Quantcast

Album of The Day : Red Velvet – Rookie

By - 3 months ago in Album of The Day

Red Velvet akhirnya merilis mini album keempat mereka pada awal bulan Februari lalu. Setelah sempat membuat fans penasaran dengan serangkaian teaser dan trailer yang sudah dirilis sejak 2 minggu sebelumnya. Hingga akhirnya, Red Velvet resmi meluncurkan extended play keempat mereka yang berjudul “Rookie.”

Album “Rookie” sendiri sudah menarik banyak perhatian sejak pertama kali dirilis tepat 1 Februari, baik secara offline dan online. Berisi 6 lagu secara total, album keempat dari girlgroup yang debut bersama SM Entertainment Agency tersebut mengusung genre Pop, R’nB, dan Funk. Bukan genre baru untuk Red Velvet yang sebelumya sudah merilis 3 album lain dengan genre yang kurang lebih sama.

Ya, genre dan musik ini bukanlah hal baru untuk Red Velvet, yang sebelumnya pun sudah sukses dengan mini album “Ice Cream Cake”, “Russian Roulette” serta full studio album “The Red” dengan genre yang sama. Bahkan track untuk album “Rookie”, “Rookie” pun memiliki genre yang bisa dikatakan sama dengan hits Red Velvet sebelumnya. Mulai dari “Dumb Dumb Dumb” hingga “Ice Cream Cake.”

Untuk girl group lain, pengulangan genre ini mungkin bisa jadi membosankan untuk fans. Tapi ini Red Velvet dan SM Entertainment, yang sudah pasti bakal membawa sesuatu yang baru meski pada genre yang sama. Dan ini benar-benar dibuktikan oleh girlgroup yang dimotori oleh Wendy, Seulgi, Irene, Joy, dan Yeri ini melalui album “Rookie.”

Berbicara mengenai prestasi, album “Rookie” langsung melesat ke posisi nomor satu US Chart sejak minggu pertama dirilis. Selain di US, album tersebut pun merajai chart nomor satu di Korea Selatan dan Taiwan. Dengan track utamanya terjual hingga lebih dari 150 ribu kali download dan streaming online. Tak buruk, bukan?

Track pertama dari album “Rookie” terdapat lagu “Rookie”  yang menjadi track unggulan untuk album ini. Lagu dibuka dengan gaya sing-talk ala Irene dan Joy, yang jauh dari kesan rap namun lebih condong pada kesan bernyanyi. Pembuka yang bagus sebenarnya.

Sayangnya di lagu ini, bagian verse justru terdengar kurang menarik, yang lagi-lagi diisi dengan sing-talk. Puncak dari bagian reff, untuk part “lookie lookie” justru menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Yang cukup membuat terngiang-ngiang pada lagu ini. Rate untuk lagu ini mungkin bisa lebih meningkat andai diberi lebih banyak bagian untuk Wendy bernyanyi. Well.

Track kedua terdapat lagu “Little Little” yang lebih condong pada musik pop dari Red Velvet. Bila masih ingat, konsep dari Red Velvet sendiri adalah sisi Red yang lebih ceria dan playfull, dan sisi Velvet yang lebih bernada ballad, slow jam R’nB. Dan lagu “Little Little” di album ini merupakan sisi Velvet dari Red Velvet. Seperti juga lagu dari “sisi Velvet” di album sebelumnya, kekuatan dua vokalis utama Seulgi dan Wendy pun benar-benar terasa ditekankan. Dan bagian Irene ketika menyanyi pun terdengar begitu catchy.

Happily Ever After” menjadi satu lagi lagu menarik di sisi Red dari Red Velvet. Terdengar manis, meskipun dari sini mungkin Red Velvet harus menjajal genre berbeda pada album dan lagu berikutnya. Tak jauh berbeda dengan track keempat berikurnya, “Talk To Me”  yang mungkin masih terdengar begitu mentah dan kurang elemen yang bisa menjadikan lagu ini menarik didengarkan berkali-kali.

Yang spesial justru lagu di track kelima, “Body Talk.” Lagu ini memiliki elemen R’nB yang begitu kental dengan dentuman musik yang terdengar begitu manis di latar belakang. Suara Seulgi yang mendominasi di lagu ini pun menjadi nilai plus tersendiri. Pada track terakhir terdapat lagu slow R’nB ballad yang merupakan lagu solo pertama Wendy untuk album Red Velvet.

“Last Love” seakan menjadi bukti bahwa SM Entertainment scored big ketika mereka membawa Wendy dari Amerika Serikat ke Korea Selatan. Lagu ini pun memiliki aura sebagai lagu soundtrack untuk drama. Mungkin di masa mendatang kita bisa benar-benar mendengar Wendy merilis lagu solo untuk soundtrack drama atau film setelah mendengar kualitas serta penjiwaannya di lagu terakhir ini.

Track list “Rookie” :

  1. Rookie
  2. Little Little
  3. Happily Ever After
  4. Talk To Me
  5. Body Talk
  6. Last Love

extremely loud, music enthusiast, and proud mother of 3 kittens

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Music News | May 26, 2017 By

The Aces Rilis Single Anyar “Baby Who” Jelang Debut EP “I Don’t Like Being Honest”

Music News | By

Diiringi Tangisan Fans, ‘Super Junior’ Kyuhyun Memulai Wajib Militer

Music News | May 25, 2017 By

Selamat! Chris Blue Dari Team Alicia Keys Jadi Juara The Voice Season 12