10 Lagu Terbaik EXO Selama 5 Tahun Debut #5YearsWithEXO

Oleh: naya - 09 Apr 2017

#5YearsWithEXO siapa yang tidak kenal dengan boyband satu ini?

Para penggemar musik KPOP sudah pasti familar dengan band berkonsep unik ini. Debut 5 tahun lalu dibawah agensi SM Entertainment, EXO secara signifikan melaju ke puncak industri hiburan. Mulai dari single, drama, album, hingga konser dan variety show yang dijalani oleh EXO selalu jadi jaminan sukses. Tak hanya sukses di negerinya sendiri, Korea Selatan, EXO pun meraih popularitas besar di seluruh dunia.

Ini pastinya terbukti dari konser world tour yang sudah 3 kali dilakoni oleh EXO sepanjang 5 tahun karirnya. Dan tentunya sih, album yang selalu laris secara global dan jumlah internasional fans yang sangat banyak.

Untuk merayakan hari jadi EXO ke-5 #5YearsWithEXO pada 8 April ini, dibawah ini kami pilihkan 10 lagu terbaik dari EXO. Beberapa mungkin membuat kamu sedikit bernostalgia dengan masa awal debut band ini. Check this out!

1. What Is Love



Lagu ini menjadi salah satu pre-release dari debut project EXO di tahun 2012 lalu ini seakan membungkam para haters yang menganggap EXO tidak memiliki talent. Dirilis dalam dua versi Korea dan Cina, What Is Love dibawakan oleh masing-masing 2 vokalis utama dari EXO; Chen dan Luhan untuk versi Cina, serta D.O dan Baekhyun untuk What Is Love versi Korea.

Lagu ini sendiri menjadi awal dari era KPOP terbaru yang dibawah EXO. Band yang awalnya debut dengan 12 orang member ini bertekad menghadirkan konsep yang berbeda, dengan genre musik yang lebih bervariasi pula. Dan ini pun nampak dari lagu What Is Love yang hadir dengan genre musik pop berpadu R'nB yang kental.

2. GROWL



GROWL bisa dibilang merupakan era turning point dari EXO. Mega hits yang dirilis satu tahun setelah debut ini membawa EXO ke posisi berikutnya dan mulai memasuki hallyu wave di seluruh dunia. Ya, Growl dan juga album "XOXO" membawa boyband yang melakukan promosi di Cina dan Korea Selatan secara bersamaan tersebut dikenal luas oleh publik. Lagu ini, menjadi puncak dari popularitas EXO.

Berbicara mengenai genre musik, Growl masih hadir dengan genre musik yang berbeda. Kali ini EXO memadukan musik pop bersama dengan dance electro serta unsur R'nB yang masih mendominasi dari segi vokal. Selain itu, untuk musik video Growl (yang sudah ditonton lebih dari 100 juta kali), EXO menggunakan konsep one take shoot yang unik.

3. Baby Don't Cry



Masih dari album "XOXO", satu lagu lagi yang benar-benar menarik perhatian dan menunjukan keunikan dari EXO. Baby Don't Cry merupakan lagu ballad R'nB yang dibawakan oleh tiga orang vokalis EXO, Baekhyun, D.O, dan Suho, serta sang rapper Chanyeol.

Lagu yang berkisah mengenai rasa patah hati dan cinta pada seorang gadis ini dibawakan dengan begitu baik oleh EXO di banyak kesempatan, mulai dari konser hingga di beberapa acara radio.

4. Miracles of December



EXO memiliki sebuah project dimana mereka akan merilis album spesial setiap bulan Desember. Tujuannya hanya satu, merayakan Hari Natal dan Tahun Baru bersama para fans dari seluruh dunia. Dan untuk project pertama tersebut, EXO merilis album Miracles of December dengan lagu hits dengan judul yang sama.

Kali ini, EXO mengusung genre ballad yang rasanya benar-benar pas didengarkan sambil menatap salju di bulan Desember. Dan seperti lagu-lagu ballad dari EXO yang lain, untuk lagu ini pun hanya dibawakan oleh sang vokalis utama, baik itu pada versi Cina atau pun Korea. Untuk versi Korea, warna vokal Chen, sang vokalis utama benar-benar menjadikan lagu ini memiliki nafas yang berbeda.

