Quantcast
Classic: Daniel Bedingfield – Gotta Get Thru This – Creative Disc

Classic: Daniel Bedingfield – Gotta Get Thru This

Standar senesasional untuk sebuah lagu dari jaman ke jaman berubah, seiring dengan perkembangan teknologi informasi. Dulu, heavy rotation di radio dan wara-wiri di televisi sudah cukup untuk mengecap sebuah lagu menjadi suatu sensasi. Tapi kini? YouTube, Twitter, Facebook, bahkan Path, Instagram, dan Vine pun menambahi jalur yang justru memperberat karya musik layak bersifat sensasional.

Di sekitaran tahun 2002-2003, ada sebuah single yang sensasional dari artis Selandia Baru. Level sensasionalnya tinggi, karena nyaris tak ada yang tak bisa menyanyikan lagu tersebut. Adalah ‘If You’re Not The One’ yang selanjutnya dipandang sebagai salah satu lagu paling romantis sepanjang masa. Padahal kalau mau dikupas, ini justru lagu patah hati. Luapan perasaan pasca perpisahan. Boleh jadi ini merupakan cikal bakal single-single sensasional di generasi berikutnya, seperti ‘Someone Like You’ dan ‘Stay With Me’ yang juga berdasar pada pahitnya perasaan.

Single ‘If You’re Not The One’ ini berasal dari album “Gotta Get Thru This“, yang dirilis oleh Daniel Bedingfield pertama kali pada tanggal 27 Agustus 2002. Berdasarkan pada musik pop dan elektronika, ia membuka jalur baru bagi vokalis pop pria yang sanggup membawakan lagu ajeb-ajeb dan juga balada yang mengoyak hati. Kekuatan vokalnya terletak pada ciri bariton yang begitu kental, sementara kekuatan musiknya terletak pada jomplangnya suasana riuh dan senyap di album ini.

Boleh dibilang kalau “Gotta Get Thru This” merupakah wahana rollercoaster yang membuat perasan kita naik turun tatkala mendengarkannya. Dua single pertama dari album ini, title track ‘Gotta Get Thru This’ dan ‘James Dean (I Wanna Know)’ merupakan dua lagu yang berat corak dance-nya. Mereka menyiksa kita dalam hentakannya, memacu kita dalam temponya. Dua aksi ini mendapat respon yang sangat baik, karena mampu menempus ke puncak chart musik. ‘Gotta Get Thru This’ sendiri sampai masuk unggulan Grammy lho, untuk kategori Best Dance Recording. Jadi, kuantitas dan kualitas Daniel berbanding lurus.

Pesona balada baru diperkenalkan selanjutnya, saat ‘If You’re Not The One’ dirilis. Biarpun tak semua orang bisa berempati dengan lirik yang dinyanyikan, tapi paling tidak ada jaminan kalau semua orang bisa ikut menyanyikan lirik tersebut sembari mendengarkannya. So infectious! Pssttt,,, Ketimpangan pesona musik antara yang riuh dengan yang sendu seperti ini kini juga menyukseskan karir Ed Sheeran.

Ada satu info yang saya pernah dengar tentang album ini dari radio lokal di kala itu. Dikatakan bahwa Daniel menggarap albumnya ini sendiri, di kamar tidurnya, dengan hanya mengenakan celana dalam saja. Ah, tanpa maksud membuat berita tersebut menjadi sebuah cerita biru, hanya hendak memberitahukan bahwa album ini tingkat personalitasnya demikian tinggi. Ya, ia mengarang semua lagu di album ini sendiri. Sementara di bagian produksi, ia mendapat asistensi dari Ali Staton, Al Stone, D&D, Mark Taylor, Stephen Emmanuel, dan Martin Newman.

Dari enam single yang dirilis, “Gotta Get Thru This” lebih banyak diperkenalkan dengan lagu-lagu bertempo cepat dengan kemeriahan tersendiri. ‘I Can’t Read You’ dan ‘Friday’ pun didominasi oleh sound yang banyak memaksa kita untuk bergerak. Sementara di kelas balada, selain ‘If You’re Not The One’, muncul ‘Never Gonna Leave Your Side’ yang hadir dari rilisan ulang album. Padahal kalau mau diteliti, album ini masih mengandung banyak pesona ballad, seperti ‘Honest Question’, ‘Without The Girl’ yang beramona R&B, dan ‘He Don’t Love You Like I Love You’ yang berasa akustik.

Rame rasanya! Album ini jelas salah satu yang terbaik yang 2002 punya. Maka dari itu, ga salah kalau ia diunggulkan untuk Best British Album di ajang BRIT Awards, berikut unggulan di kategori Best Pop Act untuk Daniel, dan syukurnya berhasil membawa pulang trofi untuk kategori Best British Male. Jelas Daniel Bedingfield merupakan salah seorang front runner di masa tersebut. Dan “Gotta Get Thru This” pantas disebut sebuah karya klasik.

iTunes

Official Website

TRACKLIST
1. “Blown It Again” 3:20
2. “James Dean (I Wanna Know)” 3:40
3. “Gotta Get Thru This” 2:45
4. “Right Girl” 3:55
5. “If You’re Not the One” 4:19
6. “He Don’t Love You Like I Love You” 3:57
7. “I Can’t Read You” 4:06
8. “Friday” 3:30
9. “Honest Questions” 3:34
10. “Girlfriend” 3:12
11. “Without the Girl” 3:48
12. “Inflate My Ego” 5:05
13. “Gotta Get Thru This” (acoustic version) 3:40
14. “Never Gonna Leave Your Side” 3:56
15. “James Dean (I Wanna Know)” (acoustic version) 3:00
16. “If You’re Not the One” (acoustic version) 4:17

Ai Hasibuan
CreativeDisc Contributor
@hasibuanai11

About The Author

One Response

  1. Rooney Reply

Reply