya. Tidak perlu dipertanyakan lagi kualitas permainan gitar Slash seperti apa, yang pasti “Rockstar 101” yang ditulis dan diprodiseri oleh The-Dream dan Tricky Stewart ini terdengar sangat ramai atau bahkan sedikit mengganggu dengan menggabungan kedua aliran musik jadi satu? Menurut saya terdengar sangat aneh, meski vokal Rihanna bisa menyesuaikan. “Russian Roulette” sepertinya tidak perlu dipertanyakan lagi, dibuka dengan intro gitar dan berlanjut dengan nuansa musik R&B yang gelap, mengguratkan keputusasaan. Buat sebagian pendengar mungkin butuh waktu untuk menikmati single yang diciptakan Ne-Yo dan Rihanna sendiri, namun single ballad ini membuat saya tergila-gila dengan vokalnya yang semakin mantap.

Nuansa musik R&B tidak akan dijumpai pada “Fire Bomb”, terdengar lebih mengarah ke pop rock, unik dan berbeda dengan single lainnya sangat hearcatching meski pada intronya sedikit mengganggu pada permainan gitarnya. Berlanjut kepada “Rude Boy” dan “G4L” masih mengandalkan musik R&B kebanyaan, tak ketinggalan “Photographs” yang dibawakan dan diciptakan dengan Will.i.am dan dibalut dengan music pop R&B sekilas mengingatkan pada beberapa lagu yang pernah diciptakan Will.i.am, very easy listening. Mau mendengarkan Rihanna membawakan lagu dengan iringan irama musik latin? “Te Amo” dapat mengatasi kejenuhan setelah mendengarkan berbagai macam musik yang sudah disajikan sebelumnya. Berlanjut pada “Cold Case Love” yang ditulis oleh Justin Timberlake sedikit meneduhkan perasaan, dan ditutup dengan single pop rock ballad “The Last Song” yang masih asyik untuk dinikmati.

Materi album Rated R, memang terdengar sedikit berat pada awalnya, namun percayalah dengan konsep yang diusungnya ini, image album Good Girl Gone Bad memang hampir menghilang, namun sebagai gantinya kalian akan melihat Rihanna dari sisi yang baru, dan sedikit lebih liar. Meski pada beberapa lagunya memang membutuhkan waktu untuk dapat dinikimati, tetapi saya meyakinkan bahwa kalian akan semakin addicted ketika menyantap album ini secara berulang-ulang. Tidak masalah buat saya jika memang kedepannya tidak begitu banyak menghasilkan hits atau single seperti album sebelumnya, tetapi jika berhasil, itu merupakan bonus yang layak didapatkan Rihanna, karena secara pribadi saya menjumpai bahwa tidak mudah untuk seorang Rihanna membuat konsep album yang berbeda dengan album sebelumnya.

Dibilang mengecewakan? Pada awalnya sedikit Ya, namun setelah menikmati keseluruhan materinya, saya dapat mengacungkan dua jempol. Salut buat Rihanna.
(Joe Ari Shasta / CreativeDisc Contributors)

Track List:
1. “Mad House”
2. “Wait Your Turn”
3. “Hard” (featuring Young Jeezy)
4. “Stupid in Love”
5. “Rockstar 101” (featuring Slash)
6. “Russian Roulette”
7. “Fire Bomb”
8. “Rude Boy”
9. “Photographs” (featuring Will.i.am)
10. “G4L”
11. “Te Amo”
12. “Cold Case Love”
13. “The Last Song”

Ikutin kuis berhadiah 15 CD Rihanna hanya disini!

CD Collector | Music freaks

Comments

124 Responses to “Album of The Day: Rihanna – Rated R”

  1. Joe Ari Shasta says:

    yah suara tembakannya juga di cut…

  2. De'anderson says:

    pengen banget liat video klip “russian roulette”, waktu awal denger judulnya aja dah merinding disko, trus ngebayangin rihanna menghayati lagunya pastinya memorable en dramatis bgt. =)

  3. didi says:

    iya tuh padahal suara tembakannya itu yang gw tunggu2..tau2nya cuman si riri gugup gitu…cuman mnurut gw tuh video konsepnya mantap abis (introny aseli mantep bgd).. keren bgd dibanding video rihanna sebelmnya!!

