Concert Review : Foster The People Live at Tennis Indoor Senayan

Oleh: admincd - 14 Jan 2012

Band yang namanya melejit lewat lagu Pumped Up Kicks yaitu Foster The People menggelar konsernya di Tennis Indoor Senayan pada hari rabu,11-01-2012, ini sekaligus adalah konser band international pertama di Jakarta. Konser ini dipromotori oleh 3 Ocean Live, Future 10 dan OZ Radio. Dalam konser kali ini tidak ada opening act dengan alasan bahwa Foster The People ingin para penonton yang datang ke Tennis Indoor ketika masuk segera disambut oleh musik mereka tanpa adanya musik-musik dari musisi lain. Dari sore hari ketika gate dibuka pada pukul 5 sudah terlihat antrian penonton yang terlihat cukup antusias untuk menonton Foster The People. Semakin malam,semakin banyak penonton yang datang dan terlihat bagian festival sudah hampir terisi penuh.

Konser berlangsung telat sekitar 20 menit dari waktu yang dijadwalkan dan membuat para penonton terus memanggil Foster The People untuk segera naik ke atas panggung. Akhirnya sekitar pukul 8.20 malam, Mark Pontius, Cubbie Fink dan 2 additional players naik ke atas panggung yang disambut oleh teriakan para penonton. Tidak lama setelah itu, Mark Foster sang vocalist naik ke atas panggung dan tanpa banyak basa-basi mereka langsung memainkan intro lagu Houdini yang disambut oleh tepuk tangan penonton yang memadati Tennis Indoor Senayan. Dalam lagu pertama ini terlihat para personil Foster The People tampak begitu bersemangat dan sesekali bisa terlihat Mark Foster mengajak penonton untuk bergoyang. Selesai membawakan Houdini, tanpa banyak basa basi mereka langsung memainkan lagu Miss You. Dua jempol patut diberikan untuk lightning ketika Foster The People membawakan lagu ini karena lightning yang begitu dahsyat sehingga berhasil membangun suasana menjadi lebih menarik lagi. Dalam dua lagu pertama ini bisa saya katakan Foster The People bermain dengan sempurna bahkan lebih baik dari apa yang ada di record mereka. Selesai membawakan lagu ke2, Mark Foster sempat berkata 'Terima Kasih Jakarta' dan penontonpun berteriak histeris. Mark Foster juga mengatakan bahwa ini adalah show pertama mereka di tahun 2012 dan sangat senang bisa memulainya di Jakarta lalu terdengarlah intro Life On The Nickel.

Memasuki lagu ke4, Foster The People membawakan Miss You dan tampaknya ini adalah salah satu lagu yang paling dinanti-nantikan karena bisa terdengar sebagian besar penonton menyanyikan lagu ini mulai dari verse awal hingga chorus akhir. Mark Foster terlihat begitu senang ketika mendengar para penonton ikut menyanyikan lagu ini bersama dia. Lagu selanjutnya yang dibawakan adalah Broken Jaw yang tidak masuk dalam album Torches dan Waste. Sebelum membawakan Waste, Mark Foster sempat berinteraksi dengan penonton dan menceritakan latar belakang dari lagu ini. Sebelum masuk, beberapa penonton diwawancara oleh radio OZ dan mereka mengatakan bahwa salah satu lagu yang mereka ingin dengar dalam konser ini adalah Call It What You Want dan lagu tersebut adalah lagu selanjutnya yang dibawakan oleh Foster The People. Terlihat para penonton bernyanyi dan bergoyang bersama dari awal hingga akhir lagu. Tidak berhenti sampai disitu, dalam lagu selanjutnyapun penonton masih terlihat bergoyang karena lagu yang dibawakan selanjutnya adalah single terbaru mereka Don't Stop (Color on the Walls).

Lagu selanjutnya yang mereka bawakan adalah sebuah lagu cover berjudul Say It Ain't So dari Weezer. Alasan mereka mengcover lagu tersebut karena Weezer mengcover lagu Pumped Up Kick dan juga Weezer adalah salah satu band idola mereka. Mark Foster juga berkata ini adalah salah satu lagu favorit dia sepanjang masa. Bisa saya katakan mereka membawakan lagu ini dengan baik dengan gaya bermusik mereka tentunya. Track pertama dari album Torches yaitu Helena Beat adalah lagu selanjutnya yang mereka bawakan. Dalam lagu ini Mark Foster menunjukkan dirinya adalah seorang multi-instrumentalist karena ternyata dia tidak hanya pandai bermain keyboard tetapi juga Ia menunjukkan bahwa Ia adalah seorang gitaris yang handal. Selesai membawakan lagu ini,semua personil Foster The People keluar dari panggung namun penonton tidak henti-hentinya berteriak memanggil nama mereka untuk kembali ke panggung. Berselang beberapa lama, naiklah Mark Foster naik ke atas panggung sendiri dan Ia segera membawakan lagu yang juga tidak masuk ke dalam Torches yaitu Ruby. Mark menyanyikan lagu ini diiringi hanya oleh keyboard yang Ia mainkan sendiri dan memasuki pertengahan lagu masuklah Mark Pontius dan Cubbie Fink. Warrant dari album Torches adalah lagu yang mereka bawakan selanjutnya. Setelah membawakan lagu Warrant, Mark Foster mengatakan bahwa crowd Jakarta adalah crowd terbaik dan Ia berterima kasih untuk itu lalu terdengarlah intro lagu yang paling ditunggu-tunggu yaitu Pumped Up Kicks. Selama lagu ini dimainkan, hampir seluruh penonton ikut bernyanyi dan bisa terlihat lautan manusia di kelas festival turut bergoyang bersama. Sebuah hal yang spesial adalah Foster The People membawakan lagu ini dalam versi extended-remix yang sungguh luar biasa keren. Memasuki akhir lagu, Mark Foster sempat menghampiri para penonton di barisan depan dan berdiri di atas pagar pembatas. Pumped Up Kicks adalah lagu terakhir dalam konser malam itu sehingga selesai membawakan lagu tersebut tiap personil Foster The People pamit kepada penonton dan meninggalkan panggung.

Secara keseluruhan, dengan panggung yang sederhana namun lightning yang bisa dikatakan dahsyat bisa saya katakan konser Foster The People adalah sebuah konser yang luar biasa karena dari segi musikalitas, Foster The People adalah sebuah band yang benar-benar tahu bagaimana memainkan musik mereka sehingga sound yang mereka mainkan kemarin sangat detail persis seperti apa yang kita dengan dalam record mereka bahkan dengan adanya improvisasi yang dilakukan oleh mereka terdengar apa yang mereka tampilkan semalam terdengar lebih baik dari apa yang mereka berikan dalam record. Satu-satunya hal yang cukup disayangkan adalah waktu konser yang relatif singkat dimana hanya berlangsung sekitar 60 menit namun hal tersebut termaafkan dengan performa yang apik dari Foster The People. Sebuah konser awal tahun yang patut diacungi empat jempol.

Setlist

1. Houdini

2. Miss You

3. Life on the Nickel

4. I Would Do Anything

5. Broken Jaw

6. Waste

7. Call It What You Want

8. Don't Stop (Color on the Walls)

9. Say It Ain't So

10. Helena Beat

Encore

11. Ruby

12. Warrant

13. Pumped Up Kicks

(William Supardi / CreativeDisc Contributor)

Special Thanks to Sony Music Indonesia & Titaz!

admincd
More from Creative Disc