Quantcast
10 Lagu Hits Yang Orang Mungkin Tidak Tahu Adalah Karya Ryan Tedder – Creative Disc

10 Lagu Hits Yang Orang Mungkin Tidak Tahu Adalah Karya Ryan Tedder

Siapa yang nggak kenal Ryan Tedder, salah satu musisi paling produktif dalam sejarah permusikan. Bukan hanya jadi frontman OneRepublic, Tedder juga menciptakan puluhan, mungkin ratusan lagu lain untuk banyak artis, dan banyak juga dari lagu-lagu itu yang rajin masuk tangga lagu di radio maupun situs musik. Berikut beberapa lagu yang pasti familiar di telinga pendengar musik, tapi belum tahu bahwa Ryan Tedder-lah pria di balik lagu-lagu ini, yang dilansir Rollingstone.com.

1. Leona Lewis – Bleeding Love (2007)
Di interviewnya dengan NPR, Ryan bilang kalau lagu ini terinspirasi Prince. “Aku duduk di pianoku dan menyalakan organ patch. Aku bilang pada diriku, ‘Apa yang akan dilakukan Prince?’” Maka, terciptalah lagu ini. “Ini lagu terbesar yang pernah kutulis. Aku memberinya ke label rekaman, dan mereka langsung bilang padaku: Ini tidak akan jadi hits. Lalu aku berpikir, aku harus cari karir baru, karena bagi telingaku, ini lagu yang sangat penting.” Dan ternyata benar, Bleeding Love dapat rekor lagu yang paling banyak dimainkan di radio Amerika Serikat, dengan 10.665 dalam seminggu.


2. Beyonce – Halo (2008)
Di wawancara dengan Billboard, Ryan Tedder bilang, “Evan Bogart dan aku dekat sekali. Dia sedang meledak-ledak sebagai penulis lagu, dan aku bilang ke dia ‘Istriku pergi selama tiga jam, kau mau datang? Ayo tulis satu lagu’. Dan aku punya ide tentang koor malaikat, mulai memainkannya dan dalam tiga jam, ‘Halo’ selesai.” Jadi sebelumnya, Beyonce memang minta dibuatkan lagu sama Ryan Tedder, karena Beyonce suka lagu OneRepublic, Come Home.


3. Adele – Rumour Has It (2011)
“Kupikir Adele adalah penyanyi terbaik di dunia. Jadi aku mau berhenti melakukan segalanya untuk memastikan aku punya waktu untuk bekerja dengan Adele.” kata Ryan, yang rela menyelipkan waktu luang di tengah-tengah kesibukannya dengan OneRepublic.

“Waktu dia masuk ke ruangan, dia sedang kesal karena habis bertengkar dengan mantan pacarnya tadi malam. Dia menyebutkan frase ‘Rumour Has It’, karena orang bilang itulah kenapa mereka putus – begini, begitu – dan dia muak mendengar semua rumornya. Aku mulai memainkan nadanya, dan dia mulai bernyanyi. Beberapa jam kemudian, selesailah lagu ini.”


4. Gavin DeGraw – Not Over You (2011)
Untuk menyamakan single debutnya, I Don’t Want To Be, yang masuk ke tanggal lagu Top 10, DeGraw menghubungi Ryan. Ryan akhirnya membuatkan Not Over You yang menjadi nomer 18 di tangga lagu. “Tedder datang dan bilang, ‘Hey, bagaimana menurutmu tentang piano ini?’” kata DeGraw di American Top 40. “Dia memainkan pianonya seperti yang di album. Dari situ kami menulis lagi, dan setelah berhari-hari kami mengerjakan lagi ini, kami menggunakan musik yang sudah pernah kupikirkan, ditambah kesegaran baru.”


5. Carrie Underwood – Good in Goodbye (2012)
Ryan yang biasanya terkenal untuk bikin lagu artis-artis pop, kali ini dia memperluas genrenya. “Kau selalu mau berkembang sebagai artis dan kau tidak mau bikin album yang sama lagi. Kau pasti mau bereksperimen… Aku bekerja dengan Ryan Tedder; aku juga sudah bekerja dengan orang yang sudah bekerja dengan artis hardcore rap.”


6. The Fray – Love Don’t Die (2013)
Joe King dan Ryan Tedder sudah saling kenal sejak mereka belum terkenal. “Aku main sepak bola SMA melawannya.” kata King di wawancara dengan Radio.com. “Kami terhubung tepat saat band kami berusaha untuk dikontrak. Kami saling kirim email ‘Kalian sudah bicara dengan siapa?’ Kami juga sama-sama percaya pada industri ini.” Pada akhirnya, mereka berdua menylis Love Don’t Die dalam waktu 90 menit!


7. Ellie Goulding – Burn (2013)
Ryan Tedder dan rekan satu band-nya, Brent Kutzle, menulis lagu ini di bus tur! “Aku sangat senang tentang lagu ini, sehingga konser kami mungkin terlambat lima menit karena aku tidak bisa berhenti mendengarkannya. Vokal Ellie sangat hebat, dia tidak main-main.” kata Tedder di wawancara Billboard. Lagu ini berhasil naik ke peringkat 13 di Hot 100.


8. John Oates – Stone Cold Love (2013)
Satu lagu yang tidak disangka menjadi salah satu karya Ryan Tedder. “Dia ingin bekerja dengan sangat cepat dan melakukan sesuatu yang luar biasa di album. Dia bilang, ‘kalau aku mengerjakan sesuatu denganmu, itu harus sesuatu yang tidak akan diperkirakan orang lain.’ Dan ternyata itu berhasil.” Kata John Oatas pada The Quietus.


9. Ariana Grande – Why Try (2014)
Di wawancaranya dengan MTV, Ariana bilang, “aku suka sekali bekerja dengannya karena dia mengerti rasanya jadi vokalis yang ingin menyelesaikan lagunya hari itu juga. Dia membiarkanku mengerjakan hal lain dulu dan saat aku keluar dari booth, ternyata dia sudah selesai.”


10. Ella Henderson – Ghost (2014)
Ryan Tedder pertama kali “menemukan” Ella Henderson dari cover lagu Drake-nya di internet. Ryan suka cover itu dan langsung menghubungi label rekamannya, dan menemui Ella di London. “Aku agak gugup, tapi waktu kami bertemu, rasanya seperti bertemu teman lama. Kami pergi minum, lalu makan bersama, dan hal selanjutnya adalah kami duduk di piano, menulis ‘Ghost.’ Aku langsung tahu ini akan jadi single pertamaku. Aku merasakan hal besar pada lagu ini.”


Bonus

:

11. Taylor Swift – I Know Places (2014)
Waktu Taylor Swift memutuskan mau ¬ngepop di album 1989, Taylor akhirnya menghubungi beberapa produser musik yang sering bikin lagu untuk musisi lain. Ryan Tedder-lah salah satunya!
“Aku mengirim voice memo ke Ryan Tedder, karena aku selalu ingin bekerja dengannya. Dan akhirnya, kami menjadwalkan waktu studio. Aku hanya duduk di piano, menaruh ponselku di atas piano dan menjelaskan pada Ryan, aku mau lagu yang seperti apa, bagaimana aku melihat melodinya, dan akhirnya kami merekam lagu itu besoknya.” kata Taylor waktu diwawancara Ryan Seacrest.

Itu semua beberapa lagu hits ciptaan Tedder. Jadi, karya Ryan Tedder yang mana yang jadi favoritmu?

Teks:
Sheyla Ashari

About The Author

3 Comments

  1. Irwan Reply
  2. armando_abdullah Reply
  3. Abdul Jalil Reply

Reply