Quantcast

Creative Disc Exclusive Single: 27 Feb

By - 8 months ago in Creative Disc Exclusive Single

Calvin Harris feat. Frank Ocean & Migos (Single / Sony Music) – Slide

Calvin Harris semakin bergerak menjauh dari EDM yang membesarkan namanya, dan sepertinya bergerak kembali ke ranah pop-electronic yang dulu kerap dibawakan di awal karirnya. Bisa disimak dalam single paling barunya, ‘Slide’, sebuah pop-dance bertempo sedang yang menampilkan Frank Ocean dan trio rapper Migos sebagai pengisi vokal. Dengan hadirnya nama-nama tadi, maka tentu saja lagunya juga berwarna RnB dan hip-hop. Bisa jadi ini adalah indikasi kematangan seorang Calvin Harris dalam bermusik. Single dirilis tanggal 23 Februari.


Zedd & Alessia Cara (Single / Interscope Records) – Stay

Trend pekan ini yang menampilkan kolaborasi musisi EDM bersama penyanyi pop berlanjt=ut dengan kolaborasi antara Zedd bersama penyanyi muda berbakat, Alessia Cara. Dance tentu saja masih menjadi usungan Zedd dalam ‘Stay’, demikian judul lagunya, namun ia ternyata memilih untuk menghadirkan Alessia dalam balutan electropop yang renyah. Awalnya lagu dibuka seolah-olah sebagai tropical house, sebelum bertransformasi menjadi future bass dan kemudian electropop secara utuh. Vokal Alessia pun dimanfaatkan dengan baik. Sebuah kerjasama musisi lintas genre yang cukup memuaskan. Single dirilis tanggal 23 Februari.


The Chainsmokers & Coldplay (Alb. Memories…Do Not Open / Columbia Records) – Something Just Like This

Saat beberapa waktu lalu The Chainsmokers mengumumkan akan mengajak Coldplay dalam salah satu lagu barunya, antisipasi dan ekspektasi pun menjadi besar. Dan kini ‘Something Just Like This’ pun dirilis. Apakah antisipasi dan ekspektasi tadi terbayarkan? Jawabannya bisa iya, bisa tidak. Ia, karena ‘Something Just Like This’ adalah banger catchy menarik lain dari The Chainsmokers. Tidak, karena lagunya seperti lagu Coldplay yang diremix, ketimbang memadukan kekuatan dua musisi berbeda genre ini secara maksimal. Repetisi dalam formula musik The Chainsmokers mungkin menjadi penyebab utama. Tapi, hey, sebenarnya mereka bisa lebih dari ini. Simak saja kembali remix-remix di awal karir mereka yang eklektis. Terlepas dari itu, ‘Something Just Like This’ tetap seru untuk disimak. Single dirilis tanggal 22 Februari.


Yellow Claw feat. DJ Snake & Elliphant (Alb. Los Amsterdam / Mad Decent) – Good Day

Yellow Claw telah mencuri perhatian dan mengangkat nama mereka di ranah EDM, bahkan sebelum merilis album debut, “Blood for Mercy”, di tahun 2015. Sekarang mereka punya album baru, “Los Amsterdam”, yang akan dirilis 7 April nanti. Menilik beberapa single baru yang telah dilepas duo DJ asal Belanda ini, nampaknya mereka ingin bergerak dari ranah trap/moombahton/big room dan mencoba bereksperimen dalam musikalitas mereka. Termasuk yang terbaru, ‘Good Day’, di mana hadir DJ Snake dan Elliphant hadir membantu. Di sini Yello Claw memilih untuk memadukan antara electro-pop, synth-pop dan new wave. Ternyata hasilnya padu dan cukup memuaskan. Single dirilis tanggal 24 Februari.


Marshmello x Ookay feat. Noah Cyrus (Single / Joytime Collective) – Chasing Color

Musisi misterius Marshmello sebenarnya telah merilis sebuah lagu berjuduk ‘ID (Living High)’, yang merupakan kolaborasinya bersama Ookay. Kini ia merilis ulang lagu tersebut dan mengubah judulnya menjadi ‘Chasing Color’. Secara aransemen, sebenarnya tidak ada perubahan detil yang signifikan, hanya saja vokal kini diisi oleh Noah Cyrus. Bahkan efek lo-fi tetap digunakan untuk mewarnai vokal Cyrus. Marshmello bisa dikatakan adalah pionir untuk subgenre future bass. Dan ia mengerti jika ia memerlukan variasi untuk genrenya, sehingga lagunya, seperti ‘Chasing Color’ ini terdengar segar, meski tetap berada di koridor yang sama. Single dirilis tanggal 24 Februari.


Afrojack feat. Luis Fonsi (Single / Wall Recordings) – Wave Your Flag

Selepas tropical, genre dance bercorak latin/karibia lain yang saat ini tengah naik daun adalah moombahton atau dancehall. Rupanya DJ kenamaan asal Belanda, Afrojack, tak mau melewatkan kesempatan untuk turut serta dalam trend tersebut. Maka simaklah single paling barunya, ‘Wave Your Flag’ yang antemik dengan menggandeng Luis Fonsi sebagai vokalis tamu. Iramanya catchy, mengundang untuk nge-dance, dan tentunya tak terlupa drop seru sebagai bridge. Single dirilis tanggal 24 Februari.


