Quantcast

Album of the Day: Various Artists – Moana (Original Motion Picture Soundtrack)

By - 5 months ago in Album of The Day

Released by: Universal Music

Siapa yang sudah menyaksikan “Moana“? Film animasi Walt Disney kedua yang dirilis di tahun 2016 lalu setelah “Zootopia” (di luar “Finding Dory” yang sejatinya adalah produksi Pixar)? Banyak yang menyebutkan dengan dua film Disney kembali sukses dalam menghadirkan sebuah film animasi yang tidak hanya menghibur dan bisa ditonton, namun juga memiliki kedalaman serta pesan sosial yang cukup bermakna di dalam ceritanya. Namun, berbeda dengan “zootopia”, maka dalam “Moana” Disney kembali ke narasi tradional mereka, yaitu penggabungan drama dengan musikal. Oleh karenanya tidak heran jika filmnya dihiasi oleh banyak lagu-lagu yang selain bisa dinikmati saat menonton filmnya, namun juga bisa disimak kapan saja dalam sebuah album soundtrack.

Soundtrack “Moana” tergolong istimewa, karena selain komposer kenamaan Mark Manchina (“Tarzan”, “Brother Bear”, “Planes”) yang bertugas sebagai penata musik, untuk urusan lagu film hadir Lin-Manuel Miranda, yang namanya tenar berkat pertunjukkan Broadway sukses “Hamilton”, dan Opetaia Foa’i, penggerak kumpulan pengusung musik Pasifik Te Vaka. Perpaduan tiga nama inilah yang menjadi penggerak dari Original Motion Picture Soundtrack untuk “Moana”.

Album terdiri atas dua keping, yang masing-masing terdiri atas puluhan track, meski sebagian besar dari mereka adalah musik latar atau skoring film gubahan Manchina. Bagi penggemar musik skoring film, apalagi animasi, maka jelas “Moana” tak bisa dilewatkan. Fusi antara nuansa kontemporer megah sinematik bergabung dengan motif etnik Pasifik Selatan, sesuai dengan seting film, serta melodi anthemik ala Broadway menjadi andalan. Bagi yang sudah menyaksikan filmnya, mendengarkan lagu-lagu ilustrasi yang terdapat dalam album sepertinya akan kembali membawa kenangan akan filmnya.

Oke. Sekarang masuk ke dalam lagu-lagunya. Sebagaimana halnya dengan skoring, maka lagu-lagu dalam “Moana” pun memiliki pendekatan serupa: Broadway bertemu Pasifik. Sebagai musikal, lagu-lagu jelas juga berperan penting sebagai salah satu unsur narasi, maka lagu-lagu “Moana” pun memiliki tugas seperti itu.

Album dibuka dengan prolog ‘Tulou Tagaloa’ yang dinyanyikan Olivia Foa’i. Interlude yang pas sebagai pengantar untuk memasuki album. Saat kemudian ‘An Innocent Warrior’ menyusul, kemegahan segera merasuk dengan harmonisasi vokalnya. Sedang ‘Where You Are’ sudah cenderung masuk ke ranah kontemporer secara komposisi, meski tetap tidak melupakan motif etnik tadi. Ini adalah jenis lagu yang pastinya akan segera diasosiasikan dengan animasi Disney karena mengusung melodi cerah, upbeat dan ceria. Selain Auli’i Cravalho, yang masih berusia 14 tahun bertugas sebagai pengisi suara karakter Moana, terselip juga nama Nicol Scherzinger di dalamnya sebagai salah satu penyanyi lagu. Tidak heran karena Nicole juga menjadi salah satu pengisi suara, berperan sebagai ibunda Moana.

Jika penasaran dengan lagu yang terdengar di trailer “Moana”, maka jangan takut karena album ini menghadirkan lagu pop-folk tersebut, ‘Logo Te Pate’. Sedang lagu yang dinyanyikan oleh Dwayne “The Rock” Johnson, ‘You’re Welcome’, pun bisa disimak kembali. The Rock yang berperan sebagai Maui, seorang demigod yang membantu Moana dalam petualangannya, ternyata cukup mulus menjalankan tugasnya, meski mungkin secara vokal tidak terlalu istimewa. Tetap saja, lagunya sangat menyenangkan untuk ditonton. Eh, maksudnya didengar.

Tentunya apalah arti sebuah film animasi Disney tanpa lagu tema utama. Maka “Moana” menghadirkan ‘How Far I’ll Go’ yang ditulis langsung oleh Lin-Manuel Miranda. Auli’i Cravalho tentunya bertugas menyanyikan lagunya untuk versi film. Karena bagian dari musikal, Auli’i Cravalho menyanyikan lagunya cenderung sebagai dialog, ketimbang nyanyian konvensional. Sebagai aktris dan juga penyanyi, sang gadis remaja bisa dikatakan sukses meniupkan jiwa dan emosi pada lagu self-empowerment yang antemik ini.

Untuk versi yang lebih nge-pop dan “less-musical” hadir versi penyanyi yang namanya tengah menanjak, Alessia Cara, dan menjadi pengiring saat credit-title memenuhi layar di penghujung film. Meski aransemen latar terdengar cukup berbeda, yang memadukan antara electro-pop dan tropikal, namun secara esensi lagu tetap sama. Hanya saja, mungkin hanya masalah selera, mana yang lebih suka didengar, versi Auli’i Cravalho atau Alessia Cara.

