5SOS Berikan Banyak Kejutan Di Konser Sounds Live Feels Live Indonesia

Band asal Australia, 5 Seconds of Summer (5SOS), memang sedang naik daun. Namanya begitu dikenal di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tak heran jika menjadi suatu hal yang bombastis ketika diumumkan bahwa mereka kan menggelar konsernya di Indonesia dalam rangkaian tour dunia “Sounds Live Feels Live”. Bombastis bukan hanya karena Luke Hemmings, Calum Hood, Michael Clifford, dan Ashton Irwin sudah lama dinantikan fansnya di tanah air, tetapi juga karena harga tiketnya yang dibanderol cukup tinggi.

Dream comes true! Tiba juga hari-H konser yang diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE BSD) pada hari Sabtu 5 Maret 2016 kemarin. Sejak pagi hari, antrian pentonton sudah mulai mengular, baik mereka yang sudah memiliki wristband, maupun yang masih mengantri untuk penukaran tiket. Area ICE BSD dipenuhi remaja-remaja yang lengkap beratribut 5SOS, mulai dari headband, kaos, gelang, tas, poster, dll.

Konser dimulai sekitar pukul 7.20 yang dibuka oleh band lokal, Pee Wee Gaskins. Band asal Jakarta yang digawangi oleh Dochi ini memberikan pemanasan kepada penonton dengan lagu “Dari Mata Sang Garuda”. Selain itu Pee Wee Gaskins juga menampilkan lagu “Berbagi Cerita” dan versi akustik dari “Sebuah Rahasia”. Sedangkan lagu “Di Balik Hari Esok” menjadi penutup penampilan Pee Wee Gaskins dengan tepuk tangan riuh dari penonton.

Setelah menunggu sekitar 15 menit, lampu hall 5 & 6 ICE BSD padam. Penonton pun berteriak histeris karena ini pertanda konser 5SOS akan dimulai. Lampu sorot tertuju pada Michael Clifford yang duduk di balik keyboard memainkan intro lagu “Carry On” sebagai pembuka konser mereka. 5SOS Fams (sebutan fans 5SOS) histeris melihat Michael tampil begitu kalem memainkan setiap tuts keyboard dengan lembut. 5SOS kemudian menghentak panggung dengan lagu “Hey Everybody”, attack pertama yang berhasil membakar adrenalin penonton. Setelah menyanyikan single ke-2 album Sounds Good Feels Good ini, 5SOS melanjutkannya dengan lagu “Money” dan “Disconnected”.

Luke menyapa para fansnya di Indonesia sebelum melanjutkan konser yang semakin memanas dengan lagu “Don’t Stop” dari album pertama mereka dan “Heartache on The Big Screen”. Kemudian Luke Hemmings menanggalkan gitarnya dan bernyanyi sambil keliling panggung ketika mereka membawakan lagu “Waste The Night”. Konser dilanjut dengan lagi “Castaway” yang tak bisa menahan penonton untuk ber-headbang ria.

Kejutan lain diberikan oleh Michael Clifford yang tampil sendiri menyanyikan verse pertama lagu “Jet Black Heart” dan disusul oleh tiga personil lainnya yang bergabung mulai dari verse ke-2. Lagu “Jet Black Heart” memang sangat emosional, penonton kompak sing along di chorus lagu itu dengan lantang. Usai galau-galauan di lagu itu, Calum sedikit berbicara dan menyapa fans. “Thank you for supporting us” katanya sambil melambaikan tangan.

Sepertinya 5SOS sengaja memberikan “galau session” karena ternyata setelah lagu “Jet Black Heart”, mereka melanjutkannya dengan “Amnesia”, “Beside You”, dan “Vapor”. Ini gila, four sad songs was being performed in a row! Thanks 5SOS, you just broke our hearts. Apalagi ada moment ketika penonton mengangkat poster bertuliskan “I AM” ketika Jet Black Heart dimainkan. Merinding!

Meski promotor mendesain venue konser dengan seated crowd, tapi penonton di belakang pun masih bisa menikmati konser karena panggung didirkan cukup tinggi dan megah. Bahkan ada dua LCD dengan ukuran besar di samping kiri dan kanan panggung. Dari layar itu penonton bisa melihat para personil 5SOS jarak dekat dengan kualitas LCD yang luar biasa jernih dan terang!

“Jakartaaaa!!” teriak Ashton yang kemudian ngobrol panjang dan bawel sekali. Ah, akhirnya “galau session “ berakhir juga karena 5SOS melanjutkan dengan lagu “End Up Here”. Boleh saja crowd konser ini duduk di numbered seat, tapi lagu “End Up Here” tak menghalangi mereka untuk berdiri dan loncat-loncat. ICE berguncang!

5SOS semakin membakar konser dengan lagu “Voodoo Doll” dan dilanjut “Good Girls”. Lirik “She can speak French” di lagu “Good Girls” diubah Michael dengan “She can speak Indonesian”. Empat cowok Australia ini lalu memberikan kejutan dengan menyanyikan sebuah lagu dengan lirik “Jakarta.. Jakarta..” berulang-ulang selama kurang lebih 1 menit. Ini momen mengharukan bagi fans mendengar ibu kota negara kita dinyanyikan dalam sebuah lagu. Belum selesai di situ, mereka menyanyikan lagu lain dengan lirik “Na-na-na-na-nasi Goreng” dan mengajak penonton untuk ikut “Permanent Vacation” dan “What I Like About You” sukses menjadi klimaks konser ini dengan tepuk tangan, teriakan, headbang, dan sing along. 5SOS pun kembali ke belakang panggung. Saking antusiasnya para penonton, bahkan ketika Ashton belum turun dari belakang drum set-nya, pentonton sudah berteriak “We want more! We want more!”

Dua single hits dari album pertama dan kedua 5SOS, yaitu “She’s Kinda Hot” dan “She Looks So Perfect” didaulat menjadi lagu encore. Dua lagu emas yang meninggalkan kesan fantastis untuk menutup konser keren ini. Calum, Luke, Michael, dan Ashton maju ke bagian depan panggung dan kompak membungkukkan tubuh mereka untuk berterima kasih pada penonton yang datang di konser itu. Tak lupa mereka juga melemparkan berbagai aksesoris konser seperti guitar pick, handuk, dan drum sticks ke penonton.

Setlist:
1. Intro: Carry On
2. Hey Everybody
3. Money
4. Disconnected
5. Don’t Stop
6. Heartache On The Big Screen
7. Waste The Night
8. Castaway
9. Jet Black Heart
10. Amnesia
11. Beside You
12. Vapor
13. End Up Here
14. Voodoo Doll
15. Good Girls
16. Permanent Vacation
17. What I Like About You
Encore
18. She’s Kinda Hot
19. She Looks So Perfect

About The Author

3 Comments

  1. Nabila A. Reply
    • Jehoo Reply
  2. Mia tania Reply

Reply