Mr Probz (Single / Left Lane Recordings) – Till You’re Loved

Penyanyi asal Belanda, Mr Probz, awalnya dikenal sebagai pengusung RnB, hip-hop dan soul. Namun semenjak sukses remix Robin Schulz untuk single ‘Waves’, ia sepertinya ketagihan untuk berkecimpung di ranah deep house. Ini dibuktikan dengan beberapa single yang dirilisnya selepas itu, baik secara solo ataupun menjadi featuring act untuk Hardwell atau Armin van Buuren. Kini ia hadir kembali dengan yang paling mutakhir, ‘Till You’re Loved’. Masih deep house tentu saja dan pastinya dipoles dengan pop chill-out yang menenangkan. Single dirilis tanggal 17 Februari.


Era Istrefi feat. Felix Snow (Single / Ultra Records) – Redrum

Selepas mencuri perhatian dengan single ‘BonBon’ di tahun 2016 lalu, penyanyi berdarah Kosovar Albanian, Era Istrefi, kembali dengan sebuah single baru. Tapi ia tidak sendiri di dalam lagu berjudul ‘Redrum’ ini, karena produser/DJ, Felix Snow, hadir membantunya. Hanya saja, alih-alih track dansa, mereka menghadirkan pop-electronic yang atmosferik sekaligus catchy. Sebuah jeda manis setelah anthem dancehall yang dihadirkan Era Istrefi melalui ‘BonBon’. Single dirilis tanggal 24 Februari.


Dua Lipa (Alb. Dua Lipa / Warner Bros) – Thinking ‘Bout You

Setelah berdance ria dalam membantu Sean Paul dan Martin Garrix, Dua Lipa kembali berkonsentrasi untuk album debutnya, sebuah self-titled, yang akan dirilis tanggal 2 Juni mendatang. Yang terbaru untuk album itu adalah ‘Thinking ‘Bout You’, yang sebelumnya merupakan lagu demo yang direkam oleh dirinya. Pop balada bertempo sedang ini menghadirkan Dua Lipa dalam warna RnB yang agak mengingatkan Pink, meski tentunya karakter khas Dua Lipa tidak menghilang begitu saja. ‘Thinking ‘Bout You’ dirilis sebagai single promosi pada tanggal 6 Januari.


Jason Derulo feat. Nicki Minaj & Ty Dolla $ign (Single / Warner Bros) – Swalla

Jason Derulo dan lagu dance tentunya merupakan dua hal yang tidak aneh. Sudah cukup sering Derulo menghadirkan lagu sejenis; mulai dari pop disko hingga EDM. Tapi kali ini dance yang dihadirkan Derulo agak berbeda, yaitu dancehalll. Berjudul ‘Swalla’, Derulo dengan mantap mengajak pendengarnya untuk bergoyang mengikuti iramanya. Derulo tidak sendiri, karena didukung oleh dua rapper handal bin kenamaan, Nicki Minaj dan Ty Dolla $ign. Hasilnya adalah sebuah lagu yang meriah. Single dirilis tanggal 24 Februari.


Meghan Trainor (Alb. OST. Smurfs: The Lost Village / Epic Records) – I’m A Lady

Meghan Trainor sepertinya akan menjadi langganan penyanyi soundtrack film animasi yang diangkat dari komik klasik. Selepas ‘Better When I’m Dancing’ untuk “The Peanuts Movie”, kini ia menghadirkan sebuah banger ‘I’m A Lady’ untuk film “Smurfs: The Lost Village”. Lagunya menandakan kembalinya Trainor ke pendekatan retro-pop miliknya. Hanya saja bop dalam lagu dipadu dengan pendekatan electro-RnB yang akhir-akhir ini juga dibawakannya. Sebagai catatan, Trainor juga mengisi suara untuk salah satu karakter filmnya, yaitu SmurfMelody. Single dirilis tanggal 24 Februari.

Special Thanks to Sony Music Indonesia, Universal Music Indonesia, Warner Music Indonesia, dll.


Love Film. Love Books. And Everything in Between.

Comments

5 Responses to “Creative Disc Exclusive Single: 27 Feb”

  1. Jojo Nozuka says:

    Edisi kali ini banyak EDMnya ya

  2. van says:

    COLDSMOKERS PETJAAAAAAAAH. EDM week nih ajib

  3. Abi Keyz says:

    Jason Derullo? Swalla? Yg tau lirik dan ngerti liriknya pasti merem melek… LOL.. hahahah…..

  4. My bitch, Meghan Trainor killin’ it, yasss

  5. welly says:

    Meghan Trainor – I’m A Lady 20.88% (52 votes)
    The Chainsmokers & Coldplay – Something Just Like This 20.48% (51 votes)
    Zedd & Alessia Cara – Stay 18.07% (45 votes)
    Calvin Harris feat. Frank Ocean & Migos – Slide 9.64% (24 votes)
    Jason Derulo feat. Nicki Minaj & Ty Dolla $ign – Swalla 7.23% (18 votes)
    Dua Lipa – Thinking ‘Bout You 6.83% (17 votes)
    Marshmello x Ookay feat. Noah Cyrus – Chasing Color 4.42% (11 votes)
    Yellow Claw feat. DJ Snake & Elliphant – Good Day 4.02% (10 votes)
    Afrojack feat. Luis Fonsi – Wave Your Flag 3.61% (9 votes)
    Era Istrefi feat. Felix Snow – Redrum 2.81% (7 votes)
    Mr Probz – Till You’re Loved 2.01% (5 votes)

    Total Votes: 249

Leave a Reply

Related Articles

Music News | October 17, 2017 By

Cher Bergabung Sebagai Salah Satu Pemain “Mamma Mia! 2”

Music News | By

‘Rockstar’ Milik Post Malone Singkirkan ‘Bodak Yellow’ Cardi B Dari Posisi Juara Billboard Hot 100

Music News | By

Sia Umumkan Album Natal Perdananya, “Everyday Is Christmas”