Quantcast

10 Singer/Songwriter Pria Yang Genius/Generous

By - 2 years ago in Behind The Music

Singer/wongwriter merupakan predikat keartisan bergengsi bernilai artistik tinggi dengan daya tarik yang mengimbanginya juga. Kebanyakan, nama singer/songwriter ini hanya berjasa pada karir pribadinya saja, dimana lagu-lagu yang digubah, dinyanyikan sendiri jikalau ia berkarir solo, atau dibawakan oleh band-nya jika ia berkarir dalam sebuah grup. Seperti John Lennon yang menulis lagu untuk dibawakan oleh The Beatles, begitu pula yang terjadi di band Genesis dan Rolling Stones. Kalau untuk yang solo, nama Michael Jackson ataupun Elton John merupakan contoh yang pas di kategori ini.

Seri Top 10 CreativeDisc edisi ini akan merangking para singer/songwriter cowok yang tak hanya menampilkan sendiri lagu-lagu yang diciptakannya, tapi juga dengan baik hati menyerahkan lagu-lagu kreasi sendiri untuk dibawakan oleh artis-artis lain. Inilah 10 Singer/Songwriter Pria yang Genius/Generous!

10. Tom Fletcher

Tom Fletcher

Tak cuma sebagai founding father dari band-nya, McFly, nama Tom Fletcher pun punya prestasi tersendiri sebagai salah seorang penulis lagu yang disegani di UK. Hal ini dapat dibuktikan dari 10 lagu no.1 di UK, berikut 21 lagu Top 10 di chart yang sama dengan namanya sebagai salah seorang penulis lagu. Salut memang! Satu lagi yang patut dipuji dari si Tom ini adalah musik poprock yang ia pegang pun ia tularkan pada penampil lain yang membawakan lagunya. Seperti boyband One Direction, yang sudah diberikan dua buah lagu untuk album pertama dan kedua mereka, ‘I Want’ untuk “Up All Night” dan ‘I Would’ untuk “Take Me Home”. Kontribusi Tom lainnya sudah pernah dirasakan oleh band Busted, The Vamps, dan juga 5 Seconds of Summer.


9. Billy Corgan

Billy Corgan

Nama Billy Corgan lebih dari sekedar mastermind band Smashing Pumpkins. Ia yang sudah malang melintang di dunia seni sejak pertengahan 80-an, juga dinilai sebagai pujangga. Kerjanya di bidang seni bukan cuma untuk band-nya saja, karena Billy juga sering dipercaya untuk mengerjakan musik untuk film alias soundtrack. Sejak tahun 1996, setidaknya ada 9 judul yang melibatkan musisi berkepala plontos ini sebagai penggubah, komposer, performer, ataupun produsernya. Mulai dari “Ransom” di tahun 1996, film yang menggunakan jasa musik dari Billy juga termasuk “First Love, Last Rites”, “Stigmata” (lagu ‘Identify’ dinyanyikan oleh Natalie Imbruglia), “Any Given Sunday” (lagu ‘Be A Man’ oleh Hole), dan masih banyak lagi.


8. Bruno Mars

Bruno Mars

Sebagai bagian dari production grup The Smeezingtons, pastilah Bruno Mars punya banyak kontribusi untuk para artis internasional. Aktif sejak 2009, karya paling pertama mereka adalah ‘Get Sexy’, dimana Sugababes sudah dalam formasi yang tak ada lagi anggota original di dalamnya. Karya fenomenal lainnya, tanpa embel-embel Bruno sebagai penampil, adalah ‘F*ck You’ dari CeeLo Green dan juga ‘Right Round’ dari Flo Rida. Crazy, isn’t it? Makanya, ga salah klo Grammy mengunggulkan The Smeezingtons di tahun 2011 dan 2012 pada kategori Producer of the Year, Non-Classical. Bruno dan timnya ini sepertinya tidak punya batasan dalam menyediakan karya untuk artis-artis lain. Buktinya, selain nama-nama di atas, mereka melintas genre dengan berkontribusi untuk Matiyashu, Justin Bieber, Shontelle, Snoop Dogg, Adam Lambert, dan masih banyak lagi.


