Concert Review: Deftones

Oleh: welly - 02 Mar 2011

Image and video hosting by TinyPic

Deftones | 8 Februari 2011, Tennis Indoor Senayan, Jakarta

Konser Kompilasi Lagu Terbaik Deftones

Deftones yang terdiri dari Chino Moreno (vokal, gitar), Stephen Carpenter (gitar), Chi Cheng (bass), Frank Delgado (keyboard, turntable) dan Abe Cunningham (drum) tahun 2010 lalu baru saja merilis sebuah album bertitel Diamond Eyes setelah empat tahun tidak mengeluarkan album. Album yang mendapatkan penghargaan sebagai Rock Album of the Year 2010 versi iTunes tersebut memang mendapatkan review yang positif dari berbagai kritikus musik di dunia. Konsernya kali ini sekaligus mempromosikan album mereka tersebut.

Deftones memulai pertunjukannya pada sekitar jam 8.20 malam dengan membawakan nomor lawas mereka Birthmark dan Engine #9. Cara yang sangat tepat dalam memulai pertunjukkan, karena hampir seluruh penonton yang memang fans Deftones menantikan kedua lagu tersebut dimainkan. Mereka juga membawakan hits-hits lama mereka seperti Minerva hingga Be Quiet & Drive. Hits dari album terakhir mereka tak lupa mereka bawakan, seperti Diamond Eyes.

Sepanjang pertunjukannya kelima personil Deftones menyajikan permainan musik yang sangat handal dan enerjik. Chino Moreno terus melompat, berlarian di panggung hingga memutar-mutar micnya tanpa kenal lelah. Selain itu, kualitas vokal Chino tidak pernah turun hingga akhir konser. Namun sayangnya komunikasi dengan penonton sangat kurang. Chino hanya berulang kali mengucapkan ‘Thanks You’ setelah menyelesaikan sebuah lagu. Pertunjukkan mereka ditutup dengan lagu yang mungkin paling ditunggu-tunggu yaitu 7 Words.

Deftones memang punya album baru 2010 lalu, namun mereka tampaknya mengerti apa yang penonton inginkan, dengan membuat songlist yang sangat tepat dengan memainkan seluruh lagu terbaik mereka sejak album awal. Penontonpun dibuat sangat puas dengan penampilan Deftones yang sangat menghibur tersebut.

Setlist Konser Deftones di Jakarta:

1.Birthmark

2.Engine No. 9

3.Be Quiet and Drive (Far Away)

4.My Own Summer (Shove It)

5.Lhabia

6.Around the Fur

7.Digital Bath

8.Knife Prty

9.Hexagram

10.Minerva

11.Bloody Cape

12.Diamond Eyes

13.CMND/CTRL

14.Royal

15.Sextape

16.Rocket Skates

17.You've Seen The Butcher

18.Beauty School

19.Hole in the Earth

20.Kimdracula

21.Change (In the House of Flies)

22.Passenger

Encore:

23.Root

24.7 Words

By: Harry Lesmana

Artikel ini juga ditampilkan pada majalah SoundUp ‘Music & Lifestyle Magazine’

Photo Courtesy of Adia Prabowo

welly
More from Creative Disc