10 Boy Group Dengan Penjualan Terbanyak Sepanjang Masa

Oleh: naya - 26 Feb 2017

Setelah sebelumnya kita membahas mengenai girl group dengan penjualan terbanyak sekarang saat ini kita mengulik list yang sama untuk boy group. Sedikit berbeda dengan girl group, penjualan album dan single yang diraih oleh boy group memiliki lebih banyak dinamika. Dan pastinya angka penjualan yang beberapa persen lebih tinggi pula bila dibandingkan dengan raihan dari girl group.

Tak perlu berlama-lama lagi, ini dia urutan 10 boy group dengan penjualan paling banyak sepanjang masa.

10. Take That (45 juta kopi)

Boy group dari Inggris ini pernah begitu dikenal di jamannya. Sederet album pun sukses mereka telurkan dan meraih kesuksesan yang besar. Masa eksistensi panjang, jadi salah satu alasan kesuksesan dari group yang saat ini tersisa tiga orang member tersebut. Gary Barlow, Howard Donald, dan Mark Owen tak hanya sukses dengan album serta single yang mereka rilis, namun juga membawa pulang sederet penghargaan.

Group yang merilis 8 studio album selama masa aktif dari tahun 1996 hingga 2016 ini mencatatkan angka penjualan 45 juta kopi. Yang mungkin akan bertambah mengingat baru saja merilis album baru Wonderland di tahun ini.

Lagu hits : How Deep is Your Love, The Flood, Patience, Giants (2017)

https://www.youtube.com/embed/CTqabbIPfc0


9. Westlife (50 juta kopi)

Rasanya tak ada 90's babes yang tak mengenal boy group satu ini. Westlife taking over the world melalui musik ear catching sejak tahun 1998. Nicky Byrne, Kian Egan, Mark Feehily, Shane Filan, dan Brian McFadden merilis sederet album yang semuanya meraih sukses. Lagu-lagu mereka menjadi hot tracks  di seluruh dunia, bahkan hingga bertahun-tahun kemudian.

Selama masa 14 tahun karirnya, sebelum akhirnya resmi bubar di tahun 2012, Westlife sudah merilis 10 full studio album, dengan puluhan track sukses. Memilih lagu hits terbaik dari Group ini tentu bukan sebuah perkara yang mudah.

Lagu hits : If I Let You Go, My Love, Uptown Girl, Flying Without Wings

https://www.youtube.com/embed/0HTexqxo1og


8. *NSYNC (55 juta kopi)

Group dari era boyband tahun 90-an ini sering kali dianggap sebagai pesaing dari Westlife. Ketika Westlife meraih popularitas diantara pada gadis tahun tersebut, *NSYNC rupanya meraih angka penjualan album yang lebih tinggi. Dalam 7 tahun karirnya, dengan 4 full studio album, Justin Timberlake, JC Chasez, Chris Kirkpatrick, Joey Fatone, dan Lance Bass mencatat 55 juta kopi album terjual.

Lagu hits : Bye Bye Bye, It's Gonna Be Me, I'll Never Stop, Thinking Of You, Girlfriend

https://www.youtube.com/embed/6thmPrTxBtI

7. Boyz II Men (60 juta kopi)

Boyz II Men! Tak berlebihan rasanya bila menyebut group ini sebagai salah satu titik balik bangkitnya eksistensi boy group di seluruh dunia. Boyz II Men pertama kali dibentuk di tahun 1985 dan mampu mempertahankan eksistensi hingga saat ini. Catatan 11 album yang diraih mencatatkan penjualan hingga 60 juta kopi.

Dimulai dengan 5 orang member, saat ini Boyz II Men tinggal tersisah Nathan Morris, Shawn Stockman, dan Wanya Morris. Album terakhir mereka, "Collide" pun meraih sukses besar, yang diikuti dengan sederet tur pada tahun tersebut.

Lagu hits : End of The Road, I'll Make Love To You, On Bended Knee, 4 Seasons of Loneliness

https://www.youtube.com/embed/zDKO6XYXioc


6. The Monkees (65 juta kopi)

Band asal Amerika Serikat ini memulai eksistensi dengan masa yang begitu panjang. Pertama kali muncul di industri hiburan pada tahun 1965 dan mengalami masa hiatus hingga kembali pada tahun 2011 lalu, The Monkees membuktikan bahwa masih ada tempat untuk musik di genre yang mereka bawakan. Berbeda dengan boy group lain yang tampil dengan genre pop, atau bahkan R'nB, The Monkees setia dengan genre Pop rock psychedelic pop psychedelic rock folk rock.