Untuk edisi Asia, di keping kedua album kita juga bisa mendengarkan lagu ‘How Far I’ll Go’ dalam bahasa lokal serta dinyanyikan oleh penyanyi yang memakai bahasa tersebut. Untuk Indonesia, ada penyanyi dan aktris cantik Maudy Ayunda yang menyanyikan ‘Seb’rapa Jauh Ku Melangkah’. Aransemen versi Maudy Ayunda cenderung mengikuti versi film. Hadir juga ‘Bawaku Berkelana’, versi Malaysia yang dinyanyikan oleh Ayda Jebat dan ‘Hang-Pieng-Dai’ versi Thailand yang dinyanyikan oleh Myra Molloy.

Secara umum, soundtrack “Moana” adalah kumpulan lagu yang indah, melodik, harmonik, dramatik, sinematik dan inspiratif. Lagu-lagu sebagain besar gampang dicerna dan mudah dinyanyikan. Sebuah album “inspirasonal” yang rasanya tak bosan untuk didengar ulang, lagi dan lagi, selain tentunya mitra atau tandem sempurna dari salah satu film animasi terbaik tahun 2016, “Moana”.

iTunes

iTunes

TRACKLIST
Disc 1
1. “Tulou Tagaloa” Olivia Foa’i
2. “An Innocent Warrior” Vai Mahina, Sulata Foai-Amiatu & Matthew Imeleo
3. “Where You Are” Christopher Jackson, Rachel House, Nicole Scherzinger, Auli’i Cravalho & Louise Bush
4. “How Far I’ll Go” Cravalho
5. “We Know the Way” Opetaia Foa’i & Lin-Manuel Miranda
6. “How Far I’ll Go (Reprise)” Cravalho
7. “You’re Welcome” Dwayne Johnson
8. “Shiny” Jemaine Clement
9. “Logo Te Pate” O. Foa’i, Op. Foa’i & Talaga Steve Sale
10. “I Am Moana (Song of the Ancestors)” House & Cravalho
11. “Know Who You Are” Cravalho, Mahina, O. Foa’i, Op. Foa’i & Imeleo
12. “We Know the Way (Finale)” Lin-Manuel Miranda, Opetaia Foa’i
13. “How Far I’ll Go” (Alessia Cara version)
14. “You’re Welcome” (featuring Lin-Manuel Miranda)
15. “Prologue” Mark Mancina
16. “He Was You” Mancina
17. “Village Crazy Lady” Mancina
18. “Cavern” Mancina
19. “The Ocean Chose You” Mancina
20. “The Hook” Mancina
21. “Tala’s Deathbed” Mancina
22. “Battle of Wills” Mancina
23. “Kakamora” Mancina
24. “Wayfinding” Mancina
25. “Climbing” Mancina
26. “Tamatoa’s Lair” Mancina
27. “Great Escape” Mancina
28. “If I Were the Ocean” Mancina
29. “Te Ka Attacks” Mancina
30. “Maui Leaves” Mancina
31. “Heartache” Mancina
32. “Tala Returns” Mancina
33. “Sails to Te Fiti” Mancina
34. “Shiny Heart” Mancina
35. “Te Fiti Restored” Mancina
36. “Hand of a God” Mancina
37. “Voyager Tagaloa” Mancina
38. “Toe Feiloa’i” Mancina
39. “Navigating Home” Mancina
40. “The Return to Voyaging” Mancina

Disc 2
1. “Seb’rapa Jauh Ku Melangkah” Maudy Ayunda
2. “Bawaku Berkelana” Ayda Jebat
3. “Hang-Pieng-Dai (Thai Version)” Myra Molloy
4. “Unstoppable” (outtake) Lin-Manuel Miranda
5. “More” (outtake) Marcy Harriell
6. “More (Reprise)” (outtake) Harriell
8. “Warrior Face” (outtake) Miranda
9. “Where You Are” (demo) Miranda
10. “You’re Welcome” (demo) Miranda
11. “Shiny” (demo) Miranda
12. “Prologue” (score demo) Mark Mancina
13. “Village Crazy Lady” (score demo) Mancina
14. “Cavern” (score demo) Mancina
15. “Kakamora” (score demo) Mancina 3:58
16. “It’s Called Wayfinding” (score demo) Mancina 0:53
17. “Sea Monsters” (score demo) Mancina
18. “Maui Leaves” (score demo) Mancina 2:04
19. “Sails to Te Fiti” (score demo) Mancina 1:37
20. “Maui Battles” (score demo) Mancina 1:57
21. “How Far I’ll Go” (instrumental) Moana Karaoke 2:44
22. “You’re Welcome” (instrumental) Moana Karaoke 2:44

Love Film. Love Books. And Everything in Between.

Comments

One Response to “Album of the Day: Various Artists – Moana (Original Motion Picture Soundtrack)”

  1. Jojo Nozuka says:

    How Far I’ll Go (Alessia Cara version) lagu favorite saia sama anak juga suka lagu ini

Leave a Reply

Related Articles

Music News | May 23, 2017 By

Liam Gallagher “Oasis” Akan Gelar Konser Perdana Di Jakarta

Music News | By

Single Kolaborasi Kygo Dan Ellie Goulding, ‘First Time’, Rilis Videonya

Music News | By

Peringati 20 Tahun ‘My Heart Will Go On’, Celine Dion Mempesona Billboard Music Awards 2017