10 Lagu dari Girl Group KPOP Untuk Rayakan #InternationalWomensDay

Oleh: naya - 10 Mar 2017

#InternationalWomensDay yang jatuh pada hari ini memberi banyak sekali kesan. Bulan Maret ini memang bisa dikatakan sebagai "bulannya" para wanita. Nyaris di seluruh dunia, para wanita turun ke jalan untuk aksi Women March untuk menutut kesetaraan dan pemberdayaan perempuan. Di Indonesia sendiri, semangat ini pun nampak dalam aksi Women March yang juga digelar di Ibu Kota, Jakarta.

Kali ini untuk merayakan International Women's Day dan masuk ke dalam semangat hari wanita, tak ada salahnya mendengarkan 10 lagu dari girl group KPOP yang memiliki beragam pesan mengenai betapa kuat, dan berartinya seorang wanita. Dibawah ini ya daftarnya!

1. Girls' Day - 'Female President'

https://www.youtube.com/embed/xF3MC8PWgJE

Lagu ini dirilis bertepatan dengan dilantiknyta presiden perempuan pertama di Korea Selatan. Dan lagu dengan musik bergenre EDM yang menghentak ini pun berbicara mengenai bagaimana perempuan sudah mampu mengambil kontrol untuk dirinya dan juga lingkungannya. Serta bagaimana seorang perempuan harus berani.

2. Miss A - 'I Don't Need A Man'

https://www.youtube.com/embed/EkSOOiMDGiY

Lagu kedua yang siap membawa kamu masuk ke dunia wanita yang penuh semangat dari girlgroup Miss A. Lirik pembuka yang berbunyi : this is for all the independent ladies sudah menjadi tanda lagu seperti ini apa ini nantinya. Dan memang secara garis besar Suzy, Jia, Fei, dan Min menegaskan mereka bisa menjaga diri mereka sendiri dan memperoleh segala yang mereka inginkan tanpa bantuan pria. Hmm.

3. Ailee - 'I'll Show You'

https://www.youtube.com/embed/MCEcWcIww5k

Ailee mengajarkan para wanita untuk menjadi percaya diri melalui lagu I'll Show You. Di lagu ini, dengan iringan musik yang begitu apik dan suara Ailee yang berkarakter kuat, liriknya menegaskan bagaimana ia tak akan menangisi pria dan membuktikan dirinya jauh lebih bahagia. Ailee pun berjanji akan mengganti gaya rambut, mengenakan make-up, dan lebih mencintai dirinya. Tips yang bagus nih, gals!

4. 4minute - 'What A Girl Wants'

https://www.youtube.com/embed/f07vXjZkfjk

Diantara banyak girl band lain, 4 Minutes menjadi salah satu dengan lagu yang selalu penuh percaya diri dan menegaskan bahwa wanita memiliki kedudukan yang sama dengan para pria. Nah di lagu ini, band yang sudah resmi bubar ini menyanyikan lirik mengenai wanita dengan kencantikan yang unik dan bahwa sebenarnya tak ada yang tahu apa yang wanita inginkan, selain.. well, para wanita itu sendiri.

5. 2NE1 - 'I AM THE BEST'

https://www.youtube.com/embed/j7_lSP8Vc3o

Satu lagi lagu terbaik mengenai perempuan dari girl band yang sudah bubar. Dari judulnya saja sudah terbaca lagu ini tentang wanita yang percaya dirinya lah yang terbaik (dan para pria tak bisa berkata sebaliknya!) Tapi tak bisa menyangkal bukan bila Minzy, Park Bom, Dara, dan CL adalah the best?

6. BESTie - 'Excuse Me'

https://www.youtube.com/embed/AuVi2ib-0qQ

Girl band satu ini memilih musik hip hop, R'nB, dan dance electronic untuk menyampaikan lirik di lagu Excuse Me. Liriknya sendiri "mengajarkan" para pria bahwa mereka tak akan semudah itu mendapatkan hati para wanita. Terutama bila mereka berpikir semua wanita sama saja, dan hanya melihat dari penampilan luar saja. Seperti yang BESTie bilang : excuse me, but go away.

7. Nine Muses - 'No Playboy'

https://www.youtube.com/embed/ugcMR9xCMm8

Tak hanya para pria saja yang memiliki bro code, para wanita juga punya. Ini yang diungkap oleh Nine Muses melalui lagu mereka No Playboy. Track hits catchy ini pun mengungkap bahwa mereka memilih para teman wanita yang percaya diri dan mencintai diri mereka dibandingkan para playboy!

8. CLC - 'No Oh Oh'

https://www.youtube.com/embed/GoV7B9K23ts

CLC terus dikenal dengan lagu mereka yang super catchy. Dan No Oh Oh pun tak jauh berbeda, Di lagu ini, girl group dari Cube Ent ini  mengungkap bagaimana para pria bukan segalanya di hidup mereka. Jauh lebih penting untuk menghabiskan waktu dengan mencintai diri sendiri dan tak membiarkan para pria mengatur hidup mereka.

9. KARA - 'Pretty Girl'

https://www.youtube.com/embed/35eYHsrNGzc

KARA pun memiliki lagu yang seakan meyakinkan setiap wanita bahwa mereka cantik seperti adanya mereka. Dan bahwa semua orang memiliki kencatikan mereka masing-masing. Cocok bukan dengan semangat Hari Wanita Internasional tahun ini?

10. TWICE - 'Like OOH AHH'

https://www.youtube.com/embed/0rtV5esQT6I

Girl group yang tengah menjadi nomor satu di Korea Selatan ini pun rupanya memiliki lagu dengan semangat women empowerment yang begitu kental. Di lagu Like Ooh Ahh ini Twice menunjukan tak hanya pria yang memiliki tipe-tipe gadis tertentu yang mereka cari. Mereka pun punya! Selain itu untuk lagu ini juga Twice menggambarkan mereka tak akan begitu saja mudah jatuh cinta dan melakukan apapun untuk para pria.

Menurut kalian, track mana yang menyampaikan pesan paling kuat di Intrnational Women's Day kali ini?

naya
More from Creative Disc