5. El Dorado



Melompat ke album EXO di tahun 2015, boyband yang sudah mulai meraih penghargaan tertinggi Daesang dari tahun 2013 ini merilis album EXODUS yang kembali menunjukan sisi lain dari EXO. Di album ini, EXO menunjukan genre musik yang lebih "dewasa" dengan kualitas vokal dan rap yang lebih baik. Salah satunya nampak dari hits El Dorado.

Meski bukan lagu utama, El Dorado bisa dikatakan menjadi tolak ukur dari kualitas EXO sebagai sebuah band. Meski pada saat ini, member EXO yang tersisa hanya tinggal 9 orang saja.

El Dorado mengangkat genre musik R'nB dengan unsur EDM. Performance yang dihadirkan untuk hits ini sendiri memiliki nilai tambah menjadikan El Dorado menjadi jauh lebih menarik lagi.

6. Playboy



Album "EXODUS" yang dirilis pada 2015 lalu memang membawa banyak sekali lagu apik dari EXO. Salah satu lagu terbaik dari EXO di album ini, adalah Playboy. Diciptakan oleh 'SHINee' Jonghyun lagu ini sendiri kembali membuktikan EXO siap mengeksplore banyak genre lain. Selai  genre pop, R'nB, dan dance yang "seharusnya" menjadi genre utama mereka.

Playboy pun menunjukan sisi "nakal" dari EXO. Mulai dari lirik yang mengisahkan mengenai perselingkuhan, koreografi dance yang lebih seksi dari biasanya, hingga suara para vokalis di lagu ini yang dijamin bisa menghipnotis para fans.

7. Sing For You



Kembali merilis album special di bulan Desember 2015, EXO merilis lagu ballad Sing For You. Kali ini, EXO tak bercerita mengenai patah hati pada track utama di bulan Desember ini. Sebaliknya, Sing For You justru menunjukan sisi EXO sebagai seorang gentleman yang akan menyatakan rasa cintanya pada sang kekasih.

Dibawakan oleh semua member EXO, di lagu ini para rapper di group ini pun menyumbangkan suara mereka. Yang kembali membuktikan, kata siapa EXO tidak berbakat?

8. Unfair



Masih belum yakin bahwa EXO berani mencoba banyak genre musik baru, yang tak hanya untuk mereka namun juga secara luas di Kpop? Lagu yang masuk dalam album "Sing For You" ini rasanya akan siap menjadi bukti. Track ini sendiri diciptakan oleh soloist dan produser musik R'nB yang tengah hits di Korea Selatan, Dean. Karena itu tak heran memang bila lagu ini memiliki musik R'nB yang juga sama kentalnya.

Masih sama seperti mayoritas lagu dari special album "Sing For You", lagu ini pun mengisahkan mengenai pernyataan cinta kepada seorang gadis yang sudah dekat dengan mereka.

9. Lotto



Salah satu lagu paling baru dari EXO ini pun kembali merilis genre yang sama sekali baru. Masih berkutat di lingkup R'nB, EXO juga masih setia membubuhkan unsur EDM pada lagu ini. Lotto menjadi satu era baru dari EXO, yang membawa mereka meraih banyak penghargaan dan memasuki world tour ketiga mereka dengan "EXORDIUM".

Track ini sendiri merupakan unggulan dari album "EX'ACT" dan terjual lebih dari 1 juta kopi di seluruh dunia. Meski untuk lagunya sendiri terpaksa diganti menjadi Louder untuk bisa tampil di acara musik Korea Selatan, karena Lotto dianggap merupakan nama promosi brand.

10. Monster



Meski berada di urutan terakhir untuk daftar ini, Monster sebenarnya bukan lagu terakhir yang terbaik dari EXO. Malah sebaliknya. Monster membawa EXO meraih sederet penghargaan di tahun 2016 kemarin. Termasuk penghargaan Daesang di akhir tahun.

Termasuk dalam bagian album "EX'ACT", Monster membawa beberapa unsur berbeda dalam lagunya. Namun yang pasti, kekuatan vokal dan keunikan genre musik masih menjadi andalan pada lagu ini. Nilai plus lain? Seperti juga lagu sukses EXO sebelumnya, Monster menyajikan aksi panggung dengan performance dan koreografi yang di atas rata-rata.

naya
More from Creative Disc