20 Artis Dengan Penjualan Terbesar Sepanjang Masa

Oleh: admincd - 25 Apr 2017

Dalam sejarah (cukup) panjang industri musik, telah banyak muncul nama-nama yang lekat di kalangan awam yang menikmati musik mereka. Ada nama-nama yang dikategorikan sebagai legendaris dan senantiasa dikenang serta dinikmati lagu-lagunya bahkan berdekade setelah ia muncul. Ada juga nama-nama yang melesat di zamannya, namun kemudian membekas hilang begitu saja. Tentu juga banyak juga yang dikenal relatif hanya di kalangan terbatas atau bahkan tidak dikenal sama sekali, meski memiliki musikalitas berkualitas.

Terlepas dari itu, muncul pertanyaan, siapa saja kiranya yang dapat dikategorikan sebagai artis atau musisi dengan penjualan album terbesar sepanjang masa? Untuk memdapatkan jawabannya tentu harus dilakukan ranking atas sertifikasi penjualan album yang dikombinasi dengan penjualan single. Dan thoughtco.com sudah menemukan daftar 20 artis dengan penjualan terbesar sepanjang masa. Tanpa berpanjang lagi, inilah mereka:

1. The Beatles

Siapa yang tak mengenal The Beatles? Meskipun bertahan sebagai band hanya dalam periode satu dekade saha, band asal Inggris ini telah sukses merevolusionalisasi musik pop dunia. Bahkan ada yang menyebutkan jika mereka merupakan band pop paling berpengaruh sepanjang masa. Di antara tahun 1964 dan 1970, The Beatles telah merilis 14 album hit #1. Mereka juga merilis 20 single hit #1 dan tercatat sebagai rekor terbanyak sepanjang masa. Repackaging dan remastering untuk album-album lawas mereka terus menerus terjual dengan baik. Koleksi #1 mereka yang dirilis di tahun 2000, yang diberi judul sederhana saja, "1", telah terjual lebih dari 8 juta kopi. Karena masalah royalti, musik The Beatles tidak dirilis dalam bentuk digital hingga tahun 2010. Sejauh ini The Beatles telah menjual sebanyak 175 juta kopi.


2. Elvis Presley

Dengan karir yang dimulai di era 1950-an, agak sulit untuk mentotal penjualan musik Elvis Presley, terutama penjualan singlenya. Meski begitu, ia dipastikan berada di posisi 2 setelah The Beatles dalam penjualan secara keseluruhan. Setelah 3 top 10 di chart country, Elvis kemudian menyerbu chart pop dengan hit single tahun 1956-nya, 'Heartbreak Hotel'. Lagunya dianggap membantu merevolusinisasi musik populer Amerika dengan menjadikan rock 'n' roll sebagai genre terkemuka. Ia kemudian mendapatkan hit yang lebih besar lagi di tahun yang sama dengan single ganda, 'Don't Be Cruel' dan 'Hound Dog'. Di saat Elvis meninggal dunia di tahun 1977, ia telah masuk dalam Billboard Hot 100 sebanyak 148 kali. Album pertamanya yang meraih #1 adalah sebuah self-titled yang dirilis di tahun 1956. Setelahnya telah ada 8 album lain yang meraih posisi serupa. Elvis Presley telah menjual albumnya sebanyak 130 juta kopi.


3. Garth Brooks

Tidak usah diragukan lagi jika Garth Brooks merupakan musisi country dengan penjualan terbesar sepanjang masa. Ia menjuarai chart album country dengan album keduanya, "No Fences", di tahun 1990, dan 8 album lainya juga meraih prestasi serupa secara berturut-turut. Lima dari album-album tersebut bahkan menjuarai chart album secara umum. Sedang 4 di antaranya meraih sertifikasi diamond untuk penjualan yang lebih dari 10 juta. Garth pun telah menjuarai chart single country sebanyak 19 kali. Garth Brooks telah menjual sebanyak lebih dari 130 juta kopi album.