  4. aduy says:

    makanya banyak yg bilang firebomb asik kan ? karena masih mirip2 good girl gone bad ?? hayo bearti.. riri lbh cocok rnb kaan ?

  5. didi says:

    Rihanna dah bikin MV buat Hard tuh..
    keknya bakal keren diliat dari outfitnya n photoshootny!!!!!

  6. portman says:

    She transformed into a Hardcore Porn Star…. Next!!!

  7. Nee says:

    Baca comment2 di atas kok isinya pada brantem, hehe..
    Udah lama ngikutin ini blog, tp baru ikutan kasih komen.
    Gw suka album Rated R nya riri. Smua lagu d album ni gw suka koq. Hard & firebomb one of my fav..

  8. hendra says:

    waaahhhhh seru,,,, seru,,,,
    gw nonton ajah ah (sambil meluk britney tentunya)
    wkwkwk,,,

    back to Rated R,, gw hargain usaha Rihanna utk berubah tidak mandek dan meninggalkan image GGGB 9wolopun masih ada bbrp lagu yg ngingetin gw pd era GGGB)

    Buat Rubben tahun 20007-20008 mgkin emang tahun bersinarnya rihanna (itupun setlah ngeluarin album ke-3) tp mana Tahun Beyonce bro Rubben?? 2003 itu bener2x tahun-nya Beyonce lho (borong 5 apa 7 grammy lho kalo gw gak salah ingat) dan penjualan album Beyonce mengakalahkan ITZ nya Britney ku

    back to Rated R, banyak lagu yg berpotensi jd single di album ini IMO cuman karena mgkin pendenger 9secara luas lho, bukan hanya di indo) masih nempel aura Umberlla, jd pada saat mereka di sodorin Russian Roulette mreka susah masuk-nya ke lagu tsbt,,,,

    mgkin bakalan beda kalo 1st single itu HARD yg kata gw tadi masih ada unsur GGGBnya (umberlla tentunya)

    gw blom bisa beli hikss,,,, kirim ke Mas Welly aja belom,,, hiks,,,,

  9. Joe Ari Shasta says:

    Hendra, kamu kemana aja nih barun nongol? hehehe
    banyak yg kaget tuh dengan riri sekarang hahaha..
    kok u blum bisa beli? kan ini uda rilis cdnya??

  10. hendra says:

    @bro joe arista,,, sukur msh ada yg kangen ma gw hahahhaha,,, ada ksibukan yg gak bisa gw tinggalin bro sampai gak smpet nengokin salah satu situs fave gw ini hahhahhha,,,,, walopun pas baca lgsung kaget pujaan hati gw di hina hina dgn alasan yg sangat sangat klasik,,, Britney is 3008 they so 2000 and late,,, hahahhhahha,,, gw blom bisa beli karena ada bbrp hal yg bikin gw nunda beli ni cd, salah satunya takut ada re release kek GGGB maren,, maren dah liat cd nya, harga 75rb, sukurlah gak ada bendera indonya,,,trus lg rajin nabung jg buat beli box set,,,,

  11. Joe Ari Shasta says:

    hahahaha gw ngakak baca komen lo ndra, ga ada salahnya beli dulu, gw aja punya GGGB ampe 3 biji, hehehe

    mantaplah rated r ini

    box set?? boleh juga tuh

  12. hendra says:

    wakkksssss 3 biji bro? set dah,,, gw cuman punya 1 yg GGGB yg reloaded cd+dvd ntu pun nitip lewat amazone. gw lg demen bgt ma stupid in love nih,,,, ternyata ada 3 versi, ne yo, riri dan brandy, habisnya lagunya gw bgt c hohoho

