Spotify VS Joox: Mana Yang Lebih Baik?

Indonesia adalah lahan empuk untuk pasar musik streaming, menurut situs wearesocial.com jumlah pengguna internet di Indonesia yang aktif ada 88.1 juta orang atau 34% dari penduduk Indonesia per Januari 2016, dari sumber yang sama jumlah orang yang aktif di internet per hari di Indonesia mencapai 4 jam 42 menit di PC/Tablet dan 3 jam 33 menit di Handphone/Smartphone. Angka seperti ini tentunya menjadi acuan para penyedia jasa streaming untuk bermain di Indonesia jika bisa merebut 10% dari pengguna internet Indonesia untuk memakai jasa streaming tersebut bukan tidak mungkin untung banyak akan diraup.

Banyak penyedia jasa streaming yang mulai menyediakan servisnya di Indonesia seperti MelOn, Guvera, Deezer dan Langit Musik. Keempat penyedia jasa ini memang sudah muncul terlebih dahulu tetapi belum merebut perhatian masyarakat Indonesia. Minimnya promosi, sulitnya cara membayar dan eksklusifitas penyedia layanan membuat keempat nama ini masih sulit untuk bersaing di pasar Indonesia terlebih lagi dengan munculnya dua pendatang baru dari penyedia jasa streaming yang langsung mencuri perhatian masyarakat.

Ya, mereka adalah Joox dan Spotify.

Kedua layanan streaming ini beradu untuk menjadi nomor satu di layanan penyedia jasa streaming lagu di Indonesia. Joox dibawa ke Indonesia atas kerjasama dari Tencent Mobile dan MNC Group sedangkan Spotify dibawa ke Indonesia sebagai bagian dari strategi Spotify Global untuk melancarkan ekspansi mereka ke seluruh dunia.

Joox populer berkat promosi mereka habis-habisan di berbagai macam media mulai dari iklan TV sampai iklan koran dan Spotify populer berkat nama mereka yang sudah mendunia untuk urusan streaming musik.

Kedua penyedia jasa streaming musik ini saling beradu untuk memperebutkan hati konsumen. Namun, manakah yang lebih baik? Joox atau Spotify. Sebelum kamu menentukan untuk memilih layanan yang mana ada baiknya kamu baca artikel ini.

Screenshot_2016-03-30-07-17-20

Screenshot_2016-01-08-09-16-42

Desain dan Antar Muka Pengguna (User Interface)

Ketika kita pertama kali membuka aplikasi Joox pada smartphone, semua menu langsung dimunculkan dalam satu halaman. Tampilan home dari Joox langsung memberondong penggunanya dengan berbagai macam fitur seperti header yang berisihighlight album/single, iklan dan kuis. Ketika kita scroll ke bawah Joox langsung menawarkan playlist yang sesuai berdasarkan mood kita, di bawahnya juga terdapat Video Klip beberapa artis serta rilisan baru artis lokal maupun mancanegara, playlistyang dibuat oleh tim Joox, wawancara dengan artis dan radio. Semua fitur ini langsung digelontorkan di bagian home dari aplikasi ini. Joox juga mempunyai fitur galeri tema sehingga pengguna bisa memilih tema yang disuka.

Sedangkan Spotify lebih simpel. Ketika kita memasuki halaman home dari aplikasi ini maka kita disuguhkan dengan berbagai macam playlist yang berubah setiap 6 jam sekali, lalu ada menu chart, rilisan terbaru artis lokal maupun mancanegara, temukan dan konser. Keempat fitur ini cukup berguna untuk mencari lagu baru. Scroll sedikit ke bawah maka kamu akan menemukan kumpulan genre dan moods yang bisa kamu pilih sesuai dengan genre dan suasana hati kamu.

Mana yang lebih unggul? Harus diakui bahwa Joox lebih sesuai dengan masyarakat Indonesia yang menginginkan user interface yang gak mau repot dan langsung memberikan pilihan tanpa harus mengklik submenu disana sini. Joox memberikan banyak pilihan sebelum pengguna menggali lebih lanjut musik yang ia suka sehingga sesuai untuk orang yang anti-repot.