4. Led Zeppelin

Meski hanya merilis 9 buah album, band rock Led Zeppelin tetap kekal sebagai legenda musik. Semua album mereka, mulai album debut self-titled di tahun 1969 hingga album rilisan 1982, "Coda", masuk dalam top 10 chart album dan meraih platinum. Enam di antaranya adalah album #1. Album "Led Zeppelin IV", yang mencakup hit 'Stairway to Heaven', telah terjual sebanyak lebih dari 20 juta kopi. Led Zeppelin jarang sekali merilis single, tapi 'Whole Lotta Love' sukses di posisi #4 dan 4 single lain berada di top 25. Meskipun band telah bubar di tahun 1980 selepas meninggalnya John Bonham, band tetap mampu meraih top 10 di tahun 2012 berkat soundtrack film konser reuni mereka, "Celebration Day". Led Zeppelin telah menjual sebanyak lebih dari 110 juta kopi album.


5. Eagles

Album greatest hits Eagles yang dirilis di tahun 1976 berada dalam satu kategori bersama "Thriller" Michael Jackson sebagai album yang terjual hampir 30 juta kopi hanya di Amerika saja. Grup ini merilis 3 album #1 secara berturut-turut di akhir 1970-an dan meraih 6 top 10 hit single secara berturut. Sayangnya Eagles memutuskan untuk membubarkan diri di akhir 1970-an dan tidak merekam materi apapun hingga "Hell Freezes Over" 15 tahun kemudian, yang ternyata masih masih mampu menuai kesuksesan besar. Terbukti dengan penjualan lebih dari 9 juta kopi. Album terakhir mereka, "Long Road Out of Eden" (2007), telah terjual sebanyak lebih dari 7 juta kopi. Eagles telah menjual sebanyak lebih dari 100 juta kopi album.


6. Billy Joel

Meskipun ia sudah tidak merekam materi baru lagi semenjak tahun 1993, namun Billy Joel tetap tercatat sebagai salah satu penyanyi-penulis lagu terpopuler sepanjang masa. Koleksi greatest hits berkeping gandanya merupakan salah satu album terlaris sepanjang masa dengan sertifikasi double-platinum. Billy meraih top 10 di chart single dengan 13 buah lagu. Delapan album studio secara berturut, mulai dari "The Stranger" (1977) hingga "The River of Dreams" (1993) masuk dalam top 10 dan telah mendapatkan sertifikasi multi-platinum. Billy Joel telah menjual sebanyak lebih dari 80 juta kopi album.


7. Michael Jackson

Meskipun awalnya merupakan bagian dari grup sukses Jackon 5, namun Michael Jackson mampu meraih suksesnya sendiri saat bersolo karir. Album rilisan 2015 miliknya, "Thriller", tercatat sebagai salah satu dua album terlaris sepanjang masa di Amerika, dengan penjualan sebesar hampir 30 juta kopi. Album-album berikutnya, seperti "Bad", "Dangerous" dan "HIStory", juga tak kalah sukses, sehingga menganugerahi dirinya gelar King of Pop yang belum tergantikan hingga kini. Saat MJ meninggal dunia di tahun 2009, penjualan albumnya kembali mengalami peningkatan signifikan. MJ telah menjual sebanyak lebih dari 75 juta kopi album.


8. Elton John

Elton John telah meraih top 40 lebih dari 50 kali. Selama 31 tahun lamanya ia setidaknya telah menempatkan satu single di Billboard Hot 100. Single 'Candle in the Wind 1997' tercatat sebagai single terlaris sepanjang masa dengan terjual lebih dari 33 juta kopi secara global. Dimulai dengan album "Honky Chateau" di tahun 1972 Elton telah menjuarai chart album sebanyak 7 kali secara berturut. Album rilisan 1995nya, "Captain Fantastic and the Brown Dirt Cowboy" menjadi album pertama yang debut di posisi #1 chart album Amerika. Elton John telah menjual sebanyak lebih dari 75 juta kopi album.


