Quantcast

Idols Around the World: Winning Songs

By - 1 year ago in Reviews

Selamat tinggal American Idol. Tahun 2016 ini merupakan tahun pemberhentian ajang pencarian bakat di Amerika Serikat yang sudah bergulir selama 15 tahun tersebut. Dibawa pertama kali dari Inggris, sensasi pertelevisian ini telah menjadi platform bagi kesuksesan global para kontestannya, baik yang berhasil memenangkan titel juara, maupun yang tidak. Mulai dari Diva Pop dunia Kelly Clarkson dan Ratu Musik Country Carrie Underwood merupakan dua nama teratas bukti keberhasilan show tayangan Fox tersebut. Lainnya yang tak kalah gemilang adalah popstar menjadi operastar dan menjadi politisi Clay Aiken, penyanyi dan bintang film Jennifer Hudson, rockstar Daughtry, bintang televisi Katharine McPhee, dan masih banyak lagi. Seri aslinya, Pop Idol telah diberhentikan seteleh musim keduanya selesai. Will Young dan Michelle McManus adalah dua nama yang sangat beruntung telah berhasil menyandang gelar juara sebelum akhirnya acara digantikan dengan The X Factor di negara tersebut.

Salah satu bagian terpenting dari pagelaran Idol ini adalah winning song. Kebanyakan para pemenang dari show hasil kreasi Simon Fuller ini dibuatkan lagu original yang kemudian akan menjadi single pertama bagi sang champion. Sering juga mereka mengadu peruntungan para grand finalisnya dengan cara merilis lagu yang sama di saat yang sama, dan melihat siapa yang lebih unggul di blantika musik pasca kompetisi. Di beberapa waktu lain, para pemenang mendapatkan winning song mereka sebagai cover version dari artis lain.

Baik original maupun cover, winning song memiliki faktor kesamaan yakni bersifat triumphant. Fungsinya tak lain dan tak bukan adalah untuk mewakilkan jayanya diri sang pemenang. Tema lagu beragam, mulai dari yang terpopuler; ucap syukur dan terima kasih, hingga tema universal; cinta. Formatnya, kebanyakan dibagun dengan solo rendah, meningkat di bagian tengah lagu, hingga diakhiri dengan bantuan choir di chorus akhir.

Setelah Idol lahir lebih dari 16 tahun, diadaptasi di lebih dari 46 negara di dunia, jumlah winning song pasti sudah susah untuk dihitung banyaknya. Menemukan 10 winning song, original, berbahasa Inggris telah menjadi pekerjaan yang gampang gampang susah. Dengan ketekunan dan YouTube sebagai supporting system, akhirnya terkompilasilah lagu-lagu para champion dengan ketagori tersebut di atas. Dengan mengecualikan American Idol dari seleksi, inilah Idols Around the World: Winning Songs.

Australian Idol (Australia)
Kate DeAraugo – Maybe Tonight


We should start the list from down under. Pemenang Australian Idol musim 3 di tahun 2005, Kate DeAraugo (baca: de roosh) menyanyikan ‘Maybe Tonight’ yang ditulis oleh Dave Bassett, Jess Cates, dan Lindy Robbins. Lagu pop yang berada di bawah pengaruh rock ini akhirnya berhasil menduduki tangga lagu no.1 di Australia, dan menjadi sukses awal bagi Kate. Dari permukaan sih lagu ini terdengar seperti lagu cinta. Liriknya bergeser dari patah hati dan rasa pesimis kepada kepercayaan bahwa akan menemukan cinta yang baru. Jika dihubungkan dengan kemenangannya, “maybe tonight I’ll finally fall in love again” telah berubah menjadi sebuah kepastian, bahwa ia jatuh cinta pada seluruh pemilih yang telah menjadikannya seorang Australian Idol.


