Quantcast

10 Album KPOP Terlaris Sepanjang 2016

By - 10 months ago in Music News Top 10 Lists

Mengawali tahun baru rasanya tak lengkap tanpa lebih dulu membahas apa saja yang sudah terjadi sepanjang tahun 2016 kemarin. Di industri musik Korea Selatan sendiri, terdapat beberapa hal menarik yang patut dicatatkan dalam sejarah. Salah satunya meningkatnya popularitas boyband dari BigHit Entertainment, BTS yang merilis dua album di awal dan akhir tahun. Tanpa diduga, kedua album dari BTS meledak di pasaran dan membawa groupband dengan 7 member ini meraih dua daesang di tahun 2016, untuk Artist of The Year dan Album of The Year.

Tak hanya BTS, ada 10 album dari sederet groups lain yang juga meraih kesuksesan besar sepanjang tahun 2016. Kesuksesan yang tentunya ditandai dengan jumlah penjualan album yang begitu tinggi. Dibawah ini, kami rangkum daftar 10 Album KPOP Terlaris Sepanjang 2016, check this out!

10.
Kim jaejoong – NO.X

Album NO.X memiliki arti yang istimewa untuk personil boyband JYJ ini dan juga fans. Dirilis pada bulan Februari 2016 lalu, album NO.X merupakan full album kedua dari Jaejoong, dan menjadi lebih istimewa karena album ini sendiri dirilis ketika Jaejoong masih berada di WaMil. Tanpa ada banyak promosi, album dengan title track Love You More ini meraih angka penjualan total 84,868 copy, seperti yang ditunjukan oleh Gaon Chart.

9.
Seventeen – Love & Letter Repackage Album

Boyband besutan Pledis Entertainment ini menjadi salah satu boyband baru yang mencuri banyak perhatian. Dan album repackage yang dirilis pada bulan July lalu ini menjadi salah satu pembuktian diri band beranggotakan 13 orang ini. Pada album Seventeen Love & Letter Repackage, terdapat empat lagu baru, yakni No F.U.N, Healing, Simple, Space, dan VERY NICE yang merupakan track utama. Terjual hingga 89,311 copy, album Love & Letter Repackage ini begitu spesial karena nyaris semua anggota Seventeen turun tangan langsung dalam proses penggarapannya.

8.
GOT7 – Flight Log: Departure

Album yang dirilis pada awal tahun 2016 ini mendetak angka yang tak mengecewakan, 99,977 copy laris terjual dalam jangka waktu satu tahun. Berisi 8 lagu baru, untuk album ini GOT7 begitu aktif mempromosikan dua lagu andalannya, Fly dan Homerun. Meskipun diakui oleh fans, lagu terbaik dari album Flight Log : Departure ini justru adalah Beggin On My Knees. Kalau menurut kalian, yang mana nih? Album Flight Log: Departure dari GOT7 ini pun banyak masuk ke daftar album Kpop R’nB terbaik untuk tahun 2016 di berbagai media, salah satunya dari Billboard.

7.
Infinite – Infinite Only

Mini album keenam Infinite dirilis pada bulan September lalu dan langsung diborong hingga 109,751 copy oleh para Inspirit. Lagu unggulannya, “??” (The Eye) pun memenangkan tiga piala dari acara musik mingguan.

6.
Lay – Lose Control

Album solo pertama dari pentolan boyband papan atas EXO ini sudah dinanti-nantikan sejak tahun kemarin. Dan ketika akhirnya dirilis, album ini pun meraih sukses yang cukup besar. Meski nyaris seluruh lagunya berbahasa Mandarin, album Lose Control ini terjual hingga 129,140 copy di daftar tangga lagu Korea Selatan. Ketika dirilis pada bulan November lalu pun, Lose Control merajai posisi puncak Gaon Chart serta YinYueTai Vchart di Cina. Sukses, Lay!!

5.
Seventeen – Love & Letter

Seventeen bisa dibilang mendulang sukses besar sepanjang 2016. Tak hanya album repackaged Love & Letter yang meraih kesuksesan, untuk album utamanya yang dirilis pada bulan April pun mencetak kesuksesan yang lebih besar lagi. Album yang berisi 12 lagu ini terjual hingga 132,402 copy, yang menjadikan Seventeen sebagai rookie atau group baru tersukses sepanjang 2016. Sama dengan album Repackaged, Love & Letter ini pun melibatkan banyak anggota band Seventeen sebagai pencipta lagu, hingga produser.

4.
Exo – Lotto

Exo merilis album Lotto di bulan Agustus dengan tak banyak ekspektasi. Terutama karena album sebelum-sebelumnya sudah menggapai sukses yang begitu besar. Dengan waktu promosi yang sempit, boyband besutan SM Entertainment ini lebih banyak mempromosikan album Lotto melalui konser yang mereka gelar di seluruh dunia. Walau begitu tetap saja, Lotto berhasil mencapai penjualan 231,434 copy untuk veri Korea dan 119,704 copy untuk versi China.

3.
BTS – The Most Beautiful Moment In Life: Young Forever

BTS merupakan salah satu boyband dengan jumlah fans yang terus meningkat sepanjang tahun 2016. Tak heran bila akhirnya album yang dirilis pada bulan Mei lalu ini mencapai angka penjualan hingga 357,252. Album The Most Beautiful Moment In Life: Young Forever ini pula yang membawa BTS ke Daesang pertamanya, dengan membawa pulang penghargaan Album of the Year dari 8th Melon Music Awards 2016.

2.
EXO – Ex’Act

Ex’Act memiliki 11 lagu dalam satu album, dengan dua lagu menjadi unggulan utama. Monster dan Lucky One, sukses menjadi dua lagu yang menguasai industi musik Korea Selatan sepanjang pertengahan tahun 2016. Impact yang besar dari album ini pun membawa EXO membawa pulang Daesang Album of the Year dari Mnet Asian Music Awards (MAMA 2016). Jumlah total penjualan album Ex’Act ini pun untuk versi Korea adalah 546,068 copy dan versi China dengan 255,805 copy.

1.
BTS Wings

Album Wings bukan hanya sukses di industri musik Korea Selatan saja dengan raihan penjualan album mencapai 681,924 copy. Album yang dirilis pada bulan Oktober lalu ini pun masuk ke dalam daftar 10 album terbaik Billboard serta berada di urutan ketiga sebagai album paling dinantikan versi Billboard untuk bulan Oktober.

extremely loud, music enthusiast, and proud mother of 3 kittens

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Music News | October 17, 2017 By

Tonight Alive Umumkan Album “Underworld” Serta Rilis Lagu Baru”Temple”

Music News | By

Kehlani Rilis Musik Video Dengan Tema Halloween “Touch” Sebagai Bagian Dari Proyek Budweiser

Music News | October 16, 2017 By

Beberapa Hari Sebelum Tur Asia, Ed Sheeran Alami Kecelakaan Saat Bersepeda