9. Pink Floyd

Band rock Pink Floyd sukses sebagai grup yang memiliki album yang terlama duduk di chart sepanjang masa. Itu semua berkat album klasik mereka, "The Dark Side of the Moon", yang sukses berada di chart album selama 880 pekan! Penjualan album melebihi dari 15 juta kopi. Tapi itu bukan sukses Pink Floyd satu-satunya. Ada 8 album secara berturut semenjak tahun 1973 dengan "The Dark Side of the Moon". Empat di antaranya debut langsung di posisi #1. Pink Floyd telah menjual sebanyak lebih dari 75 juta kopi album.


10. Barbra Streisand

Barbra Streisand tercatat sebagai solois perempuan dengan penjualan terlaris sepanjang masa. Ia merupakan satu-satunya artis yang sukses mendapatkan album #1 satu disetiap enam dekade. Meskipun sebagian besar album tersebut direkam dengan corak musik di luar ranah pop mainstream. Barbra telah menjuarai chart single 5 kali. Ia juga tercatat sebagai artis tersukses sepanjang masa di chart kategori adult contemporary. Barbra Streisand telah menjual sebanyak lebih dari 70 juta kopi album.


11. AC/DC

Grup rock asal Australia, AC/DC, baru saja memasuki ranah rock mainstream saat vokalis mereka, Bon Scott, tutup usia di tahun 1980. Setelah mempertimbangkan untuk membubarkan diri, Brian Johnson kemudian diajak sebagai pengganti. Setelahnya tinggal sejarah, karena AC/DC menemui sukses besar. Album mereka berikutnya, "Back in Black", masuk ke top 10 dan menghasilkan single top 40 pertama mereka, 'You Shook Me All Night Long'. Album kemudian terjual sebanyak 20 juta kopi. AC/DC konsisten masuk dalam top 5 hingga beberapa dekade berikutnya, seperti album rilisan 2014, "Rock Or Bust". AC/DC telah menjual sebanyak lebih dari 70 juta kopi album.


12. George Strait

Meski George Strait tidak pernah menyebrang ke chart pop secara signifikan, namun sang bintang country tetap memiliki rekor fenomenal tersendiri. Ia merupakan satu-satunya artis lintas genre yang setidaknya memiliki 1 single top 10 selama 30 tahun. Ia juga memiliki 44 single #1 di chart single country, lebih banyak dibandingkan artis manapun. Ia juga telah menjuarai chart album 25 kali. Lima di antaranya menjuarai chart album secara umum. George Straits telah menjual sebanyak lebih dari 70 juta kopi album.


13. Madonna

Saat pertama kali Madonna memasuki chart single pop di tahun 1983 dengan 'Holiday', beberapa pengamat telah memprediksi jika ia akan menjadi salah satu artis terkemuka sepanjang masa. Dan memang benar adanya. Madonna memiliki rekor sebagai artis dengan single top 10 terbanyak yang diraih berkat 38 buah single. Tigabelas album studionya masuk dalam top 10. Dan delapan di antaranya sukses meraih posisi #1. Hingga kini, Madonna tetap aktif berkarya. Madonna telah menjual sebanyak lebih dari 65 juta kopi album.


14. Rolling Stones

Setelah awalnya dianggap hanya sebagai pengekor The Beatles dalam gerakan Invasi Inggris, Rolling Stones membuktikan jika mereka memiliki pesona tersendiri yang sulit dilawan. Tidak heran jika di awal 1970an Rolling Stones mendapat gelar "Band Rock 'n' Roll Terbesar Dunia". Dengan konsistensi yang mengagumkan, Rolling Stone telah meletakkan sebanyak 36 album dalam top 10, semenjak album debut mereka di tahun 1964. Bahkan setelah 50 tahun usia karir mereka, Rolling Stone masih perkasa hingga saat ini. Rolling Stone telah menjual lebih dari 65 juta kopi album.


