Road To Grammy 2017: 7 Hal Yang Wajib Kamu Tahu Tentang Grammy ke 59.

Oleh: verdy - 04 Feb 2017

Bulan Februari datang, ajang penghargaan bergengsi Grammy Awards ke 59 siap menjelang. Deretan bintang musik pop akan hadir, mereka yang masuk nominasi pertama kali, mereka yang telah masuk nominasi berulang kali. Setiap bintang idola yang menghiasi daftar putar di radio, aplikasi streaming kesayangan, bahkan pemutar lagu pribadi kita akan bertemu disatu tempat. Karpet merah akan dihiasi para pujaan dalam balutan gaun istimewa, dan tuxedo nan gagah. Berikut adalah 7 hal yang wajib kamu tahu tentang Grammy ke 59.

1. Kapan nih Grammy ke 59 diadakan?

Minggu, 12 Februari 2017, pukul 8 malam waktu setempat. Atau bagi kita di Indonesia tepatnya Senin, 13 Februari 2017, pukul 8 pagi WIB. Bertempat di Staples Centre, Los Angeles, Amerika Serikat. Pada siaran televisinya tidak semua nominasi akan diumumkan secara langsung. Untuk menonton Grammy tahun ini belum ada informasi yang kami dapatkan perihal TV Nasional mana yang akan menayangkan. Biasanya sih NET TV akan mengambil tayangan ini meskipun tunda. Namun yang jelas kita bisa pantau bersama di akun twitter kesayangan @creativedisc yang akan update sepanjang acara.

2. Ada berapa kategori dalam penghargaan Grammy?

83. DE-LA-PAN PU-LUH TI-GA! Gila, memang. Jika seluruh nominasi akan dibacakan dan ditayangkan, menjelang magribh acara ini baru usai sepertinya. Dari 83 macam kategori tersebut kita hanya mengenal beberapa diantaranya; Record Of The Year, Album Of The Year, Song Of The Year, dan Best New Artist. Diluar kategori “umum” itu sesungguhnya terdapat kategori-kategori unik seperti; Best Surround Sound Album, Best Boxed Or Special Limited Edition Package, atau Best Album Notes. Terbaik bukan?

Kunjungi artikel “Ini Dia Daftar Lengkap Nominasi GRAMMYs 2017”.

3. Siapa pembawa acara Grammy ke 59?

Untuk pertama kalinya dalam sejarah penghargaan Grammy, pemegang KTP Inggris akan menjadi pemandu acara. Setelah membuktikan diri pada program tengah malam, James Corden mengambil alih tugas yang sebelumnya dipegang oleh LL Cool J sejak tahun 2012 – 2016. James Corden sendiri sudah lima kali membawakan acara Brit Awards. Beberapa orang yang pernah menjadi pembawa acara Grammy adalah Ellen Degeneres, Frank Sinatra, Kenny Rogers, John Denver, dan Billy Crystal.

4. Siapa saja yang masuk nominasi Grammy tahun 2017?

Dari daftar panjang nominasi yang kami bagikan sebelumnya, kami dapat merangkum –jika kamu memang sedemikian malas menelusuri daftar panjang 83 kategori tersebut- menjadi beberapa bagian penting. Calon ibu kembar-dua, Beyonce memimpin dengan 9 nominasi, termasuk diantaranya Album Of The Year, Song Of The Year, Record Of The Year, dan Best Music Video. Disusul oleh Drake, Rihanna, dan Kanye West masing-masing dengan 8 nominasi. Berjarak satu angka pendatang baru Chance the Rapper menempel ketat dengan 7 nominasi. Sementara itu Adele dan Twenty One Pilots berbagi nominasi dengan total masing-masing 5 kategori. Justin Bieber hanya memperoleh 4 nominasi, begitu juga dengan mendiang David Bowie. Siapa yang akan membawa pulang lebih banyak? Tentu saja bukan Frank Ocean yang kelupaan tidak mendaftarkan album "Blond" miliknya pada penghargaan tahun ini.

5. Sturgill Simpson itu siapa sih?

Nama musisi ini nyempil di deretan Album Of The Year bersama dengan para bintang-bintang terkenal seperti Adele, Beyonce, Justin Bieber, dan Drake. Sturgill adalah seorang musisi country, jika cukup asing dengan nama atau karyanya, ia pernah meng-cover salah satu lagu Nirvana berjudul “In Bloom”, coba saja ketikkan namanya di laman youtube. Semoga saja kamu suka, walaupun musik country yang ia bawakan tak seperti musik country yang dibawakan oleh Om Tantowi Yahya.

6. Siapa saja yang akan tampil pada malam penganugerahan Grammy ke 59?

Sejauh ini nama-nama yang telah dikonfirmasi akan tampil adalah Metallica, John Legend, Bruno Mars, Carrie Underwood, Keith Urban, dan Adele. Setiap tahunnya pada malam perayaan Grammy akan selalu ada kolaborasi dari musisi papan atas, dan tahun ini akan diisi oleh Alicia Keys dan Maren Morris, The Weeknd dan Daft Punk, A Tribe Called Quest dan Anderson Paak, serta William Bell dan Gary Clark Jr.

Duet terakhir yang kami sebutkan adalah rilis terbaru yang kami terima pada daftar penampil Grammy tahun 2017, bersama dengan Chance The Rapper, Little Big Town, dan juga sosok yang membuat kita penasaran, Sturgill Simpson. Dan Beyonce yang meraih nominasi terbanyak ini, juga tidak melewatkan kesempatan untuk tampil.

7. Siapa saja yang TIDAK akan datang pada acara Grammy tahun 2017?

Tentu mereka yang tidak diundang, dan tidak masuk nominasi. Buat apa mereka datang? Tentu lebih baik mereka melakukan hal lain, atau menonton saja dari rumah, sembari leyeh-leyeh di kamar. Namun memang ada beberapa musisi yang telah mengkonfirmasi tidak akan datang meski nama mereka masuk nominasi. Tuan Muda Justin Bieber, Sang Suami Kim Kardashian, Kanye West, dan Drake memastikan diri tidak akan hadir.

Tuan Muda Bieber merasa bahwa penghargaan macam Grammy ini nggak asik. Jadi belieber tak perlu menunggu kehadiran beliau. Sementara itu Kanye West malah kesal karna sering masuk nominasi tapi kalah terus dari musisi kulit putih. Dari sumber lain disebutkan bahwa Kanye dan sang istri masih trauma setelah insiden perampokan di Paris tahun lalu. Ya kalee ada copet di Grammy,,,

Drake yang mendapat 8 nominasi tidak memiliki sentimen tertentu terhadap Grammy, ia tak dapat hadir karna bentrok dengan jadwal konsernya di Kota Manchester, Inggris malam itu.

Selain tiga nama diatas, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina juga dipastikan tak hadir di malam penganugerahan Grammy tahun ini, gak tau deh kalau Princess Syahrini.

verdy
More from Creative Disc