Nge-hiphop Bareng iKON Lewat 'iKONCERT 2016: Showtime Tour' Jakarta

Oleh: ronzzy - 06 Sep 2016

Nggak berselang lama dari debut mereka di industri KPop, nama iKON langsung terkenal. Bukan hanya karena mereka datang dari manajemen besar yang membawahi Bigbang dan 2NE1 yaitu YG Entertainment, tapi juga berkat banyak acara variety show yang mengikuti debut grup cowok bungsu Yang Hyun Suk itu. iKON dibentuk lewat acara berjudul 'Mix & Match', reality survival show yang punya format yang sama dengan 'WIN: Who Is Next' yang sebelumnya mendebutkan WINNER. Acara lain yang membuat nama mereka terkenal (khususnya B.I dan Bobby) adalah kompetisi rap akbar Korea Selatan bertajuk 'Show Me The Money'.

Cukup segitu dulu soal background grup yang debut tahun 2015 itu ya. Karena di posting-an CreativeDisc kali ini kita akan fokus ke kunjungan perdana Jinhwan, Yunhyeong, Bobby, B.I, Donghyuk, Junhoe dan Chanwoo ke Indonesia pada Sabtu (3/9/2016) lalu lewat gelaran tur 'iKONCERT 2016: Showtime Tour' yang berlokasi di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang.

Seperti kebanyakan grup KPop yang datang ke Indonesia dan menggelar konser di ICE BSD ataupun venue lain di ibukota Jakarta, euforia para fans amat terasa. Meski belum genap setahun debut ke industri musik, fans iKON di Indonesia terbilang sudah cukup bisa memenuhi satu hall di venue superbesar yang ada di kawasan Bumi Serpong Damai itu. Sambutan buat iKON tidak pernah surut sejak kedatangan mereka di bandar udara Soekarno-Hatta sampai di panggung konser. Teriakan fans menjadi suara-suara yang khas dan selalu ada.

Ada yang punya tiket ada juga yang tidak. Suasana ICE di hari konser terasa tidak asing lagi buat awak media. Banyak fans yang sangat antusias untuk bertemu idola mereka. Ada juga mereka yang datang hanya untuk ikut-ikutan saja di luar venue. Tidak sedikit juga mereka datang untuk berjualan. Sementara para iKONICS yang sudah memegang tiket konser merasa deg-degan karena rencananya pukul 18:30 WIB nanti iKON akan muncul di panggung dengan musik dan lagu-lagu mereka yang didominasi oleh genre hip-hop.

Pemandangan unik terlihat di dalam hall 5 ICE BSD. Ada banyak tongkat bisbol berukuran mini dan bercahaya terangkat di udara. Bukan tongkat bisbol biasa, ini adalah KonBat, lightstick resmi iKON yang memang sudah seharusnya ada di setiap konser.

"iKON! iKON! iKON!" teriak para penggemar sudah tidak sabar. Gemuruh suara mereka menggema seiring dengan sederet video musik yang diputar sebelum konser dimulai. Dan ketika lampu mulai dimatikan, teriakan iKONICS makin menggila.

Setiap konser artis KPop selalu diawali dengan video pembuka. Begitu juga dengan konser 'iKONCERT 2016: Showtime Tour' ini. Setelah video berakhir, ketujuh cowok ganteng yang menghabiskan masa training bertahun-tahun di YG Entertainment itu mulai terlihat siluetnya. Baru siluet saja fans sudah menggila. Apalagi ketika lagu 'Rhythm Ta' sudah berkumandang. Kehebohan sudah tidak bisa lagi dielakkan.

"RHYTHM TA! RHYTHM TA!" tidak hanya highlight dari lagunya saja yang bisa dinyanyikan para iKONICS. Tapi hampir seluruh liriknya mereka hapal di luar kepala. Lagu ini kemudian dilanjutkan dengan 'Dumb and Dumber' yang lebih mengguncang. Ketujuh member iKON masih berdiri di panggung utama, belum merambah ke lidah panggung yang menjulur ke kiri dan ke kanan hall. Baru ketika 'Sinosijak' dibawakan, atmosfer berubah menjadi semakin "mengerikan"!

"What's up Jakarta? Crazy man! Want to sing with me?" Yunhyeong menyapa para penggemar dalam bahasa Inggris sambil sesekali ngintip ke layar di panggung sebelum mengucapkannya. Semua dialog antara iKON dan fans menggunakan bahasa Inggris. Seperti biasa di konser-konser artis YG tidak ada penerjemah, sehingga tidak terasa merepotkan dan canggung karena delay antara ucapan sang artis dengan penerjemah. Terlebih ketika sedang bercanda.

"Hello Indonesia! It's really good to see you! Tonight will be the last show ever!" kata Donghyuk. Ya memang benar, konser 'iKONCERT 2016: Showtime Tour' di ICE BSD pada 3 September lalu merupakan konser penutup untuk tur iKON di Asia. Beruntung ya, Jakarta bisa menjadi pemberhentian terakhir mereka!

Lagu 'My Type' dibawakan setelah itu. Penampilan memukau yang didukung dengan pencahayaan yang juga memanjakan mata. Lagu-lagu hits iKON seperti 'Apology', 'Airplane' serta penampilan solo Bobby dan B.I juga jadi agenda di konser ini. Tidak ketinggalan sesi cosplay mereka ketika membawakan lagu 'Me Gusta Tu'. Di sini para member bercanda dan bilang kalau mereka sangat senang karena konser ini akhirnya berakhir.

"Karena aku tidak perlu lagi melakukan ini (cosplay jadi cewek)," kata Bobby yang mengenakan wig bergaya rambut bob. Penampilan iKON menyanyikan lagu hits girlband GFRIEND itu benar-benar kocak dan mengundang tawa. Aksi "lebay" para member di panggung justru semakin membuat fans jadi "liar". Jarang-jarang kan, bisa melihat iKON cosplay jadi personel GFRIEND di atas panggung di Indonesia?

Para member rupanya belajar beberapa kata dalam Bahasa Indonesia. Namun yang menjadi favorit mereka malam itu adalah kata 'Bagus'. Kata ini terus diulang-ulang sepanjang acara sebagai pujian buat para iKONICS yang sudah mengerahkan tenaga mereka untuk meneriaki sang idola.

Satu lagi yang membuat konser ini istimewa adalah sesi menyanyikan selamat ulang tahun buat iKON. Menjelang ulang tahun pertama iKON yang jatuh pada 15 September mendatang, kue istimewa sudah dipersiapkan oleh fans Indonesia dan dibawa ke atas panggung. Para member iKON cukup terkejut ketika melihatnya. Mereka pun mengucapkan terima kasih dan beberapa kali meminta difoto bersama kue itu dan juga bersama fans. Pelan-pelan lagu "Happy birthday to you!" menggema. Membawa iKON pada akhir konser dan memasuki sesi encore. Lagu 'Dumb and Dumber' kembali dibawakan sebagai klimaks dari konser ini. iKON pun berjanji akan kembali ke Indonesia untuk konser-konser selanjutnya.

"We will come back and I promise. Oooh Thank you. Thank you for coming. To support us," ucap Bobby.

What a very nice show, iKON!

Teks by @ronzzykevin

Official Photo by MecimaPro

ronzzy
More from Creative Disc