BTS, EXO, dan Twice Masing-masing Kumpulkan Rp 136 Miliar Dari Penjualan Merchandise

Oleh: naya - 10 Feb 2017

Siapa yang bisa meragukan kepopuleran dari tiga boyband dan girlgroup paling terkenal di Korea Selatan saat ini? TWICE, EXO, dan BTS menjadi group paling dikenal dan meraih paling banyak pendapatan sepanjang tahun 2016 ini. Ini salah satunya dibuktikan dengan ketiganya yang meraih Daesang di berbagai penghargaan akhir tahun lalu, hingga angka penjualan album yang fantastis.

Namun tak itu saja, cara lain membuktikan kepopuleran tiga group dari agensi berbeda ini adalah dengan angka penjualan marchandise. Twice, Exo, dan BTS tercatat merilis beberapa jenis marchandise sepanjang tahun 2016 lalu. Tak hanya marchandise official yang dirilis oleh agensi, namun juga merchandise lain yang merupakan hasil kerja sama atau endorsement.

Dirilis dari sebuah media, tercatat penjualan merchandise untuk tiga group ini mencapai 10,000,000 US$ atau sekitar Rp 136 miliar. Dan jumlah tersebut, bukan jumlah total penjualan dari EXO, Twice, dan BTS. Namun murni dari masing-masing group.

Merchandise dari EXO yang paling dikenal di kalangan fans adalah koper cantik yang merupakan kerja sama dengan perusahaan perhiasaan papan atas, Agatha Paris. Koper merchandise tersebut memiliki desain minimalis dengan logo EXO dan nama masing-masing member. Satu koper dihargai sekitar 300,000 won ($262 USD / Rp 3 juta).

Sedangkan untuk Twice, merchandise paling laris adalah sebuah bluetooth speaker dengan logo Twice. Speaker berwarna pink ini merupakan kerja sama dengan LG Electronics. Tak hanya memiliki warna oficial Twice, logo dan nama member, speaker ini pun mengeluarkan suara masing-masing member girlband tersebut.

BTS bakal mendapat set merchandise mereka pula dari Agatha Paris, yang meliputi koper, tas punggung, dan hand creams.

naya
More from Creative Disc