7. Ne-Yo

Ne-Yo

Tak kalah keren dari Bruno Mars, Ne-Yo pun punya tim produksi yang punya segudang prestasi juga di dunia musik populer. Namanya adalah Stargate, mereka merupakan nama di balik sukses ‘Irreplaceable’-nya Beyonce dan juga ‘Unfaithful’-ya Rihanna. Oh yeah, kekuatan musik mereka terletak pada sound R&B yang smooth, sehingga banyak musisi yang bekerjasama dengan mereka memiliki elemen musik tersebut. Sebut saja Chris Brown, Jordin Sparks, dan Jay Sean. Tapi, mereka juga enggak jauh-jauh dari pop, karena dalam musik yang dikreasikan, tersimpan potensi catchy yang bernilai tinggi. Prestasi kerja mereka juga melibatkan hit dari S Club 7, Billie Piper, Atomic Kitten, dan juga Blue. Sangat mengesankan bukan? Tangan dingin Ne-Yo juga pernah membuatnya berdampingan dengan Diva pop dunia, Celine Dion dan Mariah Carey, dengan hasil karya yang terbaru tim ini, dibawakan oleh Coldplay untuk ‘Adventure of a Lifetime’ dan ‘Everglow’.


6. Ryan Tedder

Ryan Tedder

Breakout moment bagi Ryan Tedder sebagai seorang penulis lagu adalah saat Leona Lewis berhasil membuat ‘Bleeding Love’ menggema sebagai hit global di tahun 2007-2008. Dengan keberhasilan tersebut, nama Ryan pun semakin berkibar sebagai incaran para artis, mostly pop, untuk diserahkan lagu yang diniatkan mampu untuk mendongkrak nama mereka. Ryan yang sendirinya sibuk dengan band-nya sendiri, One Republic, ternyata masih sanggup memenuhi permintaan para artis. Lagu-lagunya pun mengalir indah dengan vokal yang beragam, mulai dari Kelly Clarkson, Maroon 5, Colbie Caillat, Adele, dan juga Gavin DeGraw. Selain itu, ia juga menulis untuk Frankie J, Hilary Duff, Blake Lewis, Jennifer Lopez, Natasha Bedingfiels, Clay Aiken, Backstreet Boys, Westlife, Rascal Flatts, dan masih banyak lagi. Meskipun sempat kena sandung perihal melodi yang sangat mirip antara dua lagu yang ia ciptakan, ‘Halo’ dan ‘Already Gone’, masing-masing untuk Beyonce dan Kelly Clarkson, itu tak menurunkan pamor Ryan sebagai penulis lagu populer masa kini.


5. Espen Lind

Espen Lind

Sesaat, nama Espen Lind memang masih kurang ramah di telinga kita. Tapi percayalah, karena ia punya banyak lagu ngehits yang membuatnya sebagai salah satu singer/songwriter yang disegani di Eropa, khususnya Norwegia. ‘Hey Soul Sister’ dari Train, ‘With You’ dari Chris Brown, ‘The Last Goodbye’ dari Atomic Kitten, dan juga ‘Irreplaceable’ dari Beyonce merupakan sedikit contoh kesuksesan Espen sebagai penulis lagu. Sebenarnya, ia sama seperti Bruno Mars dan Ne-Yo yang dalam melakoni pekerjaan sebagai penulis lagu dan produser, bekerja dalam sebuah tim. Tim yang ia miliki bernama Espionage. Genre yang dimainkan pun lumayan beragam, dengan karya lain yang dibawakan oleh Jessica Simpson, Sarah Brightman, David Cook, Trey Songz, Jennifer Hudson, dan masih banyak lagi. Jadi, pantas saja kalau di negaranya, Espen menjabat sebagai salah satu mentor di acara The Voice.


4. Richard Marx

Richard Marx

Ada cerita lucu sebenarnya di balik kesuksesan Richard Marx sebagai seorang artis penyanyi. Dulunya, ia berteman baik dengan sesama penulis lagu dan produser, David Foster, dimana saat ia hendak menyampaikan niatan untuk menjadi artis, David menyatakan ia tidak akan pernah berhasil. Alangkah salahnya David, karena ketika Richard meluncurkan karirnya di tahun 1987, ia menuai sukses. Hingga kini, ia mencetak puluhan hit, dan tak sedikit yang bergelar everlasting. Kembali ke perannya sebagai penulis lagu untuk artis lain, lagu-lagu Richard pernah dibawakan oleh Lara Fabian, Monica, Barbra Streisand, 98 Degrees, Natalie Cole, Josh Groban, dan masih banyak lagi. Saat Luther Vandross ingin membuat dedikasi kepada sang ayah, ia ikut serta menulis lagu legendaris ‘Dance with My Father’ di tahun 2003. Bicara soal karya terbesarnya untuk artis lain, pastilah ‘This I Promise You’ milik ‘NSync yang akan terpilih untuk mendapat gelar tersebut.


