10 Lagu Debut Terbaik Boyband & Girlband KPOP

Oleh: naya - 07 Mar 2017

Di dunia indsutri musik Korea Selatan, debut merupakan salah satu hal yang begitu penting. Banyak group dinyatakan flop alias gagal hanya karena lagu debut yang dinilai kurang mampu menarik perhatian. Dan ada juga boyband serta girlband yang sudah langsung mengumpulkan banyak penggemar berkat lagu debut berkualitas terbaik. Meski tentunya tak selalu lagu debut berkualitas baik langusng disukai oleh banyak pendengar musik.

Dibawah ini kami memilih 10 lagu debut dari boyband serta girlband Korea Selatan. Check it out!

1. 2NE1 - Fire

Girlgroup ini boleh saja sudah resmi bubar pada bulan November 2016 lalu. Namun pesona CL, Bom, Dara, dan Minzy sepertinya tak akan begitu saja mudah dilupakan. Uniknya 2NE1 sudah mulai menarik perhatian sejak merilis lagu debut mereka di tahun 2009 lalu, FIRE. Dengan musik perpaduan hip hop dan reggae, 2NE1 benar-benar memberikan nafas baru di dunia musik Korea Selatan kala itu.

2. EXO - MAMA

Susah memang melihat group rilisan SM Entertainment untuk gagal di industri hiburan. Dan EXO, membuktikan pendapat tersebut. Debut di tahun 2012, EXO sudah langsung mendapat banyak penggemar. Lagu MAMA yang dirilis memang merupakan lagu ketiga setelah pre-release single History dan What is Love.

Musik dari lagu ini memang menawarkan keunikan konsep tersendiri. Memadukan musik rap, guitar, serta orkestra dalam satu lagu menjadikan MAMA sebagai salah satu lagu debut paling berkesan.

3. Black Pink - Boombayah

Digadang-gadang sebagai girl group unggulan dari YG Entertainment, Black Pink benar-benar hadir dengan lagu debut yang tak hanya unik namun juga bermutu tinggi. Melihat kualitas vokal, video, koreografi, hingga dance dari Lisa, Jennie, Rose, dan Jisoo di lagu ini saja, rasanya sulit membayangkan mereka baru saja debut.

Setelah rilisan lagu ini pun Black Pink terus meraih sukses untuk hits demi hits yang mereka rilis. Yay untuk Black Pink!

4. Shinee - Replay

SM Entertainment memang ahlinya dalam meramu lagu-lagu hits yang tak hanya akan menjadi populer di kalangan penggemar musik Kpop, namun untuk penggemar musik di pangsa yang lebih luas. Dan lagu debut dari boyband Shinee ini pun menjadi contohnya.

Replay meraih popularitas yang besar sejak pertama kali dirilis. Yang tentu saja melonjakkan nama Shinee sebagai boyband papan atas. Musik dengan genre klasik RnB pop ini pun menjadikan skinny jeans menjadi trend di jamannya. Belum lagi gerakan dance dan lirik super catchy-nya.

5. SNSD - Into The New World

Akan aneh rasanya bila kita berbicara mengenai lagu debut terbaik dan tak membahas mengenai hits paling pertama dari SNSD. Into The New World memang secara kualitas tak bisa dibandingkan dengan lagu lain dari Girl's Generation. Namun di jamannya lagu ini begitu ikonik. Hingga mampu terjual 10,000 kopi hanya dalam hitungan minggu saja.

Selain itu, lagu ini pun menghadirkan trend baru untuk girlgroup Korea pada jamannya.

6. TWICE - Like Ohh Ahh

Suka tidak suka lagu dari TWICE ini meman menggebrak dunia musik Korea ketika dirilis tahun 2015 lalu. Popularitas Like Ohh Ahh tak hanya menjadikannya musik video yang sudah ditonton lebih dari 100 juta kali di YouTube, namun juga membawa TWICE meraih banyak penghargaan.

Untungnya lagu hits tersebut tak menjadi one hit wonder bagi girlgroup dari JYP Ent ini. TWICE masih terus merilis lagu hits lain mengikuti sukses dari lagu debutnya.

7. MAMAMOO - Mr. Ambiguous

Berbeda dari girlgroup lain yang kerap kali dikritik karena kualitas suara dan kemampuan musikalitasnya, MAMAMOO justru menuai banyak sekali pujian untuk dua hal itu. Dan yang membuat lagu-lagu mereka meroket naik, tak hanya di chart namun juga di hati penggemar.

Debut di tahun 2014 lalu, MAMAMOO merilis lagu Mr. Ambiguous, yang walaupun tak memberikan mereka popularitas secara langsung diklaim sebagai salah satu lagu debut terbaik dari segi kualitas. Kalian setuju tidak?

8. Sistar - Push Push

Sistar debut di tahun 2010 dan sudah meriah sukses dengan sederet lagu hits dan konsep yang berbeda dengan girlgroup KPOP lain. Push Push menjadi salah satu lagu debut yang diklaim tak akan pernah bosan didengarkan. Lagu dengan genre hip hop dan elektrik dance ini memang dijamin bisa membuat pendengarnya ikut bergoyang.

9. Big Bang - We Belong Together

Big Bang memang meraih puncak hitsnya dengan lagu Haru Haru serta Lies yang mendunia. Dan tentu disusun dengan sederet lagu hits lain. Namun boyband dari YG Ent ini debut di tahun 2006 dengan lagu hip hop slash pop yang ikonik, We Belong Together yang menggandeng Park Bom.

Di Korea Selatan sendiri, lagu dengan lirik romantis yang ditulis oleh G- Dragon dan T.O.P tersebut merajai chart musik selama 8 bulan berturut-turut.

10. Miss A - Bad Girl, Good Girl

Debut di tahun 2010, tak bisa dipungkiri Miss A meraih sukses yang begitu besar. Dan lagu Bad Girl, Good Girl menjadi awal mula dari kesuksesan Suzy, Jia, Fei, dan Min. Lagu ini sendiri menghadirkan konsep baru pada girlband Korea kala itu. konsep yang tak lagi cute, melainkan seksi dan fierce.

Kalau kalian, lagu debut dari boyband dan girlband KPOP apa yang paling berkesan?

naya
More from Creative Disc