SKOR SEMENTARA: Joox 1 vs 0 Spotify

skrinsyut2skrinsyut7

Kompabilitas dan Ketersediaan

Joox bisa didengar dengan dua cara yaitu dari smartphone (iOS maupun Android) dan bisa didengarkan lewat desktop atau komputer di website www.joox.com. Joox juga hanya bisa didengar oleh pengguna di Indonesia sehingga ketika kamu menyetel VPN ke negara selai
n Indonesia Joox tidak mau memberikan akses musiknya.

Spotify bisa didengar dengan tiga cara yaitu dari smartphone (iOS maupun Android), lewat desktop atau komputer dengan mengakses play.spotify.com atau bisa mengunduh aplikasi desktop untuk Windows dan juga Mac yang jauh lebih berguna di kala internet sedang lambat. Spotify tersedia di hampir 60 negara di seluruh dunia.

Mana yang lebih unggul? Spotify jelas jauh lebih unggul dalam kompabilitas dan ketersediaan. Spotify menawarkan banyak cara untuk mendengarkan musik mau darismartphone, desktop ataupun website sehingga tidak repot ketika kita lupa membawa salah satu dari device tersebut.

SKOR SEMENTARA: Joox 1 vs 1 Spotify

wp-1470644538407.png

wp-1470644527899.png

Koleksi Musik dan Pengaturan Mood Lagu

Berbicara soal koleksi musik dan pengaturan mood lagu hal ini yang membuat Spotify menang banyak dari Joox. Pilihan lagu berdasarkan mood yang dipunyai Joox tidak setepat Spotify. Spotify menawarkan banyak sekali playlist berdasarkan mood dan kondisi penggunanya bahkan mereka membuat kanal playlist sendiri untuk mood“Tidur” dan lagu yang ada di dalamnya memang terbukti ampuh untuk membuat orang tertidur.

Katalog musik Spotify juga menang banyak daripada Joox. Spotify mempunyai 30 juta+ lagu sedangkan Joox hanya 5 juta+ lagu.

Katalog musik dari Joox juga bisa dibilang cukup kacau. Karena Joox mengambil beberapa lisensi lagu dari Taiwan maka jangan heran kalau kita banyak menemukan aksara mandarin di dalam lagu Jepang seperti pada lagu-lagu AKB48. Joox juga tidak mempunyai artis dan lagu selengkap Spotify sehingga percuma mencari band seperti Beach Fossil, Wavves, Car Seat Headrest atau rilisan terbaru dari Circa Waves, Brand New, Mura Masa dan lain sebagainya.

(Note: Sebenarnya katalog lagu Joox sudah hampir sama dengan Spotify tetapi lagu tersebut “dikunci” untuk menyesuaikan dengan selera lagu orang Indonesia dan untuk mempercepat proses pencarian. Untuk meminta lagu favorit kamu agar muncul di Joox kamu bisa mengisi form yang ada di dalam Joox)

Mana yang lebih unggul? Spotify menang telak dalam pertarungan sesi ini? 30 juta vs 5 juta dengan playlist yang sesuai dengan mood menjadi kelebihan sendiri bagi Spotify. Hal ini cukup krusial mengingat jualan utama dari masing-masing kedua penyedia jasastreaming ini adalah katalog musik mereka.

SKOR SEMENTARA: Joox 1 vs 2 Spotify

wp-1470644650143.png

wp-1470644663621.png

Penjelajahan Musik/Discovery Feature

Setelah katalog musik, hal yang paling penting dari streaming musik adalah fitur penjelajahan musik atau Discovery. Kenapa hal ini menjadi penting? Karena pada dasarnya kita ingin menemukan musik yang baru dan sesuai dengan selera kita dan itu juga salah satu jualan dari penyedia jasa streaming musik.