Canadian Idol (Kanada)
Brian Melo – All I Ever Wanted


Dari Selatan bergerak jauh ke Utara, Brian Melo, pemenang Canadian Idol musim 5 di tahun 2007. Lagu ini ditulis oleh Chris Perry dan Nicole Hughes dengan genre musik yang tak jauh beda dari lagu Kate di atas. Karena dirilis persis di malam kemenangannya, yaitu 11 September 2007, lagu ini telah direkam oleh Brian dan juga runner up Jaydee Bixby, sehingga pada saat pemenang telah diumumkan lagu dapat langsung dirilis. Versi Jaydee https://www.youtube.com/watch?v=iMcY-hITmIw kemudian bocor di internet, dengan aransemen yang tak jauh beda dari versi Brian, meskipun elemen musik Jaydee adalah country. Brian vs Jaydee ini mengingatkan pada pertarungan Carrie vs Bo Bice, hanya yang keluar sebagai juara berbeda.


Pop Idol (Inggris)
Michelle McManus – All This Time


Dari seri original Idol di Inggris, Michelle McManus adalah pemenang seri 2 Pop Idol di tahun 2003. Lagu kemenangan berjudul ‘All This Time’ ini ditulis oleh trio Steve Mac bersama Wayne Hector dan Ali Tennant. Steve dan Wayne sudah banyak berkontribusi untuk lagu-lagu pop di Inggris. Dan kalau Steve sendiri, ia ikut menulis lagu ‘A Moment Like This’ yang dinyanyikan oleh American Idol pertama, Kelly Clarkson. Meskipun dengan nama besar para penulis lagunya, ‘All This Time’ malah mendapat kritik negatif, yang mana salah satunya menyebut lagu ini “utterly forgettable”. Tapi hal itu tak menghentikannya dari meraih posisi no.1 di UK Singles Chart.


Singapore Idol (Singapura)
Hady Mirza – You Give Me Wings


Negara tetangga kita, Singapura telah menyelenggarakan Singapore Idol sebanyak tiga season, dengan pemenang season 2 di tahun 2006, Hady Mirza. Sekaligus menjadi pemenang Asian Idol yang diselenggarakan di tahun 2007, nama Hady lebih akrab di telinga dibanding pemenang Singapore Idol. Meskipun sebenarnya ‘I Dream’ milik Taufik lebih mencirikan warna winning song sejati, ‘You Give Me Wings’ ini terdengar lebih komersil. Pop R&B mewarnai lagu yang menjadi single perdana Hady, yang memenangkan kompetisi dengan jumlah vote sebanyak 70%.


Idols (Afrika Selatan)
Jason Hartman – Break The Silence


Ada kisah menarik saat Idols di Afrika Selatan bergulir season 5 di tahun 2009. Sasha Lee-Davis yang diumumkan sebagai juara pada tanggal 3 Mei 2009 harus membagi gelar juaranya pada Jason Hartman karena pasca kompetisi di ketahui telah terjadi masalah pada jalur voting. Lagu bergenre poprock ini dirilis secara digital melalui N*kia Music Store sehari setelah final dan berhasil menduduki top chart di negaranya. Jason yang kerap tampil didampingi band-nya pada tahun 2010 menjadi opening act untuk tur dunianya di Afrika Selatan.


Idol (Swedia)
Erik Gronwall – Higher


This one if my personal favorite, Erik Gronwall, pemenang Idol di negara Swedia, season 6 di tahun 2009. Idola versi Swedia ini telah meluncurkan karir dan ketenaran global untuk Agnes (Carlsson), E.M.D, Loreen, Darin (Zanyar), dan masih banyak lagi. Lagu ‘Higher’ ini merupakan salah satu single paling sukses di tahun 2009, terbukti dengan sertifikasi emas yang diperolehnya hanya dalam waktu empat hari setelah dirilis. Calle Kristiansson, runner-up season 6 juga menyanyikan lagu ciptaan Par Westerlund dan Joakim Olovsson ini di babak final, dan rilis sebagai single hanya oleh pemenang saja. Saat ini, Erik menjadi vokalis untuk band rock kenamaan di Swedia, H.E.A.T.


