Creative Disc Exclusive Single - 01 Oct

Oleh: admincd - 01 Oct 2012

Rihanna (Single / Def Jam) - Diamonds

Apakah Rihanna sama sekali tidak pernah beristirahat? Bayangkan saja, album ketujuhnya sedang dalam tahap pengerjaan dan akan dirilis sebentar lagi. Single pertamanya berjudul Diamonds. Masih mengadopsi konsep elektro-pop, namun kali ini Ri memilih sesuatu yang lebih subtil dan lembut. Harus diakui kalau dia memiliki sense of hits yang kuat, karena tahu lagu apa yang (sepertinya) akan diterima oleh masyarakat. Diamonds ditulis oleh Sia (Titanium), penyanyi yang sekarang tampaknya lebih laris sebagai penulis lagu. Beat-beat yang padat masih dapat ditemui, terimakasih pada duo produser Benny Blanco dan StarGate, namun vokal Ri hadir dengan lebih rapuh. Perpaduan yang cukup berhasil membuat lagu ini terdengar menyentuh, meski sebenarnya memiliki pola yang repetitif. Single dirilis pada tanggal 27 September. (9/10)

Ke$ha (Alb. Warrior / RCA) - Die Young

Siapa yang menunggu-nunggu album sophomore Ke-dollar sign-ha? We know we do! Single pertama untuk Warrior, demikian judul albumnya, adalah Die Young. It's a classic Ke$ha. Masih dengan semangat punk yang sama, dan tentu saja masih merupakan nomor elektro-pop-dance yang kental. Namun menurut Ke$ha, ada semangat hippy juga di dalamnya. Sembari kita mencari-cari dimana letak hippynya, tidak ada salahnya juga berdansa-dansi penuh semengat mengikuti lagunya. Hey, Ke$ha always know how to make a good party anthem. Dr. Luke kembali hadir menjadi produser dengan Cirkut dan Benny Blanco menjadi rekanan dirinya. Single dirilis pada tanggal 25 September. (8/10)

Taylor Swift (Alb. Red / Big Machine) - Begin Again

Direncanakan sebagai single kedua Taylor Swift untuk album Red, lagu yang berjudul Begin Again ini menghadirkan Swift dalam persona terbaiknya, seorang yang terluka karena berakhirnya sebuah kisah cinta. Swift memang juara sekali dalam menulis lagu-lagu seperti ini dan tentu saja menyanyikannya. Tanpa harus tampil bergenit-genit, Swift menghadirkan kesenduan dan kesedihan yang diperlukan untuk lagu seperti ini. Begin Again adalah contoh sempurna kekuatan Taylor Swift dalam menulis lagu patah hati. Ditulis dengan sangat baik dan kemudian dituturkan dengan elegan dalam bentuk nyanyian. Single dirilis pada tanggal 25 September. (9/10)

Lana Del Rey (Alb. Born To Die: The Paradise Edition / Interscope) - Ride

Setelah hadir dengan Blue Velvet yang menjadi tema untuk iklan H&M edisi musim gugur, Lana Del Rey akhirnya menghadirkan single utama untuk album repackaged Born To Die, The Paradise Edition. Single tersebut berjudul Ride. Sebuah balada mid-tempo yang berjalan dengan sangat perlahan, mengalun dan berlarat, sampai hadir dengan menghentak di barisan chorusnya. Sebagaimana umumnya lagu-lagu Del Rey, ia hadir dengan cara bernyanyi yang monoton, almost deadpan. Akan tetapi dengan caranya yang tersendiri tersebut, Del Rey berhasil menyampaikan kesedihan yang disampaikan oleh lagunya dengan sangat subtil. Masih bermain-main dengan wilayah yang depresif, namun Ride tidak akan mengajak kita lompat ke dalam jurang. Single dirilis pada tanggal 25 September. (8/10)

Kylie Minogue (Alb. The Abbey Road Sessions / Parlophone) - Flower

Flower sebenarnya bukanlah lagu yang benar-benar baru dari Kylie Minogue. Namun pop balada yang terdapat dii dalam album X (2007) ini dipilih Kylie untuk diaransemen ulang di album terbarunya, The Abbey Road Sessions. Di album tersebut, lagu-lagu lawas Kylie dipoles ulang dengan sentuhan orkestral yang kuat. Memang, alunan string sections biasanya cukup kuat untuk memunculkan emosi yang kuat dari sebuah lagu, demikian juga untuk lagu yang ditulis Kylie bersama Steve Andersen ini. Kehadiran gitar akustik semakin memberi penekanan padda konsep balada sendu tadi. Sebuah perpaduan yang membuat Flower terdengar sangat menyentuh. Single dirilis pada tanggal 25 September. (8/10)

Ellie Goulding (Alb. Halcyon / Polydor) - I Know You Care

I Know You Care mungkin hanya menjadi single promosi untuk album kedua Ellie Goulding, Halcyon. Akan tetapi lagu ini pun dipilih untuk menjadi lagu tema untuk film terbaru Dakota Fanning, Now Is Good. Tentu saja ada alasan tepat mengapa lagu ini dipilih, karena lagu minimalis ini (hanya terdiri datas vokal Goulding, backing vocals dan denting piano), benar-benar menghadirkan sesuatu yang menggugah perasaan, sesuatu yang pas dengan tema film tersebut. Jika selama ini kita selalu mendengar Goulding hadir dalam balutan synth, maka ini kesempatan yang baik untuk mendengarkan semangat folknya dalam bentuk yang lebih penuh. Album Halcyon sendiri dirilis pada tanggal 5 Oktober. (8/10)

