Exclusive Interview with Calum Scott: Britain’s Got Talent merubah hidupku sepenuhnya!

Nama Calum Scott mungkin belum terlalu familiar ditelingamu. Tapi, mungkin, buat kamu yang suka browsing di Youtube, kamu bisa saja tidak sengaja menemukan video audisinya di Britain’s Got Talent menyanyikan lagu Dancing on My Own dari Robyn. Ini karena video audisi Calum itu benar-benar menjadi viral beberapa waktu lalu.

Setahun berlalu, akhirnya Calum merilis single yang membuat dia dikenal banyak orang yaitu Dancing on My Own. Lagu ballad yang, menurut saya, sangat menyayat hati. Tepat sehari setelah ulang tahunnya (Calum berulang tahun 12 Oktober), CreativeDisc mendapatkan kesempatan untuk pertama kalinya di Indonesia untuk bisa ngobrol bareng Calum Scott. Ini beberapa pertanyaan yang kita tanyakan ke Calum.

CD : Dancing On My Own adalah lagu yang kamu nyanyikan saat Audisi di Britain’s Got Talent, dan akhirnya dirilis jadi single pertamamu setahun kemudian. Kenapa bisa selama itu?
Calum : Setelah show itu, aku memang tidak menang, aku cuma ada diposisi 6, tapi sebenarnya itu pengalaman yang sangat keren. Jadi, setelah itu, banyak sekali orang yang menghungiku untuk menyanyi di festival, gig atau show. Aku terlalu sibuk sekali saat itu. Lalu karena aku tidak mendapatkan kontrak rekaman di perusahaan rekaman Simon, aku akhirnya mencoba untuk menaruh beberapa orang untuk membantuku karena aku benar-benar sendiri selepas BGT. Jadi, aku mencari dan mencari sampai menemukan managerku yang sudah kerja bareng sejak September tahun lalu. Dan, kami juga pernah merilis single sendiri, tanpa dana dari manapun, mencoba untuk memperkenalkannya ke banyak orang, juga sempat kami masukkan ke iTunes dan digital store lainnya. Dan, fans sangat membantu saat itu, mereka share, membeli sampai akhirnya single itu terjual lebih dari 250000 copy. Sampai akhirnya terdengar oleh salah satu label di Amerika, lalu mereka menerbangkanku ke New York, California dan berujung pada tanda tangan kontrak dengan Capitol Records di bulan Mei tahun ini. Perjalanan yang sangat panjang memang, tapi aku percaya semua itu terjadi karena adanya alasan. Dan, aku bersyukur aku bisa melalui proses itu.


CD : Wow! Benar-benar perjalanan yang luar biasa ya! So, setahun kemudian setelah BGT, apa nih yang kamu rasakan berubah secara drastis dari seorang Calum Scott?
Calum : Bedanya adalah aku bisa melakukan apa yang kusukai dalam hidupku. Dan, dengan adanya dukungan untuk musikku, aku merasa luar biasa. Kurasa, pembeda utama yang membuat Calum Scott berbeda dengan yang dulu adalah adanya cinta dan dukungan yang diberikan kepadaku. Itu saja. Karena, aku masih menjadi orang yang sama, masih nongkrong bareng teman, dan lain sebagainya. Aku hanya menyukai apa yang kulakukan dan aku bersyukur banyak orang diluar sana yang menyukai apa yang kulakukan. Bahkan dari daerah-daerah yang tidak pernah aku kunjungi, seperti Indonesia, Afrika, Australia, dan banyak lagi lainnya.

CD : Ini adalah pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh fansmu di Indonesia, kapan Calum Scott akan merilis album? Bentuknya akan full album atau lebih ke EP?
Calum : Well, langkah selanjutkan aku akan merilis single baru. Single itu bakal rilis di akhir tahun, masih belum tahu juga kapan pastinya, tapi bakal rilis di akhir tahun. Dan untuk album, sepertinya bakal rilis di tahun 2017. Karena aku selalu menulis lagu, dan aku merasa ingin orang-orang tidak kecewa dengan karyaku, jadi sampai sekarang aku masih menulis dan menemukan track yang mau aku masukkan ke dalam albumku nanti. Bisa dipastikan album itu akan rilis Summer 2017, kalau melihat waktu yang tinggal sedikit, jadi kurasa tidak lama lagi.

CD : Untuk single selanjutnya, seperti apa lagunya? Apakah ballad juga seperti Dancing On My Own?
Calum : Single terbaru nanti lebih upbeat, happy, dan cheerful. Aku tidak mau pendengarku menganggap aku hanya bisa menyanyi lagu ballad saja. Jadi di lagu ini akan lebih berirama, dan akan membuat orang-orang yang mendengarnya bergerak sesuai dengan beat daripada musik ballad yang membuat orang sedih atau sejenisnya. Aku suka menyanyi lagu ballad, dan akan banyak juga lagu-lagu ballad yang kunyanyikan ke depannya, hanya saja aku ingin orang-orang juga tahu aku bisa menyanyikan lagu cepat juga.

CD : Ada pesan untuk fansmu di Indonesia?
Calum : Yeah, aku mau mengucapkan, aku bersyukur untuk cinta dan dukungannya. Aku belum pernah ke Indonesia, dan aku sering sekali membaca pesan dari fansku di Indonesia. Dan, aku berharap suatu saat mendapatkan kesempatan untuk bisa kesana dan bertemu langsung dengan kalian dan membuat show sekaligus memperdengarkan lagu terbaruku. So, I really looking forward to perform there!

Itu beberapa pertanyaan yang dijawab oleh Calum di Interview yang kita lakukan. Mau denger versi lengkapnya? Dengerin langsung yang disini:

Terima kasih untuk Universal Music Indonesia untuk kesempatan Interview bareng Calum Scott.
Stay tune for more!
Teks, interview and edited by Dundhee.

About The Author

Reply