Quantcast
Norwegia Jadi Negara Pertama Yang Menutup Saluran FM Radio Untuk Beralih Ke Digital – Creative Disc

Norwegia Jadi Negara Pertama Yang Menutup Saluran FM Radio Untuk Beralih Ke Digital

Saluran radio FM memang sudah mulai banyak ditinggalkan di banyak negara. Tapi sepertinya Norwegia yang bakal menjadi negara pertama, yang maju dengan berani untuk menutup semua saluran FM radio yang berada dibawah pengawasan negara. Nantinya, semua saluran radio yang ada di negara tersebut akan menggunakan sistem digital.

Era teknologi digital memang membawa banyak sekali perubahan, yang mana menuntut pengorbanan. Dan pengorbanan pertama yang akan diberikan demi eksistensi digital ini adalah saluran FM radio. Norwegia, menjadi negara pertama yang akan memutus semua saluran radio FM mulai 11 Januari nanti. Niatan untuk menutup siaran radio ini sendiri sudah diumukan pada 2015 lalu. Tapi tentu saja memerlukan banyak sekali persiapan hingga akhirnya baru resmi diefektifkan per tanggal 11 Januari.

Saat ini, Norwegia membawahi 5 saluran FM radio resmi, 3 saluran siaran umum, serta 2 saluran FM radio khusus untuk iklan. Dan semua jenis saluran tersebut mulai pertengahan Januari akan beralih menjadi saluran digital.

Alasan pergantian saluran radio dari manual FM ke digital salah satunya adalah biaya. Seperti dijelaskan oleh pemerintah Norwegia, dengan harga yang sama dengan saluran FM bisa mendapatkan kualitas siaran digital yang lebih banyak dan lebih baik. Dan ini pula yang rupanya menjadikan beberapa negara berniat untuk melakukan yang sama.

“Dari semua negara, Inggris menjadi negara yang paling berniat untuk mengganti saluran radio menjadi digital, setelah pendengar melebihi 50 persen dari total. Yang mana bisa dicapai pada akhir 2017 nanti,” ungkap pembicara Digital Radio U.K., Yvette Dore seperti disadur oleh CBC.

Lalu menurut kamu, kapan Indonesia bakal melakukan yang sama dan menutup saluran radio FM untuk beralih menjadi saluran digital pula?

Sebagai referensi layanan streaming di Indonesia, kamu bisa baca artikelnya di sini.

About The Author

Reply