Quantcast

Fenomena #TwerkItLikeMiley Di Dubsmash, Trend Terbaru Dalam Ekpresi Diri

By - 2 years ago in Behind The Music

Setelah YouTube dan Vine, kini tibalah bagi Dubsmash. Bagi yang mungkin belum tahu, Dubsmash adalah sebuah layanan video berbentuk app untuk ponsel yang diluncurkan di bulan November 2014 yang lalu. Prinsip kerjanya sederhana saja, ia mengizinkan penggunanya untuk bernyanyi secara lip-sync berdasarkan suara atau lagu terkenal yang ada di koleksi app ini.Penggunanya dapat merekam video saat mereka melakukan dub dan kemudian nge-share video tersebut melalui akun sosial media mereka.

Semenjak diluncurkan, app asal Jerman ini telah mengumpulkan sebanyak lebih dari 20 juta pengguna dari 192 negara. Di Instagram sendiri, jumlah klip yang memakai tagar #dubsmash telah mencapai sebanyak 1.6 juta klip. Luar biasa sekali memang Dubsmash ini.

Lantas, apa sebenarnya manfaat dari Dubsmash? Ada yang menyebutkan jika app ini sebenarnya bentuk lain selfie, yang tujuannya tentu adalah promosi diri sendiri alias narsisme. Tapi Dubsmash rasa-rasanya tidak bisa begitu saja sederhana diasumsikan sebagai ajang narsisme saja. Dubsmash juga bisa menjadi sarana bagi penggunanya untuk mengekspresikan perasaan mereka atau hanya ingin bersenang-senang saja.

Terlepas dari apa motivasinya, tidak bisa dipungkiri jika Dubsmash kini semakin mendapat tempat dan menciptakan trend tersendiri sebagai bagian dari ekspresi anak muda. Istilah anak muda tentu saja masih bisa diperdebatkan, karena tentunya Dubsmash digunakan oleh berbagai kalangan usia.

Yang pasti kini banyak yang berlomba-lomba, seolah tak mau kalah, untuk memamerkan kekuatan mereka bernyanyi lip-sync ala Dubsmash, termasuk dari kalangan selebriti seperti Adam Levine di bawah ini yang menirukan dialog Samuel L. Jackson di film “Pulp Fiction” dan menulis caption “Welcome to the best app of all time.”

Adam Levine Dubsmash

Dari berbagai video Dubsmash, mungkin video #TwerkItLikeMiley adalah yang paling populer. Dubsmash ini merupakan orang-orang yang melakukan lip-sync dari lagu ‘Twerk It Like Miley’ milik Brandon Beal bersama Christopher yang dirilis pada bulan Mei 2014 yang lalu.

Entah mengapa, lagu ini kemudian menjadi populer menjadi pilihan untuk dinyanyikan di Dubsmash. Seperti gelombang bola salju, yang semakin lama semakin besar, maka semakin banyak pula yang melakukan lip-sync lagu ini dan menciptakan trend video #TwerkItLikeMiley.

Menariknya, #TwerkItLikeMiley menjadi perhatian tersendiri karena sebagian besar video dubsmash-nya menampilkan cowok-cowok ganteng yang bertelanjang dada saat melakukan lip-sych lagu ‘Twerk It Like Miley’ tadi.

Atau perlu video dengan durasi yang lebih panjang?

https://www.youtube.com/watch?v=JTOCP5ywnms

Agak sedikit sia-sia dan narsisistik memang. Tapi siapa yang peduli jika kita bisa menyaksikan video cowok ganteng dengan tubuh mereka yang sedap dipandang?

Sampai kapankah fenomena ini akan bertahan? Kita tunggu saja. Jadi, sudahkah kamu membuat video #TwerkItLikeMiley versi kamu?

Haris
CreativeDisc Contributor
@oldeuboi

Love Film. Love Books. And Everything in Between.

Comments

3 Responses to “Fenomena #TwerkItLikeMiley Di Dubsmash, Trend Terbaru Dalam Ekpresi Diri”

  1. Mus Deoranje says:

    Baru tau saya, sekarang di instagram sangat populer 😀

  2. i like teejay because you are my idola

  3. saya suka tengok youtube sebab best

Leave a Reply

Related Articles

Music News | August 18, 2017 By

Miley Cyrus Merasa Lebih Muda Dalam Video Untuk Single Barunya, ‘Younger Now’

Music News | By

Ed Sheeran Beri Kejutan Di Konser Shawn Mendes

Music News | By

Bastille Mengcover ‘Basket Case’ Green Day Untuk Serial Televisi, “The Tick”