Quantcast

Album of the Day: EXO – For Life

By - 10 months ago in Album of The Day

Sejak pertama kali debut dibawah manajemen SM Entertainment pada 2013 lalu, Exo secara konsisten merilis album Winter Special setiap akhir tahunnya. Mulai dari album Miracles in December pada musim dingin 2013 lalu, yang disusul dengan album Sing For You yang dirilis pada bulan Desember 2015, dan yang terbaru untuk tahun ini adalah album Winter Special For Life.

Sama seperti album-album Exo sebelumnya, mini album yang dirilis pada pertengahan Desember 2016 lalu ini pun menuai kesuksesan besar. Dengan musik video untuk title track For Life yang sudah ditonton hingga 7 juta kali di YouTube. Untuk albumnya sendiri, tanpa banyak promosi dari SM Entertainment sudah terjual hingga 450,000 copy. Ya, berbeda dengan album-album sebelumnya, tak banyak promosi yang dilakukan oleh Exo dan SM Entertainment untuk album ini. Exo pun hingga saat ini belum membawa lagu For Life untuk dipromosikan di acara musik.

Walau begitu, rupanya fans tetap melihat bahwa album Winter Special merupakan salah satu album terbaik dari Exo. Dan inilah yang akhirnya menjadikan angka penjualan album ini begitu tinggi. Exo sendiri memang menggunakan seluruh kemampuan mereka dalam menggubah album For Life ini. Chen, BaekhJyun, DO Kyungsoo nampak semakin menunjukan kematangan olah vokal mereka. Dan di album ini pula, sang rapper Chanyeol pun beberapa kali menunjukan kemampuan menyanyi.

Lebih jauh lagi, dibawah ini adalah review untuk masing-masing lagu di album For Life, yang merupakan album Winter Special dari EXO.

1. For Life

Seperti juga untuk seluruh lagu di album For Life ini, title track For Life pun dihadirkan dalam dua versi berbeda, yakni untuk versi Korea dan versi Mandarin Cina. Di kedua versi ini, suara sang vokalis utama Exo : Kyungsoo, Baekhyun, dan Chen masih mendominasi. Meskipun untungnya, Suho, sang leader juga diberikan bagian yang cukup banyak. Begitupun dengan Chanyeol.

For Life sendiri memiliki nada yang syahdu, cocok didengarkan ketika diluar tengah hujan rintik-rintik sembari menikmati teh hangat. Liriknya pun terdengar begitu manis, sebuah ungkapan cinta pada orang tersayang di hari Natal. Lagu yang rasanya juga masih cocok didengarkan pada bulan Januari.

2. Falling For You

Lagu ini paling memiliki rasa “Exo” diantara semua lagu yang ada di album For Life. Dengan musi yang lebih funky dan up beat, Falling For You memiliki bagian lirik yang nyaris sama untuk semua member dengan bagian vokal dan rap yang seimbang. Lagu yang mampu memberi semangat ketika bangun di pagi hari. Bagian “ohh ah ohh ah” di lagu ini terasa begitu menarik dan dijamin akan terus terdengar di telinga.

3. What I Want For Christmas

Lagu dengan nada yang lebih R’nB ini didominasi oleh Kyungsoo, yang memang memiliki tipe suara yang begitu cocok dengan tipe melodi slow R’nB seperti yang digunakan untuk What I Want For Christmas. Liriknya yang begitu sensual dan menggoda terasa begitu cocok dengan imej yang dibangun EXO sepanjang tahun 2016. Namun tak bisa dipungkiri, lagu What I Want For Christmas terasa janggal bila didengarkan berurutan bersama dengan lagu lain di album For Life ini.

4. Twenty Four

Exo rupanya masih melanjutkan eksperimen bermusik mereka dari album Ex’Act ke album For Life. Musik yang terdengar masih eksperimental ini begitu terasa di track keempat, Twenty Four. Mengusung genre hip hop, trap dan R&B, lagu Twenty Four didominasi oleh Sehun dan Chanyeol, dengan sedikit sumbangan suara dari Kai serta Xiumin. Meski terdengar belum begitu matang, namun anehnya Twenty Four jauh lebih enak didengar bila dibandingkan dengan What I Want For Christmas.

5. Winter Heat

Satu lagi lagu yang terasa paling “EXO” di album For Life ini, Winter Heat. Untuk lagu ini, fans Lay bisa menarik nafas lega karena akhirnya suara sang idola terdengar paling mendominasi. Setelah di empat lagu lain, Lay seakan tak terdengar kehadirannya. Winter Heat mengusung lirik dan musik yang begitu dinamis. Walau belum terasa ada yang spesial dari lagu ini sendiri, beberapa bagian liriknya tetap mampu menghipnotis.

5 track di album For Life diatas hadir dalam versi Korea dan Cina dalam satu album yang sama. Pembagian dan musik untuk kedua jenis versi bisa dikatakan nyaris sama. Tapi, ini Exo dan ini Winter Special Album. Makna dari album ini memang lebih dari sekedar memamerkan musikalitas Exo atau maraup penjualan sebanyak mungkin (terlebih ketika separuh penjualan dari album For Life akan langsung didonasikan). Album For Life menjadi berarti karena menjadi hadiah dari Exo dan SM Entertainment untuk sang penggemar setia, Exo-L.

iTunes

Official Website

TRACKLIST
1. “For Life” 3:58
2. “Falling for You” 3:24
3. “What I Want for Christmas” (sung by: Suho, Baekhyun, Chen, D.O.) 3:22
4. “Twenty Four” (sung by: Xiumin, Chanyeol, Kai, Sehun)3:40
5. “Winter Heat” 3:35

extremely loud, music enthusiast, and proud mother of 3 kittens

Comments

3 Responses to “Album of the Day: EXO – For Life”

  1. yass bish, exo slayed this time. this shit aint fucked me up btw. so glad for this yoo..

  2. Tar says:

    Wah album of the daynya EXO

Leave a Reply

Related Articles

Music News | October 18, 2017 By

Kodaline Rilis EP Baru ‘I Wouldn’t Be’ Serta Musik Video “Ready To Change”

Music News | October 17, 2017 By

Tonight Alive Umumkan Album “Underworld” Serta Rilis Lagu Baru”Temple”

Music News | By

Kehlani Rilis Musik Video Dengan Tema Halloween “Touch” Sebagai Bagian Dari Proyek Budweiser