Quantcast

Lea Simanjutak, Dira Sugandi dan Banyak Lagi Meriahkan Tribute to Whitney Houston di Java Jazz Festival 2017

By - 7 months ago in Concerts Review

Kalau ada artis besar yang pantas diberi Tribute di perhelatan jazz internasional, Prince, George Michael, Natalie Cole mungkin akan terlintas dan dirasa lebih pantas karena latar belakang bermusiknya.

Namun, daya tarik musik dan lagu-lagunya yang mainstream dan (tentunya) lebih banyak menjaring pendengar diluar penikmat jazz ini mungkin menjadi alasan Tribute to Whitney Houston digelar di JJF.

Anyway, performer untuk tribute kali ini adalah Lea Simanjuntak, Dira Sugandi, Kamasean dan Soundwave yang terdiri dari Rinni Wulandari dan Jevin (meskipun menurut saya kurang satu elemen vokal dari Eka Deli, yang menurut saya lebih cocok di panggung itu). Dari segi vokal, tentunya sudah tidak diragukan lagi. Lea dan Dira dengan powerhouse vocal dan liukan-liukan khasnya, Kamasean dengan suara alto serak-serak basahnya, dan Rini dengan vokal tipis R&B-nya. Lagu-lagu ballad hits Whitney seperti “I Believe in You & Me”, “Saving All My Love”, “Greatest Love of All” & “I Will Always Love You”, juga R&B tunes seperti “It’s Not Right, but It’s Okay”, “Shoop Shoop” & “If I Told You That” pun dilantunkan dengan ciri khas masing-masing penyanyi. Ditambah dengan paduan beatbox dari Jevin Soundwave, menambah cita rasa berbeda, dan dirasa bisa menambah semangat penonton untuk sing-along.

Nama besar Whitney dan lagu-lagu familiarnya tentunya sudah dihafal diluar kepala bagi yang hadir malam itu. Namun, sepertinya ada yang kurang sreg di hati saat lihat reaksi crowd malam itu. Yang sing-along bisa dihitung dengan jari (well, gak kelihatan sih, tapi kedengeran sepi). Bahkan di hits macam “It’s Not Right”, “How Will I Know”, “I Wanna Dance” dan encore “I’m Every Woman” penonton di sekitar saya cuma ngangguk-ngangguk dan senyum-senyum menyaksikan penyanyinya. Agak bertanya-tanya sih, apa yang hadir disini:
1. Benar-benar penikmat musik Whitney Houston,
2. Penonton yang cuma tahu “Greatest Love of All” dan “I Will Always Love You” saja,
3. Fans para vokalisnya yang hanya datang untuk lihat idolanya, atau
4. Tim hore yang ikut rame?

Anyhow, entah Indonesia hanya mengenal Whitney Houston sebatas 2 lagu balada hitsnya saja atau memang tribute nya yang salah tempat, tapi a massive thanks to JJF yang sudah memberikan program tersebut tahun ini (dan ditunggu loh tribute nama-nama besar di atas).

Teks by Rendy Salendu
Foto by Budi Susanto

Life. Music. Love. Fashion. A mixture of saint & stallion.

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Music News | October 13, 2017 By

Peringati 25 Tahun Usianya, Album Soundtrack “The Bodyguard” Whitney Houston Akan Dirilis Ulang

Reviews | October 11, 2017 By

JogjaRockarta & Dream Theater Yang Sangat Istimewa

Top 10 Lists | September 20, 2017 By

17 Sweet 17 Albums in 2017