Deutschland sucht den Superstar (Jerman)
Daniel Schuhmacher – Anything But Love


Dari daratan Eropa, yakni Jerman, Daniel Schuhmacher adalah pemenang Deutschland sucht den Superstar season 6 di tahun 2009. Ia menyanyikan lagu kemenangan berjudul ‘Anything But Love’ yang ditulis oleh Dieter Bohlen. Dieter ialah salah seorang juri di ajang Idola Jerman ini, ia merupakan bagian dari duo pop Modern Talking yang tenar di era 80-an. Kembali ke winning song-nya, ‘Anything But Love’ berhasil menjadi juara di negara Austria, Jerman, dan juga Swiss dan menjadi salah satu lagu paling laris sepanjang tahun 2009 disana.


Idol (Norwegia)
Glenn Lyse – Days Go By

Negara Norwegia mengadaptasi ajang Pop Idol ini sejak tahun 2003. Disana mereka menamakannya Idol, dengan juara di musim pertamanya, Kurt Nilsen, yang kemudian di tahun 2004 dinobatkan sebagai World Idol, mengalahkan para pesaingnya dari negara-negera lain seperti Kelly Clarkson, Will Young, dan Guy Sebastian. Di musim kelima, yang diselenggarakan pada tahun 2007, Glenn Lyse memenangkan ajang ini dan merilis lagu kemenangannya, ‘Days Go By’ yang beraliran pop rock di bawah label Sony BMG. Jika para pemenang ajang Idol lain mendapatkan lagu kemenangan yang merupakan gubahan orang lain, beda dengan Glenn. Lagu yang kemudian duduk di puncak tangga lagu di Norwegia ini adalah hasil kreasinya sendiri. By the way, saat memenangkan Idol, usia Glenn adalah 33 tahun, sehingga dirinya dinobatkan sebagai juara Idol tertua di seluruh dunia.


Pinoy Idol (Filipina)
Gretchen Espina – To You


Pinoy Idol adalah season kedua dari ajang Idol di negara Filipina, dimana sebelumnya mereka menamainya dengan judul Philippine Idol. Juara Philippine Idol adalah Mau Marcelo yang kita kenal saat bertarung di ajang Asian Idol dengan big voice-nya. Digelar di tahun 2008, Gretchen Espina berhasil keluar sebagai juara. Saat itu, ia berusia 20 tahun. Lagu kemenangannya berjudul ‘To You’, yang ditulis oleh juri Pinoy Idol sendiri, Ogie Alcasid. Lagu berirama mellow ini ditata dalam aransemen akustik yang sangat mengingatkan kita pada model lagu-lagu cover Sabrina.


Idols (Belanda)
Nikki – Hello World


Yang mengakhiri daftar Idols kita adalah juara dari Belanda, Nikki Kerkhof, atau yang kemudian dikenal sebagai Nikki saja. Ia merupakan juara di season 4, dengan masa penayangan dari akhir 2007 hingga awal 2008. Nikki memenangkan 62% suara dari runner-up-nya, Nathalie Makoma, dan akhirnya memenangkan lagu ‘Hello World’ sebagai debut miliknya. Lagu ini kemudian menjuarai chart di Belanda dan berhasil mendapat sertifikat platinum ganda di negara tersebut. ‘Hello World’ adalah lagu pop yang sangat berlandaskan pada genre klasik rock&roll ini menunjukkan kualitas vokalnya yang jempolan.


Setelah digelar di 50 negara, belum termasuk 6 kompetisi multinasional, dengan lebih dari 250 pemenang, sepuluh nama di atas memang masih kurang untuk mewakili pesona kejayaan talent show karya Simon Fuller ini. Jika ada rekomendasi winning song lain, silakan menginput rekomendasi tersebut di kolom komentar, dan biarkan dunia tahu pilihan kamu. 🙂

Teks:
Ai Hasibuan

Tinggal di Dunia Pop dan Dunia Disney!

Comments

One Response to “Idols Around the World: Winning Songs”

  1. dundhee says:

    SETUJU BANGET ERICK GRONWALL!!
    Dari pertama lagu Higher muncul, udah suka banget sama karakter suaranya si Erick!

    🙂

Leave a Reply

Related Articles

Top 10 Lists | September 20, 2017 By

17 Sweet 17 Albums in 2017

Single of The Day | September 15, 2017 By

Single of the Day: Rendy Pandugo – I Don’t Care & Silver Rain

Album of The Day | September 12, 2017 By

Album of the Day: Various Artists – Power Hits 2017