Quantcast

Album of the Day: Various Artists – Sing (Original Motion Picture Soundtrack)

By - 6 months ago in Album of The Day

Released by: Universal Music Indonesia

Film-film animasi Amerika di luar rilisan Disney biasanya jarang sekali menyentuh ranah musikal. Namun kini ada “Sing”, sebuah film animasi terbaru rilisan Illumination Entertainment yang sebelumnya sukses dengan film-film seperti “Despicable Me”, “Minions” dan “The Secret Life of Pets”. Mungkin “Sing” tidak benar-benar musikal dalam konteks tradisonal. Hanya saja, dengan berkisah tentang ajang pencarian bakat, terutama di bidang tarik suara, maka tentu saja film menghadirkan banyak lagu yang kemudian terhimpun dalam album ” Sing (Original Motion Picture Soundtrack)“.

Para artis beken yang mengisi suara film “Sing”, pun sebagian besar bertugas menyanyikan soundtracknya, seperti Reese Witherspoon yang berperan sebagai babi ibu rumah tangga yang mencoba peruntungannya di dunia menyanyi, Rosita; Taron Egerton sebagai gorila preman bernama Johnny; Scarlett Johansson sebagai landak punk-rocker, Ash; Seth MacFarlen sebagai tikus kecil bersuara emas, Mike; dan Tory Kelly sebagai gajah pemalu penderita demam panggung, Meena. Tidak ketinggalan ada tambahan extra-cameo dari Jennifer Hudson.

Beberapa nama memang sudah dikenal sebagai penyanyi, seperti Tory Kelly, Scarlett Johansson dan Jennifer Hudson, sehingga seharusnya tak perlu diragukan lagu kualitas vokalnya. Bagaimana dengan yang lain? Yang notabene lebih dikenal sebagai aktor ketimbang penyanyi? Ternyata sebagian besar dari mereka menyimpan kejutan menyenangkan.

Contohlah aktor/komedian/sutradara Seth MacFarlane. Ternyata vokalnya memang bagus dan membawkakan lagu-lagu pop lawas seperti ‘Let’s Face The Music and Dance’ yang bercorak swing big band dengan mulus atau lagu klasik ‘My Way’ dengan tak kalah dibandingkan Frank Sinatra misalnya.

Begitu juga dengan aktor muda ganteng Taron Egerton. Ia menyanyikan ‘The Way I Feel Inside’ yang dulunya merupakan lagu milik The Zombies rilisan 1965. Mungkin karena pada dasarnya ia seorang aktor, maka tidak heran jika ia mampu meniupkan emosi dalam lagu lembut ini. Saat menyanyikan lagu yang lebih up-tempo, ‘I’m Still Standing’ milik Elton John, ia mampu menaklukkan lagu penuh dinamika ini dengan cukup mulus.

Bagaimana dengan Reese Witherspoon? Sebenarnya vokalnya tidak terlalu istimewa, namun karena ia “diberi tugas” lagu-lagu yang ringan, seperti ‘Shake It Off’ milik Taylor Swift atau ‘Venus’ (versi Bananarama), yang berirama dance, maka ia pun bisa menunaikan tugasnya dengan baik. Sedang Scarlett Johansson sendiri terbiasa menyanyikan pop-folk-eklektik, namun kali ini harus menyanyikan lagu rock bertempo cepat dan intens. Meski terkadang terdengar agak “maksa”, namun bolehlah. Apalagi ia berkesempatan menyanyikan lagu orisinal (‘I Don’t Wanna’ dan ‘Set It All Free’), sehingga menjadi nilai lebih karena memiliki tantangan yang lebih berat ketimbang cover-version.

Tory Kelly berkesempatan menyanyikan lagu klasik milik Leonard Cohen, ‘Hallelujah’, yang tentunya tidak mengherankan dibawakan dengan sangat menyentuh olehnya. Ia sekali lagi membawakan lagu tersebut, namun kali ini berduet dengan Jennifer Hudson, sehingga hasilnya sebagaimana diduga menjadi sangat dahsyat. Hudson sendiri menyumbangkan suaranya di satu lagu lain, yaitu mash-up lagu-lagu The Beatles ‘Golden Slumbers / Carry That Weight’ yang dinyanyikan secara balada megah dan dramatis.