Kerli (Alb. Frankenweenie: Unleashed! / Walt Disney) - Immortal

Frankenweenie, film animasi terbaru karya Tim Burton, memiliki album soundrack dengan roster lagu dan penyanyi yang sangat memikat. Salah satunya adalah Immortal yang dinyanyikan oleh Kerli. Lagu slow-rock ini sebenarnya bukanlah lagu yang benar-benar baru, karena Kerli menulis lagu ini di tahun 2010 yang lalu. Pada awalnya memang Kerli berniat untuk menyanyikannya sendiri, namun dengan satu alasan, lagu ini gagal masuk ke dalam albumnya dan kemudian dinyanyikan oleh penyanyi asal Finlandia, Tarja, dengan judul I Feel Immortal dengan perubahan sedikit disana-sini. Kali ini Kerli berkesempatan untuk menyanyikannya kembali. Vokal Kerli yang khas memang cukup versatile, mampu menghadirkan kelembutan yang berganti dengan gaya garang ala rock. Album Frankenweenie: Unleashed! dirilis pada tanggal 25 September. (8/10)

Avenged Sevenfold (Single / Warner Bros) - Carry On (Call of Duty: Black Ops II Version)

Band pengusung rock asal Huntington Beach, California, Amerika, Avenged Sevenfold, sepertinya belum ada rencana untuk merilis album baru mereka, setelah Nightmare di tahun 2010. Mungkin mereka tengah sibuk di ruang studio untuk mengerjakan album. Siapa tahu? Namun yang pasti mereka baru saja melepas single Carry On yang merupakan lagu soundtrack untuk game yang berjudul Call of Duty: Black Ops II. Game yang bergenre laga ini memang tepat menghadirkan Carry On yang bertempo cepat dan penuh semangat ini sebagai soundtrack, karena terasa pas dengan atmosfir game tersebut. Single dirilis pada tanggal 24 September. (8/10)

Colton Dixon (Alb. The Messenger / Sparrow) - Never Gone

Jebolan American Idol musim ke 11, Colton Dixon akan merilis album yang berjudul The Messenger, dengan Never Gone menjadi single yang diperkenalkan untuk album tersebut. Ada kesan emo yang cukup kental saat mendengarkan single ini. Tentu saja ini tidak mengherankan karena Colton Dixon memang dikenal sebagai pengusung rock saat masih menjadi finalis di acara populer tersebut. Uniknya, Never Gone pada dasarnya sebuah lagu religi karena mengandung semangat, tentu saja, religi yang kental dalam tema dan liriknya. Tiidak heran jika Never Gone langsung menjuarai U.S. iTunes Christian & Gospel. Well, nice job Colton, for knowing what you are doing. Keep it up. Single dirilis pada tanggal 25 September. (8/10)

Flo Rida (Alb. Wild Ones / Atlantic) - I Cry

I Cry adalag single keempat Flo Rida untuk album keempatnya, Wild Ones. Diproduseri oleh duo asal Perancis, soFLY & Nius dan Futuristics, I Cry bukanlah lagu yang cengeng, jika menilik judul ataupun cover single-nya. Justru ia adalah elektro-hiphop yang padat dengan beat yang berdegup kencang. Sebenarnya single ini tidak terlalu istimewa dan terdengar mirip dengan berbagai single Flo Rida lainnya. Namun sentuhan disco 90-annya bolehlah memberi nilai lebih. Euro-house pun tak terlupa diserap oleh I Cry, yang tidak mengherankan, mengingat produsernya berasal dari dataran Eropa. I Cry pun ternyata cukup sukses dalam perederadannya di wilayah Eropa. Tidak mengherankan. Single dirilis pada tanggal 18 September. (7/10)

TVXQ (Alb. Catch Me / SM Entertainment) - Catch Me

Meski kini hanya menyisakan duo Yunho dan Changmin sebagai personel yang tersisa dari boyband Korea Selatan senior, TVXQ, namun tidak lantas mereka berhenti dalam berkarya. Terbukti album keenam mereka, Catch Me, bisa segera dinikmati. Single anadalan dari album tersebut adalah Catch Me, yang juga menjadi judul untuk album yang menaunginya. Ditulis oleh penulis langganan SM, Yoo Young-jin (Mr. Simple, Sorry Sorry), Catch Me adalah sebuah elektro-pop yang sangat catchy. Seperti biasa, Young-jin selalu mengandalkan hook di chorus untuk menarik perhatian pendengar. Arsiran dubstep diinfusi kedalam aransemen lagunya untuk memberi efek kekinian. Hasilnya, Catch Me adalah single yang riuh dan seru untuk disimak. Single dirilis pada tanggal 24 September. (8/10)

Special Thanks To Julee, Haris, dll…

Vote for your favourite Exclusive Single here:

admincd
More from Creative Disc