February Artist of The Month: 2013 Grammy Nominees

Image and video hosting by TinyPic

Enggak butuh banyak perkenalan ke Grammy. Karena setiap orang yang ngeh sama musik barat pasti juga akrab sama nama yang satu ini. Grammy Award, atau yang aslinya disebut sebagai Gramaphone Award adalah proyek National Academy of Recording Arts and Sciences di Amerika Serikat yang memberikan pujian atas pencapaian di industri musik. Penghargaan ini begitu bergengsinya sehingga posisi Grammy untuk musik setara dengan Emmy untuk pertelevisian, Tony untuk pementasan, dan Oscar untuk perfilman.

Perhelatan Grammy pertama kali diselenggarakan pada 4 Mei 1959 sebagai penghargaan untuk pencapaian para musisi di tahun sebelumnya. National Academy of Recording Arts and Sciences sebagai panitia acara hadir sebagai hasil dari proyek Hollywood Walk Of Fame yang merasa perlu untuk menghargai para pekerja seni di bidang musik sesuatu yang berkesan. Dibuatlah penghargaan berbentuk gramaphone dilapis emas hasil ciptaan Emile Berliner di tahun 1958.

Bagaimana Grammy mengenali hingga menganugerahi para musisi di Amerika Serikat? Mereka membagi penghargaan kepada penampil dan produksi, kemudian membaginya ke dalam kategori-kategori yang berdasar pada genre, dengan empat kategori umum yang adalah penghargaan puncak tanpa dibatasi genre. Ada juga beberapa penghargaan khusus yang diberikan kepada musisi atas pencapaian mereka di bidang tertentu. Ada 22 kategori di Grammy pertama kali di tahun 1959. Seiring dengan perkembangan zaman, kategori ini pun ikut berkembang. Di tahun 2011, Grammy membagikan piala untuk 109 kategori. Karena kompleksnya penghargaan, maka untuk tahun 2012 Grammy memutuskan untuk memangkas habis 109 kategori menjadi 78. Perubahan utamanya adalah meleburkan kategori male dan female di setiap genre menjadi kategori solo, dan juga melebur dengan kategori kolaborasi dengan duo/group.

Hingga tahun 2009, sebanyak 7.578 buah trofi Grammy telah dibagikan kepada para pemenang. Georg Solti tercatat sebagai penerima penghargaan terbanyak dengan total 31. Mereka-mereka yang juga mencetak rekor sebagai penerima penghargaan terbanyak antara lain Quincy jones, Alison Krauss, U2, Stevie Wonder, Vince Gill, Aretha Franklin, juga Kanye West. Sementara nama yang paling banyak dinominasikan adalah Qincy Jones dengan 79 nominasi.

Sementara tradisi mengumpulkan lagu-lagu terpilih sebagai suvenir dari Grammy berbentuk album “Grammy Nominees” dimulai di tahun 1995. Mulai dari pop, rock, R&B, country, dan lainnya bergantian mendapat spotlight untuk ditampilkan dalam album ini. Album “2013 Grammy Nominees” berisi 22 buah track yang mengangkat kategori Record of the Year, Song of the Year, Album of the Year, Best New Artist, dan kategori Pop Album dan Rock Album sebagai sajian spotlight. Maka hadirlah nama-nama superstar seperti Kelly Clarkson, Taylor Swift, Katy Perry, Maroon 5, Coldplay, dan juga Adele dengan monster hit masing-masing, yang terpadu dengan pendatang baru seperti Carly Rae Jepsen, Fun, Ed Sheeran, juga Hunter Hayes.

Who loves music must love the Grammy. Who loves the Grammy must love this album. Menyenangkan dapat mendengarkan sebuah album yang di dalamnya terkumpul lagu-lagu yang sedang dalam tahap penjurian untuk hingga nanti ditemukan siapa yang terbaik di masing-masing kategori. Dan dengan baik hatinya, Warner Music Indonesia mengajak CreativeDisc dan seluruh pembacanya untuk ikut serta dalam hal yang menyenangkan ini. So what do say to Grammy? Heaven to the YES!

Official Website
Official Facebook
Official Twitter @thegrammys

Official Website Warner Music Indonesia
Official Twitter @WarnerMusicID

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Leave a Reply