“Sing” tidak hanya menampilkan lagu-lagu yang dinyanyikan oleh pengisi suaranya, namun sebagaimana album soundtrack film biasanya, ada beberapa lagu yang tampil menghiasi adegan. Untuk kepentingan ini, film menyediakan banyak lagu lawas populer, seperti ‘Bamboléo’ Gypsy King, ‘The Wind’ Cat Stevens atau ‘Under Pressure’ yang dinyanyikan Queen bersama David Bowie.

Sedang untuk lagu orisinal, sekaligus lagu tema film adalah duet antara dua penyanyi lintas generasi, Stevie Wonder bersama Ariana Grande, yang menyanyikan lagu buah karya Ryan Tedder dan Benny Blanco, ‘Faith’. Lagu pop-soul yang funky ini dengan sangat kompak menampilkan kolaborasi antara Wonder dan Grande.

Oh ya, karena ini adalah film yang berkisah tentang acara pencarian bakat, tentunya ada montase audisi pula, sehingga tidak heran jika ada lagu medley berjudul ‘Audition’ yang dinyanyikan oleh para pengisi suara yang berisi lagu-lagu seperti ‘Bad Romance’, ‘Kiss From A Rose’, ‘Anaconda’, ‘Asereje’, ‘Stay with Me’, ‘Fireworks’ dan banyak lagi, yang merangkum banyak lagu populer. Lagu ini pasti lebih berkesan jika sudah menyaksikan adegan dalam filmnya. Plus, lagu gimmick ‘OH.MY.GOSH’ yang pada dasarnya adalah remix dari ‘Anaconda’ Nicki Minaj.

Secara umum “Sing (Original Motion Picture Soundtrack)” adalah album penuh warna. Pilihan lagunya berkisar antara lawas hingga kekinian. Mulai dari swing hingga EDM, sehingga seharusnya bisa menjadi penghibur yang manis. Tidak kalah dibandingkan dengan filmnya, tentu saja. Jadi, selepas menyaksikan filmnya, mendengarkan album soundtracknya akan kembali mengingatkan adegan-adegan seru filmnya. Sedang bagi yang belum, rasa-rasanya album akan menarik perhatian untuk segera beranjak ke bioskop dan menyaksikannya. Sedang bagi yang kurang tertarik untuk menontonnya, album ini tetap saja menyenangkan untuk didengar, karena album yang berisi lagu-lagu lintas generasi sangat jarang bisa disimak.

iTunes

iTunes

TRACKLIST
1. “Faith” Stevie Wonder featuring Ariana Grande 2:42
2. “Gimme Some Lovin'” The Spencer Davis Group 2:54
3. “The Way I Feel Inside” Taron Egerton 1:28
4. “Let’s Face the Music and Dance” Seth MacFarlane 2:54
5. “I Don’t Wanna” Scarlett Johansson & Beck Bennett 1:24
6. “Venus” Reese Witherspoon & Nick Kroll 2:30
7. “Auditions” Sing Cast 2:47
8. “Around the World” Señor Coconut & his Orchestra 2:46
9. “Bamboléo” Gipsy Kings 3:25
10. “The Wind” Cat Stevens 1:43
11. “Hallelujah” Tori Kelly 3:27
12. “Under Pressure” Queen featuring David Bowie 4:05
13. “Shake It Off” Kroll & Witherspoon 2:00
14. “I’m Still Standing” Egerton 3:07
15. “Set It All Free” Johansson 3:34
16. “My Way” MacFarlane 4:16
17. “Don’t You Worry ’bout a Thing” Tori Kelly 4:01
18. “Golden Slumbers / Carry That Weight” Jennifer Hudson 3:40
19. “Out to Lunch (End Titles)” Joby Talbot 4:24
20. “Listen to the Music” Tiki Pasillas 2:15
21. “Hallelujah” (duet version) Jennifer Hudson & Tori Kelly 3:28
22. “Don’t You Worry ’bout a Thing” (acoustic version) Tori Kelly 3:17
23. “OH.MY.GOSH” The Bunnies 2:11

Love Film. Love Books. And Everything in Between.

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Music News | June 27, 2017 By

BoA Kembali Kembali Dengan Banger Terbarunya, ‘Camo’

Music News | By

Liam Gallagher Bawakan ‘Don’t Look Back In Anger’ Di Glastonbury

Music News | By

Beyonce Dominasi Daftar Pemenang BET Awards 2017