Quantcast

Album of the Day: Various Artists – Begin Again (Music From and Inspired By the Original Motion Picture) [Deluxe Version]

By - 3 years ago in Album of The Day

Released by: Universal Music Indonesia

Masih ingat Once (2007), sebuah film indie “kecil” yang salah satu lagu soundtracknya, Falling Slowly, sukses memenangkan Oscar? Nah, John Carney, sutradara film tersebut, kini kembali lagi dengan film yang mengambil musisi sebagai karakternya. Begin Again judulnya. Dibintangi oleh Keira Knightley, Adam Levine dan Cee-Lo Green, mereka juga bertugas sebagai pengisi soundtracknya.

Kesempatan tampil solo bagi vokalis sebuah band biasanya dipergunakan untuk membawakan lagu-lagu yang memiliki gaya yang berbeda dari biasanya. Begitu juga dengan Adam Levine yang membuka album dengan lagu yang berjudul Lost Stars. Sebuah balada mid-tempo dengan sedikit sentuhan rock. Tidak heran, karena ada nama Gregg Alexander di belakangnya.

Bekas pentolan New Radicals ini memang bertugas sebagai penata musik dalam filmnya. Tidak heran jika lagu-lagu dalam soundtrack Begin Again ini memang terdengar sangat “Gregg Alexander” sekali. Lagu-lagu pop dengan sedikit sentuhan rock yang agak memekik pada beberapa bagian.

Tapi sebagaimana halnya dengan Once, maka Begin Again juga lebih banyak mengandalkan lagu-lagu bercorak akustik. Lost Stars yang dinyanyikan oleh Levine tadi hadir dalam dua versi lainnya, yaitu versi yang lebih nge-pop dengan instrumen yang lebih meriah (diberi embel-embel Into The Night Mix) dan versi yang dinyanyikan oleh Knightley.

Adam Levine dan Cee-Lo Green tentu sudah tidak usah diragukan lagi dalam kemampuan mereka dalam bernyanyi. Tapi bagaimana dengan Keira Knightley? Ternyata, meski vokalnya tidak istimewa, ia sanggup menjalakan tugasnya dengan baik. Ia tidak hanya mampu memberikan emosi kepada lagu-lagunya tapi mampu meniupkan jiwa ke dalamnya.

Sebagai contoh Lost Stars versi dirinya. Terasa lebih lirih, lembut dan penuh perasaan diandingkan oleh Levine. Ada sesuatu yang mentah tapi segar dari cara ia menyanyikan lagunya. Highlight lain tentu saja adalah lagu Tell Me If You Wanna Go Home yang lebih up-tempo. Olehnya lagunya justru terasa mengawang tapi tetap memikat.

Jangan lewatkan juga track balada akustik minimalis berjudul Like A Fool yang nantinya di film akan dinyanyikan Knightley secara improvisional. Sebagai seorang aktris, latar belakangnya tersebut sangat berguna memberi aksen dramatis dalam lagunya. Ia tahu kapan harus memberikan emosi yang dibutuhkan oleh lagunya.

Sementara itu senang mendengarkan Levine menyanyikan lagu-lagu yang lebih organis dan mengingatkan akan Maroon 5 di awal-awal karirnya. Simak saja track No One Else Like You atau A Higher Place yang memiliki kandungan beat yang lebih ritmis dibanding lagu-lagu lain di album ini. Ia terdengar sangat alami menyanyikan lagu seperti ini, meski terkadang pengaruh Gregg Alexander masih kuat mewarnai lagunya, termasuk dari cara bernyanyi Levine.

Sedang Cee-Lo Green cenderung hadir sebagai comic relief dalam album ini. Ada dua lagu yang dinyanyikannya, dan meski masih ditulis oleh Gregg Alexander, tapi dengan judul seperti Horny dan Women of the World (Go On Strike!), sedikit susah untuk memandang serius lagu-lagu tersebut. Terdengar agak out-of-place, dibandingkan materi pop-rock yang dinyanyikan oleh Knightley dan Levine.

Satu lagi penampil dalam album ini adalah Cessyl Orchestra yang tak lain adalah Gregg Alexander. Dan senangnya, meski menghadirkan lagu-lagu yang terdengar berbeda gaya dari yang dinyanyikan oleh Knightley dan Levine, tapi setidaknya tone dan mood lagu-lagu seperti Did It Ever Cross Your Mind, The Roof Is Broke atau Intimidated By You bisa lebih pas, meski kadang terdengar seperti Billy Corgan dalam mode pop-rock.

Lagu-lagu dalam Begin Again mungkin tidak akan memenangkan Oscar. Dan tidak semua bekerja dengan baik. Tapi tinggalkan Cee-Lo dan Cessyl Orchestra, dan fokuskan pada Knightley dan Levine, maka ini akan menjadi sebuah album pop-rock dengan sedikit sentuhan folk yang solid. Lagu-lagu manis yang mampu memberi penekanan pada aspek emosional yang kental.

Buy album on iTunes

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Lost Stars” Adam Levine 4:27
2. “Tell Me If You Wanna Go Home” Keira Knightley 3:39
3. “No One Else Like You” Adam Levine 3:28
4. “Horny” Cee-Lo 3:38
5. “Lost Stars” Keira Knightley 4:00
6. “A Higher Place” Adam Levine 3:12
7. “Like a Fool” Keira Knightley 2:27
8. “Did It Ever Cross Your Mind (Demo Version)” Cessyl Orchestra 3:38
9. “Women of the World (Go On Strike!)” Cee-Lo 3:15
10. “Coming Up Roses” Keira Knightley 3:13
11. “Into the Trance” Cessyl Orchestra 4:05
12. “A Step You Can’t Take Back” Keira Knightley 3:25
13. “Lost Stars (Into The Night Mix)” Adam Levine 3:38
14. “The Roof Is Broke (Demo Mix)” Cessyl Orchestra 3:00
15. “Tell Me If You Wanna Go Home (feat. Hailee Steinfeld) [Rooftop Mix]” Keira Knightley 3:27
16. “Intimidated By You” Cessyl Orchestra 2:28

Love Film. Love Books. And Everything in Between.

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Music News | November 24, 2017 By

Kolaborasi Epik Machine Gun Kelly, Bebe Rexha & X Ambassadors, ‘Home’, Hadirkan Videonya

Music News | By

Australia Legalisasi Pernikahan Sejenis, Lorde Rayakan Dengan Menanyikan Lagu Whitney Houston

Music News | By

Tonton Video Musik Baru Dari Liam Gallagher, ‘Come Back To Me’