Quantcast

Classic: Backstreet Boys – Millennium

By - 3 years ago in Time Tunnel

Backstreet Boys mungkin kalah saing dengan One Direction ataupun 5 Seconds of Summer untuk saat ini, tapi mereka pernah punya sukses besar yang tak terbendung di penghujung milenium kedua dengan album studio ketiga yang berjudul “Millennium“. Nick, Brian, A.J., Howie, dan Kevin menembus level sukses mereka yang sebelumnya dan mendominasi dunia dengan album ini. Max Martin yang sudah membidangi musik BSB sejak awal pun ikut merasakan indahnya dunia dilihat dari puncak di masa tersebut.

Berawal dari ‘I Want It That Way’ yang rilis di pertengahan April 1999, single pop semi balada karya Max bersama Kristian Lundin dan Andreas Carlsson ini diinterpretasi dengan video klip yang iconic. Tayangan histeria penggemar bukanlah kisah fiksi, karena yang terjadi secara nyata dalam kehidupan lima pria ini adalah yang demikian. Dance move yang tergolong sederhana dengan penggabungan special effect di dalamnya merupakan hiburan mutlak bagi setiap mata yang menyaksikan. Pun seketika membuka cakrawala baru bagi BSB kepada arahan popularitas yang semakin meraja untuk album “Millennium” yang dirilis sebulan kemudian. Bam! Penjualannya yang luar biasa menyentuh angka di atas 1 juta kopi untuk minggu pertama perilisan di US, berlanjut pada shipping 11 juta kopi di tahun 1999. Angka yang lebih fantastis adalah terjual lebih dari 30 juta kopi di seluruh dunia.

Pantas saja BSB berterima kasih kepada para penggemar atas loyalitas mereka dalam ‘Larger Than Life’. Lagu berirama kencang bertemakan futuristik ini menjembatani masyarakat musik pop pada pergantian milenium dengan tayangan video musik yang spektakuler dan menggemparkan. Ucap syukur kepada fans tak berhenti sampai disitu, karena BSB berserenada dalam ‘The Perfect Fan’. Lagu sendu dan personal ini tetap terasa istimewa hingga saat ini. Liriknya yang dalam menyelami jiwa para penggemar; emosional sekaligus realistis. Pendekatan serupa digunakan dalam ‘Show Me The Meaning Of Being Lonely’, sebuah tribute kepada Denniz PoP, penulis lagu dan produser yang ikut mendorong karir BSB di awal perjalanan mereka.

Berbagai kualitas terdapat dalam “Millennium”. Tak cuma balada yang meluluhlantakkan hati dan perasaan; ‘I Need You Tonight’, ‘Don’t Wanna Lose You Now’, atau ‘Spanish Eyes’, tapi juga yang berderap kencang sebagai penyemangat jiwa; ‘The One’ dan ‘It’s Gotta Be You’. Mereka menjadi alasan kompleksitas album sekaligus kekuatan yang ia miliki untuk membantai pesaing kuat di masanya: ‘NSync. Maklum, boyband yang sedari awal memberikan persiangan ketat kepada BSB ini mengeluarkan album fenomenal mereka dengan jarak kurang dari setahun. Karakter musik yang tak jauh beda memaksa keduanya hidup dalam persaingan abadi.

MTV dalam artikel terbarunya menyebut “Millennium” sebagai “greatest boy band album of all time”. Berbagai alasan mendasari keputusan tersebut, yang salah satunya menyebutkan Kevin mendapat moment solo-nya dalam single BSB untuk pertama kalinya. Ini cukup menggelitik, tapi benar adanya. Kevin miskin solo dalam rilisan single BSB, sehingga kemunculan perdananya lewat ‘I Want It That Way’ terasa istimewa, dilanjut dengan ‘Show Me The Meaning’. Kenyataan lain yang mereka catat adalah dengan “Millennium”, BSB diunggulkan dalam 5 kategori di Grammy Awards tahun 2000; Record dan Song of the Year berikut Best Pop Performance by a Duo or Group with Vocal untuk ‘I Want It That Way’, juga Album of the Year dan Best Pop Vocal Album untuk “Millennium”, plus 1 di tahun 2001; Best Pop Performance by a Duo or Group with Vocal untuk ‘Show Me The Meaning’. Secara lugas mengatakan bahwa album ini menyeimbangkan kekuatan komersil dengan kritikal. 15 tahun usia “Millennium” tak membuatnya usang, malah justru meremajakan telinga para pendengarnya saat ini.

TRACKLIST
1. “Larger than Life” 3:52
2. “I Want It That Way” 3:33
3. “Show Me the Meaning of Being Lonely” 3:54
4. “It’s Gotta Be You” 2:57
5. “I Need You Tonight” 4:23
6. “Don’t Want You Back” 3:25
7. “Don’t Wanna Lose You Now” 3:54
8. “The One” 3:46
9. “Back to Your Heart” 4:21
10. “Spanish Eyes” 3:53
11. “No One Else Comes Close” 3:42
12. “The Perfect Fan” 4:13

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

Love Film. Love Books. And Everything in Between.

Comments

One Response to “Classic: Backstreet Boys – Millennium”

  1. sukma says:

    love them since I was kindergarten!

Leave a Reply

Related Articles

Music News | May 26, 2017 By

Meski Dapat Ancaman ISIS, Celine Dion, J.Lo, Mariah Carey & Backstreet Boys Tidak Akan Batalkan Residensi Las Vegas Mereka

Top 10 Lists | April 19, 2017 By

10 Artis Yang Belum Mempunyai Album Kompilasi Terbaik

Music News | March 21, 2017 By

Lance Bass Dari NSYNC Bergabung Bersama Backstreet Boys Di Pentas Las Vegas