Quantcast

Album of the Day : Various Artist – Goblin: The Lonely and Great God OST

By - 7 months ago in Album of The Day

Drama Korea memang tak melulu menghadirkan kisah cinta menye-menye dengan berbagai bumbu-bumbu melodrama yang menyedihkan. Banyak drama dari Korea ini pun memberikan musik-musik original, yang dibawakan oleh penyanyi dari berbagai genre dan generasi. Selain jalan cerita hingga deretan pemain yang memeriahkan drama-drama Korea tersebut, lagu-lagu yang menjadi soundtrack pun merupakan daya tarik utama. Begitu juga untuk drama Korea “Goblin: The Lonely and Great God” atau ‘Dokkaebi’ (nama original) yang pertama kali dirilis awal Desember 2016 lalu.

“Goblin” menjadi sebuah drama paling menarik yang tak hanya diikuti oleh penonton dari negeri asalnya saja, namun juga dari seluruh dunia – yang tentu saja termasuk juga Indonesia. Dibintangi oleh aktor top Korea Selatan, Gong Yoo yang berpadu akting dengan Kim Go Eun. Kehadiran aktor lain seperti Lee Dong Wook dan Yoo In-Na menjadikan drama satu ini menjadi semakin berwarna. Soundtrack Goblin sendiri, dirilis secara bertahan sepanjang 16 episode penayangan drama. Untuk masing-masing episode dirilis satu lagu yang paling banyak diputar sebagai latar di episode tersebut. Lagu terakhir yang dirilis adalah lagu yang tema yang menjadi pembuka dari seluruh rangkaian drama Goblin ini.

Yang pertama dirilis adalah lagu soundtrack Part 1 dari rapper boyband papan atas Exo, Chanyeol dengan Punch, yang sudah malang melintang sebagai penyanyi lagu-lagu soundtrack drama dan film. “Stay With Me” dirilis bersamaan dengan penayangan episode pertama Goblin dan langsung mendapat banyak sekali perhatian. Lagu ini menjadi latar pembuka pertemuan Kim Shin (Gong Yoo) dengan sang pengantin Goblin, Ji Eun-Tak (Kim Go Eun). Lirik lagu ini pun terasa semakin mengena ketika dipadankan dengan scene ketika Ji Eun-Tak, sang pemeran utama yang berusaha terus memanggil Kim Shin, yang adalah Goblin itu sendiri.

Di episode kedua dirilis soundtrack dari 10cm, “My Eyes“. Lagu ini memiliki tempo lebih cepat dengan lirik yang terasa lebih ceria. Pas sekali menggambarkan perasaan sang pemeran utama yang mulai merasakan rasa tertatik dengan satu sama lain. Lagu ini seakan menjadi sebuah lagu cinta manis yang cocok didengarkan di sore hari.

Minggu berikutnya, Goblin merilis dua lagu untuk soundtrack episode 3 dan 4. Ada lagu “Hush”  dari Lasse Lindh serta lagu “Beautiful” yang dinyanyikan oleh soloist papan atas, Crush. Kedua lagu ini memiliki tema yang kurang lebih sama, menggambarkan perasaan ketika jatuh cinta dan betapa indahnya hidup dengan cinta. Meskipun kamu adalah The Lonely and Great God, Goblin yang sudah hidup selama 947 tahun.

Untuk episode 6 ada lagu dari penyanyi pendatang baru, Sam Kim yang menarik banyak perhatian, “Who are you.” Lagu ini sempat duduk di peringkat pertama tangga lagu Korea Selatan selama berminggu-minggu dan mengangkat nama Sam Kim menjadi penyanyi soloist dengan banyak penggemar. Setelah Crush, 10cm, dan Punch, soundtrack drama Goblin pun diramaikan dengan Soyou, yang sudah begitu dikenal sebagai penyanyi dengan hits sukses. Soyou membawakan lagu “I Miss You”  untuk episode 7. Lagu ini sendiri nantinya sering muncul juga di episode-episode lain. Lirik melankolis dan irama lagu yang begitu mendayu memang seakan cocok untuk kisah percintaan manusia dan Goblin di drama ini.

Ailee serta Urban Zakapa menyumbangkan masing-masing satu lagu untuk episode 9 dan 10. Lagu “I Will Go to You Like the First Snow” menjadi pengiring untuk beberapa bagian paling menyedihkan di episode ini (dan juga di beberapa episode-episode selanjutnya). Lagu yang berkisah mengenai perpisahan dan dibawakan dengan suara Aillee yang begitu berkarakter menjadikan lagu ini memiliki makna yang melekat. Tak heran bila di Gaon Chart, lagu ini masih menjadi yang nomor satu. “Wish” dari Urban Zakapa menjadi lagu berikutnya yang menempati posisi atas.

Selain nama-nama tersebut, masih ada lagu dari girlgroup yang tengah naik daun saat ini, Mamamoo “Love,” Roy Kim , Kim EZ (GGot Jam Project) “Heaven”, Han Soo Ji “Winter is Coming”, Kim Kyung Hee vokalis dari band April 2nd yang membawakan dua lagu “Stuck in love” dan “And I’m Here.”

Lagu terakhir yang dirilis adalah dari Heize feat Han Soo Ji, “Round and Round” yang awalnya dikira akan berjudul “Never Far Away.” Lagu ini menjadi lagu yang paling ditunggu karena terus diputar pada scene pembuka drama Goblin dan beberapa adegan penting lain.

Begini nantinya tampilan album soundtrack Goblin

Untuk albumnya sendiri, pendengar tak hanya dimanjakan denga sederet lagu-lagu berkualitas dari artis, soloist, hingga boyband dan girlband terkenal yang menyumbangkan suaranya, namun juga adanya berbagai bonus yang disertakan. Misalnya saja adanya narasi dari sang aktor pemeran utama, Gong Yoo. Kemudian ada booklet dan photobook yang menampilkan foto yang belum pernah dirilis sebelumnya dari behind the scene. Album pun datang dengan tambahan CD untuk instrumen.

Tracklist :

  1. Stay With Me – Chanyeol (EXO) & Punch
  2. My Eyes – 10cm
  3. Hush – Lasse Lindh
  4. Beautiful – Crush
  5. You`re Pretty – Eddy Kim
  6. Who Are You – Sam Kim
  7. I Miss You – Soyou (Sistar)
  8. The First Snow – Jung Joonil
  9. I Will Go to You Like The First Snow – Ailee
  10. Wish – Urban Zakapa
  11. And I’m Here – Kim Kyung Hee (April 2nd)
  12. Stuck In Love READY – Kim Kyung Hee (April 2nd)
  13. Winter Is Coming – Han Soo Ji
  14. Heaven – Roy Kim & Kim EZ (GGot Jam Project)
  15. Love – Mamamoo
  16. Round and Round – Heize & Han Soo Ji

extremely loud, music enthusiast, and proud mother of 3 kittens

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Music News | August 20, 2017 By

Pasangan aktor dan Model Lee Sung Kyung dan Nam Joo Hyuk Dipastikan Putus

Music News | By

Taeyeon ‘Girls’ Generation’ Tuding Kejadian Di Jakarta Kesalahan Manajemen

Music News | August 17, 2017 By

Wanna One Rajai Peringkat Puncak Gaon Chart Dengan Album Debut “1×1=1 (To be One)”