Di-Hack “Indonesian Cyber Army”, Website BTS Putar Video Musik TWICE "Knock Knock"

Oleh: naya - 23 Feb 2017

Website milik agensi entertainment yang membawahi boy band BTS, Big Hit baru saja menjadi korban cyber crime. Sebuah group yang menamai diri mereka “Indonesian Cyber Army”, dan mengaku berasal dari Indonesia meretas website milik agensi entertainment tersebut. Menariknya, aksi hacking tersebut dilakukan bukan untuk mencuri data perusahaan atau tindakan merugikan lain.

Sebaliknya, “Indonesian Cyber Army” justru mengganti musik video terbaru dari BTS, yang ada di halaman depan website Big Hit menjadi musik video paling anyar milik TWICE yang dirilis pada waktu bersamaan.

Salah seorang ARMY (sebutan fans BTS) pertama-tama menyadari perubahan dari website Big Hit yang biasanya memberi update pada fans mengenai rencana promosi hingga jadwal konser dari group asuhannya. Termasuk BTS. Website tersebut tak menampak halaman depan seperti biasa. Sebaliknya, begitu memasuki website, fans langsung disambut dengan video musik milik girl group TWICE "Knock Knock."

Penyelidikan lebih lanjut terungkap bahwa pelaku yang meretas adalah “Indonesian Cyber Army”. Di beberapa bagian halaman website pun tertulis pesan "IDCA WAS HERE." IDCA sendiri disinyalir merupakan akronim dari “Indonesian Cyber Army."

Selama beberapa waktu, website milik Big Hit sama sekali tak bisa diakses, dan fans beberapa kali masih "dipaksa" menyaksikan video musik milik TWICE dari halaman situs tersebut.

Aksi hacking yang diduga dilakukan oleh penggemar TWICE tersebut menyulut amarah dari kedua fandom. ONCE (sebutan untuk fans TWICE) menolak dituding sebagai pelaku peretasan, meskipun website terus menampilkan video musik milik girl group dari JYP Entertainment itu. Sedangkan ARMY meluapkan amarahnya dengan aksi yang dianggap kekanak-kanakan tersebut.

Saat ini, kedua group yang tengah berada di puncak karirnya di Korea Selatan ini memang tengah dalam persaingan ketat. Merilis album dalam waktu yang nyaris bersamaan, Twice dan BTS berlomba-lomba saling memecahkan rekor dan mendapat prestasi lebih tinggi dibanding yang lain. Kedua group ini pun dikenal memiliki fandom yang kuat, baik itu di Korea maupun Internasional.

https://www.youtube.com/embed/xEeFrLSkMm8

naya
More from Creative Disc