10 Cover Lagu Terbaik Dari Grace VanderWaal 'The Next Taylor Swift'

Oleh: naya - 19 Jan 2017

Grace VanderWaal. Nama gadis dari New York ini mulai dikenal setelah memenangkan kompetisi America's Got Talent (AGT) pada usia 12 tahun. Dikenal sebagai musisi, pencipta lagu, ukuleleist, sekaligus Pop Prodigy, Grace VanderWaal memang membuat banyak orang tercenggang dengan kemampuan bermusiknya. Dan tentu juga, karakter suara gadis yang baru saja berulang tahun ke-13 pada 15 Januari ini. Julukan 'The Next Taylor Swift' pun didapat setelah sederet penampilan Grace, baik itu untuk kompetisi America's Got Talent (AGT) atau untuk kanal YouTube pribadinya.

Di atas panggung America's Got Talent (AGT), Grace beberapa kali membawakan lagu yang ia tulis serta ia gubah sendiri. Namun sebelumnya, Grace sudah berkali-kali merekam lagu yang ia tulis sendiri serta cover lagu populer (yang beberapa ia aransemen sendiri) serta mengunggahnya ke YouTube. Itu saja? Kemampuan Grace pun dibuktikan ketika merilis album perdananya, "Perfectly Imperfect" pada 2 Desember 2016, yang track didalamnya masuk dalam chart US Billboard 200 urutan ke-9.

Bila kesuksesan Grace VanderWaal dengan albumnya sudah menjadi sesuatu yang pasti, berikut ini kita akan bahas mengenai sederet cover lagu yang pernah dibawakan oleh Grace VanderWaal.

"Ex’s & Oh’s"

https://www.youtube.com/embed/7SbLtb3vv2s

Lagu dari Elle King ini terasa memiliki makna lebih dalam ketika dibawakan oleh Grace VanderWaal, dengan karakter suaranya yang serak. Permainan ukulele dari gadis remaja 13 tahun ini pun menjadikan cover lagu "Ex’s & Oh’s" ini menjadi favorite banyak orang. Yang uniknya disebut oleh Grace sebagai salah satu cover lagu serta lagu favoritenya pula.

"All About That Bass"

https://www.youtube.com/embed/Gy85aZaYL1A

Grace VanderWaal sekali lagi memastikan kemampuan bermusiknya diusia yang begitu mudah. Lagu milik Meghan Trainor, All About That Bass memang bukan satu lagu yang mudah untuk di-cover dan diaransemen ulang. Terlebih karena ciri khas suara sang penyanyi asli yang begitu kuat. Namun Grace berhasil menyanyikan ulang lagu All About That Bass dan mengubahnya menjadi seakan lagu tersebut.. miliknya sendiri. Satu lagi cover lagu yang dieksekusi dengan begitu baik!

"Riptide"

https://www.youtube.com/embed/azc0m4MOeXg

Di lagu milik Vance Joy ini Grace tak banyak melakukan perubahan pada susunan musik. Terutama karena lagu aslinya sendiri sudah memiliki irama akustik soulful yang begitu kuat. Dan sepertinya, irama tersebut terdengar lebih indah lagi berpadu dengan suara Grace VaberWaal yang memiliki karakter kurang lebih sama.

"Dog Days"

https://www.youtube.com/embed/kDbPhGHWi0o

Video yang nyaris diunggah satu tahun lalu ini mendapatkan setengah juta view di YouTube. Dan tak heran memang bila melihat bagaimana apiknya Grace meramu ulang lagu milik Florence & The Machine ini.

"Breathe Me"

https://www.youtube.com/embed/ZqAye_bLTDo

Harus diakui, membawakan lagu milik penyanyi asli yang memiliki kemampuan olah vokal, karakter suara, serta kerumitan lagu seperti milik Sia menjadi tantangan yang tak semua penyanyi berani ambil. Tapi tidak dengan Grace VaderWaal yang membawakan lagu Breathe Me dengan sebuah kekhasannya sendiri.

"Ready or Not"

https://www.youtube.com/embed/jaYqVHE9_A0

Percaya diri memang menjadi senjata lain dari penyanyi, yang ketika merekam video ini masih berusia 12 tahun tersebut. Tak hanya ingin membawakan lagu-lagu soulful atau pop saja, Grace VanderWaal membawakan lagu Ready or Not dengan nada yang lebih cepat. Tentunya masih dengan ukulele akustik andalannya.

"Back to the Earth"

https://www.youtube.com/embed/P6St75YDAZA

Jason Mraz diakui menjadi salah satu musisi yang memberikan banyak inspirasi untuk Grace VanderWaal. Selain Twenty One Pilots serta Katy Perry. Membawakan lagu milik Jason Mraz ini pun, Grace lagi-lagi membuat para pendengarnya yakin, dialah sang jenius di dunia musik saat ini. The Pop Kid Prodigy

"House of Gold"

https://www.youtube.com/embed/3ONZL2NUJKk

Membawakan lagu Twenty One Pilots, House Of Gold dari album "Vessel". Mengingat Twenty One Pilots adalah salah satu inspirasi bermusik Grace, tak heran bila pada cover kali ini irama di awal lagu sedikit banyak mirip dengan nada upbeat rock di lagu "I Don't Know My Name" yang merupakan salah satu lagu andalan di album "Perfectly Imperfect".

"Jar of Hearts"

https://www.youtube.com/embed/Gm7D2snrXnY

Jadi ada berapa juta cover untuk lagu mega hits Christina Perri, "Jar of Hearts"? Namun dari sekian banyak cover untuk lagu ini, cover lagu milik Grace VanderWaal masih mampu tampil dengan keunikan tersendiri. Tak banyak mengubah aransemen lagu, Grace yang kali ini berpasangan dengan Dylan Kelehan mengandalkan karakter vokalnya yang terasa begitu kuat di lagu satu ini.

"Pity Party"

https://www.youtube.com/embed/_z3ZhXMJ3xY

Lagu dari Melanie Martinez ini sukses dikemas dengan begitu apik oleh gadis yang mengaku lebih banyak mendengarkan musik rock dan punk ini. Dengan suara dan aransemen milik Grace menjadikan lagu Pity Party terasa lebih depresif lagi.

naya
More from Creative Disc