15. Aerosmith

Kepopuleran diraih band rock gawangan Steven Tyler, Aerosmith di era 70-an. Mereka telah merilis 6 album yang meraih sertifikasi platinum secara berturut-turut, serta menghadiahkan kita lagu-lagu klasik seperti 'Dream On' atau 'Walk This Way'. Mesk demikian, comeback mereka di akhir era 80-an yang mengangkat nama Aerosmith menjadi legenda rock. Ada 4 album peraih multi-platinum yang dirilis oleh band ini. Aerosmith telah menjual lebih dari 65 juta kopi album.


16. Mariah Carey

Album debut Mariah Carey yang dirilis tahun 1990 merupakan salah satu album debut terlaris sepanjang masa. Memasuki dekade 2000-an, karirnya memang mengalami penurunan, namun di tahun 2005 Mariah Carey melakukan comeback pop terbesar dengan albumnya, "The Emancipation of Mimi", yang menelurkan hits 'We Belong Together' yang secara fenomenal menjadi juara Hot 100 selama 14 pekan. Mariah juga merupakan sedikit artis yang memiliki koleksi #1 terbanyak. Mariah Carey telah menjual sebanyak lebih dari 60 juta kopi album.


17. Metallica

Band pengusung heavy metal, Metallica, dibentuk di tahun 1981 saat gitaris James Hetfield menjawab iklan yang dipasang oleh drummer Lars Ulrich. Album pertama mereka yang dirilis di tahun 1983, "Kill 'Em All" sukses masuk ke chart album. Tapi album rilisan 1989, "Master of Puppets" adalah yang mengangkat nama band secara lebih luas. Metallica telah menjuarai chart album setidaknya melalui 5 album studio mereka. Metallica telah menjual lebih dari 60 juta kopi album.


18. Van Hallen

Tidak banyak grup yang masih bertahan selepas keluarnya sang frontman yang flamboyan dan kemudian merilis 4 buah album yang secara berturut-turut menjadi #1. Salah satunya adalah Van Hallen. Band rock ini telah merilis 11 album yang secara berturut masuk 10 besar, termasuk album paling terbaru mereka, "A Different Kind of Truth", yang dirilis di tahun 2012, yang direkam setelah melakukan reuni dengan frontman orisinal mereka, David Lee Roth. Grup ini meraih puncak mereka di tahun 1984 dengan hit single #1, 'Jump'. Van hallen telah menjual sebanyak lebih dari 55 juta kopi album.


19. Whitney Houston

Produser kenamaan Clive Davis menyadari jika ada sesuatu yang istimewa dengan Whitney Houston saat pertama kali berjumpa dengan sang Diva. Setelah mengontrak Whitney di labelnya, Arista, di tahun 1983, sang penyanyi merilis salah satu album debut terlaris sepanjang masa. Whitney menyusulnya dengan album kedua yang penjualannya nyaris menyamai angka penjualan album pertama. Setelahnya karir Whitney secara konsisten menghasilkan album demi album dan single demi single yang sukses, sampai meninggal dunia secara tragis di tahun 2012. Whitney Houston telah menjual lebih dari 50 juta kopi album.


20. U2

Band rock asal Irlandia tidak semerta-merta langsung mendapatkan tempatnya di ranan pop mainstream. Dengan perilisan album debut mereka di tahun 1980, "Boy", grup ini harus bersaing dengan berbagai grup lain asal Inggris atau band post-punk Irlandia. Album kemudian menanjak ke posisi #63 dengan ulasan positif dari kritikus. Dan melalui album ketiga, "War" (1983), U2 melesat menjadi rock star internasional. Album mencakup hit single top 10, 'New Year's Day'. Di tahun 1987, album kelima U2, "The Joshua Tree" dan single #1 'With or Without You', dunia sudah berada di genggaman U2. Penjualan album mereka di Amerika disebutkan melebihi dari angka 50 juta kopi.


admincd
More from Creative Disc