Hingga pada album "Good Times!" yang dirilis pada tahun 2016 lalu pun, The Monkees tetap setia dengan genre musik pop rock yang begitu khas. Album ini pun menjadi begitu spesial setelah kematian dari founder The Monkees, Davy Jones. Karena itu, jumlah penjualan album 65 juta kopi yang mereka catatkan pun masih memiliki kesempatan untuk bertambah dengan bakal dirilisnya lebih banyakl album apik lain.

Lagu hits : Good Times, You Bring The Summer, Randy Scouse Gift, That Was Then, This Is Now

https://www.youtube.com/embed/xvqeSJlgaNk


5. Bay City Rollers (70 juta kopi)

Merilis 16 album dalam masa 15 tahun karirnya, band yang memulai karir di tahun 1966 dan kembali lagi pada tahun 2015 ini membuktikan diri sebagai boy group dengan keseriusan bermusik yang besar. Meskipun sayangnya, tak banyak tur hingga album yang dirilis dalam masa tahun 1985 hingga saat ini.

Lagu hits : Keep on Dancing, Shang A-Lang, Money Honey

https://www.youtube.com/embed/yUwW108ITzw


4. The Osmonds (77 juta kopi)

Band yang beranggotakan seluruh keluarga Osmond ini sempat meraih kesuksesannya di tahun 60 hingga 80-an. Mengusung banyak genre musik, The Osmonds justru lebih banyak dikenal berkat lagu-lagu country mereka. Yang saat itu memang tengah memuncak. Nama-nama member The Osmonds adalah Alan Osmond, Wayne Osmond, Merrill Osmond, Jay Osmond, Donny Osmond, Marie Osmond, dan Jimmy Osmond.

George Osmond dan Tom Osmond lahir dalam keadaan tuli, karena itu mereka lebih banyak tampil di acara televisi dari pada membawakan lagu-lagu The Osmonds.

Lagu hits : Love Me For A Reason, One Bad Apple, Yo-Yo, Let Me In

https://www.youtube.com/embed/5yrx9pezxF8

3. New Kids On The Block (80 juta kopi)

Satu lagi group yang mendapat banyak sekali perhatian, dan bahkan bisa dibilang memiliki pengaruh besar untuk generasi tahun 80-an hingga 90-an. Tak hanya album mereka laris manis, lagu-lagu mereka pun memuncaki nyaris semua tangga lagu di eranya.

Sempat vakum di tahun 1994, New Kids On The Block kembali lagi pada tahun 2008 setelah merilis album "The Block". Eksistensi group dengan 5 orang member ini pun teruji saat kembali meluncurkan album "10" tahun 2013.

Lagu Hits : You Got It, Please Don't Go Girl, Step by Step, I'll Be Loving You

https://www.youtube.com/embed/2txArOEsLPc


2. The Jackson 5 (100 juta kopi)

Rasanya akan sangat aneh bila ada orang (setidaknya di era 70 hingga 80-an) yang tak mengenal group ini. The Jackson 5 ini digawangi oleh para saudara di keluarga Jackson. Salah satunya, Michael Jackson. Selama 29 tahun karirnya, mereka sudah merilis 18 studio album dengan sederet lagu dan single hits.

Lagu hits : I Want You Back, Who's Lovin You, Dancing Machine, Never Can Say Goodbye

https://www.youtube.com/embed/s3Q80mk7bxE


1. Backstreet Boys (130 juta kopi)

Okay, siapa yang tak kenal dengan boy group beranggotakan AJ McLean, Howie D., Nick Carter, Kevin Richardson, and Brian Littrell ini. Mulai aktif di tahun 1993-an, Backstreet Boys atau BSB sudah mencetak karir yang begitu panjang. Mulai dari ratusan hits track, album, hingga jutaan fans. Dan tentu saja 130 juta kopi album serta lagu terjual.

Backstreet Boys pun membuktikan eksistensinya hingga saat ini dengan merilis album "In A World Like This" pada tahun 2013 lalu.

Lagu hits :  I want It That Way, Everybody, As Long As You Love Me, Incomplete

https://www.youtube.com/embed/ynBplqio1R4


Honorable mention:

ONE DIRECTION

Meskipun belum masuk daftar 10 besar boy group dengan penjualan terbanyak kali ini, kita pastinya tidak akan melupakan kehadiran One Direction yang terbentuk tahun 2010 lalu. Awalnya mereka beranggotakan Niall Horan, Liam Payne, Harry Styles, Louis Tomlinson, dan Zayn Malik (yang akhirnya memilih untuk bersolo karir). Berdasarkan data yang didapat dari wikipedia, total penjualan album mereka sekitar 20 juta kopi. Walau sekarang mereka sedang hiatus, tapi jenjang karir mereka bisa dikatakan masih panjang dan bisa menjual jutaan album lagi.

https://www.youtube.com/embed/yjmp8CoZBIo


Siapakah Boy Group favoritmu?

Daftar ini kita ambil dari Wikipedia.

naya
More from Creative Disc