Quantcast
Album of the Day: Warpaint – Heads Up – Creative Disc

Album of the Day: Warpaint – Heads Up

Mengaku mendapatkan inspirasi dari musik R&B dan hip-hop seperti Erykah Badu, OutKast, hingga Kendrick Lamar, sungguh sempat dibuat penasaran dengan album ketiga milik grup band nan digawangi oleh para wanita ini. Single “New Song” tentu memuntahkan energi riang yang membuat pinggang menolak untuk sekedar diam saja. Lantas bagaimana album ini secara keseluruhan?

Dalam rangka menyokong promosi album “Heads Up”, Warpaint menjalankan tur yang akan singgah bulan Februari 2017 di Jakarta. Jika memang tiket telah ditangan, dan beberapa panduan sudah kita siapkan. Menyimak album terbaru ini tentu harus pula dikhatamkan dengan sebaik-baiknya.

Kendati mengusung “New Song” sebagai single pertama yang penuh keceriaan. Namun secara keseluruhan pada album ini, Emily (gitar/vokal), Theresa (gitar/vokal), Jenny (bass/vokal), dan Stella (drum) tetaplah menjadi diri mereka sendiri. Album “Heads Up” masih dikuasai lagu-lagu dengan tempo yang lambat. Menjadikannya alasan yang tepat untuk leyeh-leyeh sore dengan secangkir minuman soda ditangan.

Ketukan drum Stella sungguh demikian sabar tanpa merasa ini penuh ujian. “Whiteout” adalah contoh yang cocok dengan perumpamaan tersebut. Jika corak hati anda tak begitu baik, alih-alih meledak, mendengarkannya mampu menyelematkan diri dari penyakit darah tinggi. Cooling down. Eksplorasi dibiarkan begitu mengalir, seperti pada “The Stall”, terdengar celetukan “cool, lets try it..”.

Bagaimana mereka sedemikian santai? Mungkin saja karna sebelum pengerjaan “Heads Up” mereka telah melepaskan ego melalui proyek sampingan di tahun sebelumnya. Dampaknya tentu positif dalam album, tak ada silabus mata-kuliah Dasar-dasar Mendengarkan Warpaint yang terasa dipaksakan. Warpaint ya beginilah adanya.

Pada lagu “Heads Up” sebagaimana judul album ini juga. Ada kejutan yang menarik. Ada upaya untuk membawa corak musik mereka menjadi lebih nakal. Tak hanya semata-mata murung. Bagaimana jalur-nada bass milik Jenny bisa begitu membius pada lagu ini. Jenny dan Stella pada bagian pengatur tempo memang harus diacungi jempol.

you got the moves, bang bang baby” adalah sepotong lirik mudah-ingat yang sepertinya akan berbeda jika dipakai dalam balutan jedag-jedug EDM kesekarangan. Pada Warpaint lirik ini terdengar menggoda namun tak berusaha liar. Nah, “So Good” yang berada ditengah set album, juga menjadikan Warpaint sebagai salah satu musik-pengisi pesta taman belakang di sore hari.

Sisa trek lain bukan berarti tak berkesan, namun bagi saya sebagian materi album ini masih memegang ciri utama musik Warpaint. Bagus tentu. Namun pilihan lagu yang lebih riang seperti yang saya ceritakan diatas perlu mendapatkan perhatian lebih. Karna saya tak mau terhanyut dikit-dikit-baper jika mendengar lagu-lagu lambat-merapat yang mengisi sebagian album “Heads Up”.

Tuh, judul albumnya saja sudah mengajak kita untuk tak menundukkan kepala lagi sepanjang konsernya bulan depan.

iTunes

iTunes

Official Website

TRACKLIST
1. “Whiteout” 4:42
2. “By Your Side” 4:32
3. “New Song” 4:16
4. “The Stall” 4:55
5. “So Good” 5:59
6. “Don’t Wanna” 3:42
7. “Don’t Let Go” 4:21
8. “Dre” 3:58
9. “Heads Up” 4:57
10. “Above Control” 5:05
11. “Today Dear” 4:49

About The Author

Reply