Mana yang lebih unggul? Untuk babak ini Joox harus kembali mengalah kepada Spotify. Dari segi penjelajahan musik, Spotify jelas lebih unggul daripada Joox. Spotify menawarkan dua kanal playlist bernama Discover Weekly dan Your Release Radar, kedua kanal playlist ini berguna untuk menemukan musik baru yang belum pernah didengar dan sesuai untuk pengguna dengan membaca aktivitas pengguna di Spotify. Dua fitur ini diperbaharui tiap minggunya. Joox hanya menawarkan playlist standar tanpa ada fitur yang sesuai dengan telinga pendengar seperti Spotify.

SKOR SEMENTARA: Joox 1 vs 3 Spotify

Kualitas Audio

Audio menjadi sangat penting dalam streaming musik apalagi para penikmat musik beresolusi tinggi atau audiophile. Semakin bagus dan detail kualitas audio semakin meningkat pula sensasi dalam mendengarkan lagu. Spotify mengusung format ogg vorbis dan Joox mengusung format mp3 yang bisa diatur. Komparasi audionya bisa dilihat di tabel di bawah ini.

Spotify

Level Suara Bitrate Jumlah Data Yang Digunakan
Normal 96 kbps 0.8 MB/menit
High 160 kbps 1.2 MB/menit
Extreme 320 kbps 2.4 MB/menit

Joox

Level Suara Bitrate Jumlah Data Yang Digunakan
Low 64 kbps 0.5 – 1MB/lagu
Normal 96 kbps 1 – 2 MB/lagu
Medium 128 kbps 3 – 4 MB/lagu
High 192 kbps 7 – 10 MB/lagu

 

Pilihan Extreme pada Spotify dan High pada Joox hanya bisa dinikmati oleh pelanggan premium yang membayar layanan ini. Joox juga menawarkan fitur DTS untuk menambah pengalaman mendengarkan lagu dengan kualitas tinggi namun sayangnya untuk mendapatkan fitur ini pengguna harus membayar biaya tambahan sebesar 15 ribu/bulan dan 179 ribu/bulan.

Saya mencoba mendengarkan lagu yang sama dengan kualitas Extreme dan High pada masing-masing layanan. Saya menggunakan lagu Tame Impala – The Less I Know The Better dan Steely Dan – Deacon Blues (yang merupakan lagu terbaik untuk mencoba audio karena soundstaging dari lagu ini luas dan merupakan album terbaik dalam proses produksinya). Alat yang saya gunakan adalah Sony Xperia M2 dengan earphonePhrodi Jimbon dan speaker Behringer Truth B2030A.

Lagu yang dites: Tame Impala – The Less I Know The Better (Sony Xperia M2 + Phrodi Jimbon)

Spotify: Spotify memberikan detil yang cukup apik dalam lagu ini. Detil seperti bass, petikan gitar dan berbagai macam instrumen lainnya terdengar jelas dan bulat.

Joox: Joox terdengar lebih harsh, beberapa detail seperti bass memang masuk dan ketara namun sayangnya di beberapa bagian lainnya seperti kurang jernih dan tumpang tindih.

Lagu yang dites: Steely Dan – Deacon Blues (Sony Xperia M2 + Phrodi Jimbon)

Spotify: Spotify terdengar sedikit lebih kencang dan terdengar sedikit tumpang tindih meskipun beberapa instrumen masih terdengar dengan baik.

Joox: Joox terdengar lebih lembut dan membuat instrumen yang ada terdengar hidup dan jernih terdengar.

Ketika bermain di speaker professional seperi Behringer Truth B2030A. Spotify jauh lebih enak didengar ketimbang Joox. Spotify memberikan detail yang pas dan suara yang bulat di hampir setiap lagu sedangkan Joox agak sedikit pecah dan harsh di beberapa bagian. Kembali lagi, semua itu tergantung pada seberapa mahal dan seberapa bagus audio yang kamu gunakan dalam mendengarkan kedua layanan ini.

Mana yang lebih unggul? Jika dilihat dari bitrate saja jelas Spotify mengungguli Joox. Menariknya meski bitrate Joox lebih kecil daripada Spotify, Joox mengungguli Spotify di beberapa lagu. Jika bermain di alat yang lebih besar dan mahal baru terlihat perbedaan antara Joox dan Spotify. Untuk para pendengar musik kasual yang sering mendengarkan musik di HP dan tidak terlalu mementingkan kualitas Joox bisa menjadi pilihan karena selain hemat kuota tetapi jika menginginkan kualitas maka Spotify menjadi jawabannya.

