Playlist Kini Adalah Format Yang Lebih Populer Ketimbang Album

Oleh: admincd - 28 Sep 2016

Di zaman di mana digital sepertinya tengah booming dan streaming menjadi layanan utama untuk mendengarkan sebuah lagu, maka sebuah playlist kini menjadi lebih populer dibandingkan sebuah album, sebagaimana yang dilaporkan oleh Music Business Association, seperti yang dilansir dari BBC News.

Menurut laporan tersebut, 31% pendengar musik kini memilih mendengarkan sebuah playlist, sementara album didengar hanya oleh sekitar 22%. Meski begitu track single tetap menjadi format dominan untuk mendengar lagu, dengan presentasi yang cukup besar yaitu 46%. Studi ini dilakkan oleh grup wawasan konsumer bernama Loop, berdasarkan survey yang dilakkan kepada 3.014 responden di Amerika pada bulan Mei.

Dengan trend seperti ini,serta semakin ditinggalkannya penjualan album secara fisik, tidak heran jika banyak musisi yang berencana untuk meninggalkan format album dan memilih untuk merilis single demi single saja.

Sebut saja Calvin Harris yang kabarnya tengah mempertimbangkan untuk tidak merilis album lagi. Begitu juga dengan The Chainsmokers yang saat ini tengah naik daun berkat single 'Closer', yang menindikasikan tidak memiliki rencana untuk merilis album debut mereka. "We will always continue to release music. But an album is something different," tulis duo ini di Twitter. "An album is a big deal, not just a compilation of random singles, that's how we see it."

Tentunya tidak semua musisi berpikiran sama dan masih mengganggap merilis sebuah album adalah tradisi yang tak terbantahkan. "We need to bring back the album," kata nominee Mercury Prize, Laura Mvula. "Mainstream culture is saturated with the singles phenomenon because our attention spans are so short, but listening to albums can be really fulfilling. You're getting a whole story, rather than just a quick fix of a McDonald's meal."

Sedangkan Olly Murs punya pemikiran yang lebih pragmatis. "Every artist is different," katanya kepada BBC. "Some do better sales on singles, and some people don't. There's still an album market out there for me. Every album I've released has gone platinum. At Christmas time, especially, I think people still want to buy an album, physically. So I will always produce an album - but I'm in the wilderness. I don't know."

Jadi, kamu pilih album atau playlist?


admincd
More from Creative Disc