3. Gary Barlow

Gary Barlow

Seringnya kita memang heran bagaimana bisa seseorang begitu produktifnya dalam membuat lagu, sehingga tak hanya untuk pribadi, tapi untuk grupnya dan artis lain pun masih sanggup ia laksanakan. Seperti Gary Barlow ini, ia tak berhenti memproduksi lagu untuk dirinya sendiri, grupnya, Take That, dan juga artis-artis lain, yaitu Agnetha Faltskog, Katherine Jenkins, Lily Allen, Westlife, dan masih banyak lagi. Ia bahkan menciptakan signature song untuk songstress asal Australia, Delta Goodrem, ‘Not Me, Not I’ yang terdapat di album perdana Delta, “Innocent Eyes”. Karya terbarunya di bidang ini adalah musikal “Finding Neverland” yang album versi pop-nya sudah dirilis, dengan memanfaatkan vokal Christina Aguilera, Ellie Goulding, Nick Jonas, Bon Jovi, John Legend, dan masih banyak lagi.


2. R. Kelly

R. Kelly

Berkarir sedari dulu, tentulah R. Kelly punya lebih dari banyak lagu yang ia ciptakan untuk artis-artis. Mulai dari Aaliyah, Janet Jackson, Billy Ocean, hingga Changing Faces, R. Kelly sepertinya menjaga agar karya-karyanya ditetapkan dalam araham musik R&B. Salah satu lagu fenomenal yang R. Kelly tulis untuk artis lain adalah ‘You Are Not Alone’ yang dibawakan oleh the King of Pop, Michael Jackson. Nah, kalau nama sudah semakin menanjak, pastilah keistimewaan pun akan datang dengan sendirinya. R. Kelly sudah beberapa kali dipercaya untuk menanggungjawabi urusan musik di film. Yang pertama adalah “Life” di tahun 1999, dan berikutnya adalah “Sparkle” di tahun 2012. Genre-nya memang betul, enggak jauh-jauh dari black music; R&B, Hip-Hop, dan soul.


1. Babyface

Babyface

Akhirnya kita sampai pada juaranya! Singer/songwriter pria yang paling genius dan generous dalam urusan memberikan lagu untuk artis lain. Sedikit bocoran mengenai prestasi kerjanya adalah ‘Breathe Again’ dari Toni Braxton, ‘Queen of the Night’ dari Whitney Houston, ‘The Power of the Dream’ dari Celine Dion, ‘A Song for Mama’ dari Boyz II Men, ‘How Can I Not Love You’ dari Joy Enriquez, ‘Best Thing I Never Had’ dari Beyonce, dan tak kelupaan ‘Take a Bow’ dari Madonna. Menakjubkan, bukan?! Ia mampu membuat lagu-lagunya tercatat dalam sejarah, bukan hanya sebagai produk pribadi, tapi juga atas nama artis-artis lain. Karya fenomenal lain dari Babyface ini adalah mengumpulkan vokalis-vokalis wanita terbaik dengan genre yang berbeda-beda untuk lagu amal “Stand Up 2 Cancer”, ‘Just Stand Up’. Single ini menampilkan Beyonce, Carrie Underwood, Rihanna, Miley Cyrus, Sheryl Crow, Fergie, Leona Lewis, Keyshia Cole, Natasha Bedingfield, LeAnn Rimes, Melissa Etheridge, Ciara, Ashanti, Mary J. Blige, dan juga Mariah Carey, dengan tambahan Nicole Scherzinger saat dibawakan live pada perhelatan Fashion Rocks.

Tinggal di Dunia Pop dan Dunia Disney!

Comments

2 Responses to “10 Singer/Songwriter Pria Yang Genius/Generous”

  1. via says:

    Max Martin ?
    this is joke 🙂

  2. Rysta says:

    @via He’s not a singer!

Leave a Reply

Related Articles

Music News | October 13, 2017 By

Bruno Mars Dominasi Peraihan Nominasi American Music Awards Ke-45

Music News | September 28, 2017 By

Bruno Mars Beri Dukungan Kepada Para Penerima Beasiswa GRAMMY Camp

Top 10 Lists | September 20, 2017 By

17 Sweet 17 Albums in 2017