  13. Rubben says:

    Bwt hendra: sy sgaja ga masukin nama beyonce krna dia ga terlalu fenomenal d thn 2003, mmg laku keras albumnya tp dia ga sampe fenomenal, plg2 cuma d US doang. Itu sih pendapat gw

    Btw numpang nanya dong, BOX SETnya Britney rilis ga d indo? Kalo iya kpn? Hrganya brp? Thanks

  14. Wings^break says:

    Rasanya fan box set tidak edar di indonesia… Kabarnya lagi.. Di kawasan asia lain juga tidak …

    Barang langka tuh di indo.. Yuks berburu!!!

  15. hendra says:

    iya mgkin mnurut Bro Ruben gak fenomenal, tp mnurut aku Crazy in Love dan Baby boy ntu lumayan fenomenal, sampai bisa jd no.1 berminggu minggu di BB Hot 100 (crazy 8 minggu, baby boy 9 minggu)

    kalo soal box set silakan tanya ma Mas Welly hohohoho

  16. Musicoholic says:

    —iya mgkin mnurut Bro Ruben gak fenomenal, tp mnurut aku Crazy in Love dan Baby boy ntu lumayan fenomenal, sampai bisa jd no.1 berminggu minggu di BB Hot 100 (crazy 8 minggu, baby boy 9 minggu)—

    dalam hal ini Hendra yang bener ehehhe. Albumnya #1 di us dan uk (us 4 platinum, uk 2 platinum). Terus singlenya crazy in love 8weeks at #1 (uk #1), baby boy us #1 for 9 weeks (uk #2), ada 2 top 5 hit lainnya. Terus menang Grammy sekaligus 5. Gw rasa udah cukup blg dia fenomenal. (btw gw pribadi sih ngga ngefan2 banget ama dia, dan actually gw ga punya album dangerously in love, tp gue punya yang 2 setelahnya).

  17. chrizalis says:

    Album Rihanna Yang Rated R mengecewakan…pembunuhan karir buat rihanna…I miss the old Rihanna, kenapa lagu – lagu yang ga dimasukin ke album Rated R malah lebih bagus contohnya bubble pop, Emergency Room, & Terminator lagu yg Ok cuman Stupid in love, Hard & te Amo

  18. Aoh says:

    best pop album of 2009…

  19. dedy gaga says:

    kerrrrrrrrrrrrrrrrrrreeeeeeeeeeeeeen
    bgeeeeeeeeeet
    ni album
    aq suka semua lagunya

  20. vina says:

    kalo disc rihanna itu bagus bagus lagian lagu nya asik banget lah ikutan aja kalo udah nyampe dengerin deh lagunya 🙂

  21. iqbal says:

    rubben,,,lady gaga sama rihanna masih lebih tua lady gaga tau,,,lady gaga umurnya 24..rihanna bru 22

  22. iqbal says:

    gw suka lagu russian roulette ny…eh disalah satu webnya yg namanya RIhanna Daily…para penggemar rihanna paling banyak nge-like era Rated R loh dripada gggb…..

  23. wandra says:

    rihanna kamu amazing nget,saya sangat suka ma u selain lguna u sngt sexy dan style u sngat memukau aku paling suka lagu kamu spt unfaithful,umbrella of course,russian rouleette nembak nget,hard shock abis,take a bow cuek gila,and many more

  24. ilow mpow says:

    sayang waktu ini dirilis saya blom tau kalo ada creative disc ini
    kalo ada saya bakalan mendukung bluewings ma ricciadam
    hahahaaahaha
    RihannaNavy Rocks!!!

Leave a Reply

Related Articles

Music News | November 6, 2018 By

Rihanna Larang Presiden Donald Trump Gunakan Lagunya

Music News | October 20, 2018 By

Rihanna Tolak Tawaran Menjadi Headliner 2019 Super Bowl Halftime Show

Music News | September 24, 2018 By

Rihanna Ditunjuk Sebagai Duta Luar Biasa Barbados