SKOR SEMENTARA: Joox 2 vs 4 Spotify

wp-1470644597561.png

Sinkronisasi antar perangkat

Spotify menawarkan fitur Remote Play. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memutar lagu di berbagai macam perangkat mulai dari HP, Desktop, Laptop, PS3, PS4 dan Speaker yang mendukung Wi-Fi asalkan berada di jaringan dan ruangan yang sama. Fitur ini sangat memudahkan pengguna untuk mengontrol lagu dari jarak jauh dan mengganti perangkat untuk mendengarkan lagu tanpa harus keluar dari akunnya terlebih dahulu.

Sayangya Joox tidak mempunyai fitur seperti ini.

Mana yang lebih unggul? Spotify dalam sinkronisasi antar perangkat

SKOR SEMENTARA: Joox 2 vs 5 Spotify

Lagu Offline

Kedua layanan musik ini sama-sama menawarkan jasa untuk mengunduh lagu favorit kamu sehingga kamu bisa mendengarkan lagu tersebut meskipun tidak ada koneksi internet. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut pengguna harus berlangganan layanan tersebut seharga 50 ribu/bulan.

SKOR SEMENTARA: Joox 3 vs 6 Spotify

Screenshot_2016-05-20-16-56-35wp-1470644545735.pngRadio

Pada fitur radio, Joox memberikan banyak pilihan stasiun yang sesuai dengan genremusik kesukaanmu. Mau itu lagu paling hits atau lagu indie love songs ada disini. Joox menawarkan enam stasiun utama yaitu Throwback, Sport, Activities, Mood, Hits dan Genre. Sebenarnya tidak ada perbedaan antara playlist dan radio pada Joox selain kita tidak bisa memilih lagu dan menunggu lagu berikutnya yang diputar secara acak.

Pada Spotify fitur radio dibenamkan di setiap lagu, album, artis, bahkan playlist. Pengguna tinggal memilih fitur “Radio” pada menu dan pilihan radio dari berbagai macam artis dan genre langsung muncul. Ada pilihan “like” dan “dislike” di setiap lagu, hal ini akan membantu Spotify untuk membuat pilihan lagu radio yang sesuai dengan selera pengguna.

Mana yang lebih unggul? Spotify lebih unggul soal layanan radionya. Fitur radio yang ditawarkan oleh Spotify jauh lebih lengkap karena mempunyai pilihan yang beragam dengan tingkat akurasi yang cukup tinggi daripada Joox yang fitur radionya tidak jauh beda dengan playlist biasa.

SKOR SEMENTARA: Joox 3 vs 7 Spotify

  • Harga dan kemudahan pembayaran

Harga kedua layanan ini sama yaitu sebesar 50 ribu/bulan. Harga tersebut sebanding dengan fitur yang ditawarkan seperti kualitas lagu yang lebih baik, pilihan lagu yang tak terbatas dan tak diacak serta download lagu secara offline. Untuk pembayaran kedua layanan ini juga memudahkan penggunanya. Mereka tahu betul kalau orang Indonesia jarang memakai kartu kredit apalagi untuk membeli layanan musik, mereka menyiapkan pembayaran via Doku Wallet, Alfamart, potong pulsa dari Google Play dan transfer bank untuk memudahkan pelanggannya.

SKOR SEMENTARA: Joox 4 vs 8 Spotify

Screenshot_2016-05-20-16-54-12Free Tier a.k.a. Fitur Gratis

Jika tidak ingin membayar kedua layanan streaming tersebut maka kamu bisa menikmatinya secara gratis dengan banyak keterbatasan. Berikut keterbatasan dari layanan gratis kedua streaming tersebut.

