Quantcast

Road To Grammy 2017: Pemenang Record of The Year Adalah…

By - 5 months ago in Music News Top 10 Lists

Setelah membahas Best New Artist, Album of the year dan Song of the Year, kini tiba saatnya kita membahas Record of the Year di Road to Grammy kali ini. 4 kategori yang telah kita sebutkan tadi merupakan 4 kategori yang paling prestisius di Grammy sejak diadakannya acara ini di tahun 1959 lalu. Sedikit beda dengan “Song of the Year”, di “Record of the Year”, ini memilih artis, produser, dan juga teknisi rekaman / mixer.

Yuk kita lihat lebih dalam para nominasinya berikut ini:

“Hello” Adele

Greg Kurstin, producer; Julian Burg, Tom Elmhirst, Emile Haynie, Greg Kurstin, Liam Nolan, Alex Pasco & Joe Visciano, engineers/mixers; Tom Coyne & Randy Merrill, mastering engineers



Emosional. It’s kinda typical Adele’s song. Mendengarkan versi instrumentalnya saja sudah bisa bikin kita ingin teriak, apalagi jika ada suara sang diva yang memandu kegiatan shower karaoke kita. “Hello” adalah barang premium, tak ternilai, dan tak tertandingi. Bagaimana sebuah lagu bisa membuat kita ikut merasakan penyesalan dan kepahitan padahal mengalaminya saja belum pernah. Itulah sihir “Hello” dari Adele.

“Work” Rihanna featuring Drake

Boi-1da, producer; Noel “Gadget” Campbell, Kuk Harrell, Manny Marroquin, Noah “40” Shebib & Marcos Tovar, engineers/mixers; Chris Gehringer, mastering engineer



“Work” is musically charming. Awalnya terdengar membosankan, tapi ada suatu hal yang justru menarik dari betapa membosankannya pengulangan kata “work” sebanyak 79 kali di lagu ini. Nada-nada elektronik yang tersusun seolah membentuk alunan music reggae yang asik banget. Dan kini Rihanna telah menambah trademark tunes ciri khasnya, sebelumnya ia telah memiliki “ooh na na” dan “ella ella eh”, kini “work work work” jadi tanda pengenal baru untuknya.

“Stressed Out” Twenty One Pilots

Mike Elizondo & Tyler Joseph, producers; Neal Avron & Adam Hawkins, engineers/mixers; Chris Gehringer, mastering engineer


Lagu “Stressed Out” dari Twenty One Pilots ini memang gold abis. Siapapun bisa langsung mengangguk-angguk menikmati lagu ini meski baru pertama kali mendengarnya. Lagu ini diproduksi oleh Mike Elizondo yang sudah sering mengerjakan project untuk Dr.Dre dan Eminem. Nggak salah kalau lagu ini selalu ada di radio dan hingga Desember 2016 kemarin berhasil terjual lebih dari 2,4 juta copy.

“7 Years” Lukas Graham

Future Animals & Pilo, producers; Delbert Bowers, Sebastian Fogh, Stefan Forrest & David LaBrel, engineers/mixers; Tom Coyne, mastering engineer



“Lukas Graham siapa sih?”
“Itu loh yang lagu: Once I was 7 years old”
Tak sedikit orang yang mengenal lagu “7 Years” tapi tidak tahu kalau Lukas Graham adalah empunya. Memang sebegitu hebat lagu 7 Years ini hingga melejitkan nama Lukas Graham yang baru saja menjejaki panggung music internasional. “7 Years” diproduksi oleh Lukas Graham bersama anak-anak muda yang bertalenta yaitu Stefan Forest dan Morten Ristorp. Keduanya baru saja menandatangi kontrak dengan Warner Chappell Music sebagai duo-produser dengan nama Future Animal. Tapi ketimbang memenangkan Record of The Year, tampaknya lagu ini lebih pantas memenangkan Song of The Year atas keunggulan lirik lagunya, toh “7 Years” juga masuk ke dalam nominasi kategori itu.

Formation – Beyonce

Beyoncé Knowles, Mike Will Made-It & Pluss, producers; Jaycen Joshua & Stuart White, engineers/mixers; Dave Kutch, mastering engineer



Sebuah fakta menyedihkan, terlepas dari Beyonce yang mendapat 9 nominasi Grammy 2017, bahwa lagu “Formation” tidak masuk ke dalam list “Billboard’s year-end list of the top 100 singles of the year”. Sementara 4 pesaing lainnya, “Work”- Rihanna mendapat ranking tertinggi di #4, “Stressed Out” di urutan #5, “Hello” di urutan #7, dan “7 Years” di urutan #12. Agak sulit menjatuhkan pilihan pada “Formation” untuk memenangkan kategori Grammy ini, karena lagu “Work” yang paling setipe dengannya, tampak lebih unggul. Tapi jangan berkecil hati, banyak kok pemenang Grammy Record of The Year yang juga tidak masuk dalam list Billboard itu, seperti lagu “Stay With Me” dari Sam Smith yang pada akhirnya membawa pulang piala tersebut di tahun 2014.

Bagi saya, piala Grammy untuk kategori ecord of The Year pantaslah dibawa pulang oleh Twenty One Pilots untuk lagu “Stressed Out” yang entah kenapa bisa nempel di kepala dalam waktu lama meski hanya beberapa nadanya saja yang kita hafal. Mungkin kecil kemungkinan mengingat nama Twenty One Pilots belum sebesar 3 pesaingnya (kecuali Lukas Graham yang juga pendatang baru). Tapi apa salahnya menyimpan harapan pada duo yang sudah langsung menuai kesuksesan sejak debut awal mereka.

Kalau menurut kamu, siapa yang bakal bawa pulang Record of the Year?

a weirdo, a dreamer, a freethinker. I'm on a diet but I'm not getting thinner.

Comments

5 Responses to “Road To Grammy 2017: Pemenang Record of The Year Adalah…”

  1. itchi says:

    either ADELE atau LUKAS GRAHAM… berani taruhan…

  2. adim says:

    insya allah rihanna work feat drake
    5 x platinum oleh RIAA
    dan juga merupakan lagu paling unik untuk vocaal dan alunan musicnya

  3. Mhd_Husin says:

    Jika baca tulisan diatas jelas masalah selera bagi saya Hello itu lagu Adele yang sangat membosankan beda dengan Rolling in the deep atau singel lain dari Adele, apalagi Work nya Rihanna bagi saya itu lagu sampah, menurut saya Formation Beyonce atau 7 Years Lukas Graham yang pantas menang dikatagori ini.

  4. nibiru says:

    berhubung lagi panas dalam pemilihan pilkada maka yang menang adalah “Stressed Out”
    soalnya banyak orang stress menjelang pemilihan pilkadut

  5. itchy says:

    APA KUBILANG??? ADELE KAN??? jangan sotoy soal musik deh…

Leave a Reply

Related Articles

Music News | June 27, 2017 By

Beyonce Dominasi Daftar Pemenang BET Awards 2017

Music News | By

Dave Grohl Bertekad Untuk Memecahkan Rekor Menyumpah Glastonbury Adele

Creative Disc Exclusive Single | June 26, 2017 By

Creative Disc Exclusive Single: 26 June