Spotify Joox
Lagu diacak, tidak bisa memilih pilihan lagu Tidak bisa menikmati audio dengan kualitas terbaik
Tidak bisa menikmati audio dengan kualitas terbaik Beberapa lagu dikunci untuk pengguna VIP
Jika sudah mencapai 5 lagu, maka Spotify akan menampilkan suggestion song yang terkadang tidak nyambung dengan apa yang kita dengar atau selera kita Muncul iklan audio di setelah mendengar beberapa lagu
Tidak bisa mengatur tombol repeat Ada iklan pop ups di awal masuk aplikasi
Ada iklan audio setelah mencapai 5 kali pemutaran.

Batasan yang diterapkan Spotify hanya berlaku bagi pengguna mobile, untuk pengguna yang memakai Spotify di Desktop dan Web Player masih bisa menikmati layanan gratis sama seperti layanan premium perbedaannya hanya pada iklan audio dan kualitas suara yang ala kadarnya. Berbeda dengan Joox yang hampir sama batasannya di berbagai macam platform.

Screenshot_2016-05-20-16-54-58

Tetapi ada satu keunggulan yang dimiliki Joox daripada Spotify soal layanan gratisnya. Joox memberikan VIP gratis selama satu hari kepada penggunanya dengan syarat sharelagu ke media sosial seperti Facebook, Path atau WeChat. Begitu selesai di share maka pengguna akan mendapatkan satu hari VIP secara gratis.

Mana yang lebih unggul? Joox memberikan banyak pilihan untuk pengguna yang malas membayar 50 ribu untuk sebuah layanan lagu dengan hanya share ke sosial media. Layanan gratis Spotify terbilang cukup merepotkan apalagi untuk penggunamobile sehingga untuk layanan ini Joox unggul daripada Spotify.

SKOR SEMENTARA: Joox 5 vs 8 Spotify

Screenshot_2016-05-20-16-46-20

Fitur lainnya

Fitur yang ditawarkan Joox jauh lebih beragam dan jauh lebih membantu penggunanya. Joox menampilkan lirik di semua lagu yang diputar dan menampilkan kartu lirik atau lyric card. Kamu bisa memilih lirik mana yang akan dikutip dan membagikannya di media sosial kamu. Latar gambar kartu lirik dan ukuran hurufnya bisa kamu ubah sesuka hati.

Screenshot_2016-05-20-16-46-45

Joox menawarkan fitur timer yang berguna ketika kamu ingin mendengarkan lagu sebelum tidur, tinggal diatur berapa menit mulai dari 30 – 120 menit dan lagu akan berhenti sesuai dengan waktu yang kamu pilih.

Screenshot_2016-05-20-16-32-28

Joox juga dibenamkan dengan fitur video di dalam aplikasinya mulai dari video klip lagu favoritmu sampai wawancara dan live sessions dari artis populer. Dalam beberapa acara tertentu Joox juga menawarkan live streaming acara dan artis tertentu sepertilive streaming DJ Soda beberapa waktu lalu.

SKOR AKHIR: JOOX 6 VS 8 SPOTIFY

PENUTUP:

Dengan skor yang berbeda tipis sebenarnya dari kasat mata Joox dan Spotify hampir tidak ada bedanya dan kedua penyedia streaming ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Spotify jauh lebih unggul dari segi kualitas audio, fitur sinkronisasi antar perangkat, penjelajahan musik, katalog musik, radio dan pilihanplaylist. Sementara itu, Joox juga lebih unggul dalam fitur tambahannya seperti lirik lagu, kartu lirik, video klip, pilihan layanan gratisnya dan desain antar mukanya.

Jika kamu menyukai penjelajahan musik yang maksimal dengan audio yang bagus serta katalog musik yang banyak maka Spotify bisa jadi pilihan, tetapi jika kamu memang tidak mau repot dan tidak mau dipusingkan dengan bayaran yang besar dan menginginkan lagu yang hits saja maka kamu bisa memilih Joox.

In the end life is about choice isn’t it?

Artikel sebelumnya telah dipublikasi di RE:PSYCHOO

Teks:
Luthfi Suryanda Atmojo

About The Author

4 Comments

  1. Badia Tarigan Reply
  2. Dita Reply
    • Art Reply
  3. Mia Reply

Reply