Quantcast

20 Artis Dengan Penjualan Terbesar Sepanjang Masa

By - 4 months ago in Top 10 Lists

Dalam sejarah (cukup) panjang industri musik, telah banyak muncul nama-nama yang lekat di kalangan awam yang menikmati musik mereka. Ada nama-nama yang dikategorikan sebagai legendaris dan senantiasa dikenang serta dinikmati lagu-lagunya bahkan berdekade setelah ia muncul. Ada juga nama-nama yang melesat di zamannya, namun kemudian membekas hilang begitu saja. Tentu juga banyak juga yang dikenal relatif hanya di kalangan terbatas atau bahkan tidak dikenal sama sekali, meski memiliki musikalitas berkualitas.

Terlepas dari itu, muncul pertanyaan, siapa saja kiranya yang dapat dikategorikan sebagai artis atau musisi dengan penjualan album terbesar sepanjang masa? Untuk memdapatkan jawabannya tentu harus dilakukan ranking atas sertifikasi penjualan album yang dikombinasi dengan penjualan single. Dan thoughtco.com sudah menemukan daftar 20 artis dengan penjualan terbesar sepanjang masa. Tanpa berpanjang lagi, inilah mereka:

1. The Beatles

Siapa yang tak mengenal The Beatles? Meskipun bertahan sebagai band hanya dalam periode satu dekade saha, band asal Inggris ini telah sukses merevolusionalisasi musik pop dunia. Bahkan ada yang menyebutkan jika mereka merupakan band pop paling berpengaruh sepanjang masa. Di antara tahun 1964 dan 1970, The Beatles telah merilis 14 album hit #1. Mereka juga merilis 20 single hit #1 dan tercatat sebagai rekor terbanyak sepanjang masa. Repackaging dan remastering untuk album-album lawas mereka terus menerus terjual dengan baik. Koleksi #1 mereka yang dirilis di tahun 2000, yang diberi judul sederhana saja, “1”, telah terjual lebih dari 8 juta kopi. Karena masalah royalti, musik The Beatles tidak dirilis dalam bentuk digital hingga tahun 2010. Sejauh ini The Beatles telah menjual sebanyak 175 juta kopi.


2. Elvis Presley

Dengan karir yang dimulai di era 1950-an, agak sulit untuk mentotal penjualan musik Elvis Presley, terutama penjualan singlenya. Meski begitu, ia dipastikan berada di posisi 2 setelah The Beatles dalam penjualan secara keseluruhan. Setelah 3 top 10 di chart country, Elvis kemudian menyerbu chart pop dengan hit single tahun 1956-nya, ‘Heartbreak Hotel’. Lagunya dianggap membantu merevolusinisasi musik populer Amerika dengan menjadikan rock ‘n’ roll sebagai genre terkemuka. Ia kemudian mendapatkan hit yang lebih besar lagi di tahun yang sama dengan single ganda, ‘Don’t Be Cruel’ dan ‘Hound Dog’. Di saat Elvis meninggal dunia di tahun 1977, ia telah masuk dalam Billboard Hot 100 sebanyak 148 kali. Album pertamanya yang meraih #1 adalah sebuah self-titled yang dirilis di tahun 1956. Setelahnya telah ada 8 album lain yang meraih posisi serupa. Elvis Presley telah menjual albumnya sebanyak 130 juta kopi.


3. Garth Brooks

Tidak usah diragukan lagi jika Garth Brooks merupakan musisi country dengan penjualan terbesar sepanjang masa. Ia menjuarai chart album country dengan album keduanya, “No Fences”, di tahun 1990, dan 8 album lainya juga meraih prestasi serupa secara berturut-turut. Lima dari album-album tersebut bahkan menjuarai chart album secara umum. Sedang 4 di antaranya meraih sertifikasi diamond untuk penjualan yang lebih dari 10 juta. Garth pun telah menjuarai chart single country sebanyak 19 kali. Garth Brooks telah menjual sebanyak lebih dari 130 juta kopi album.


4. Led Zeppelin

Meski hanya merilis 9 buah album, band rock Led Zeppelin tetap kekal sebagai legenda musik. Semua album mereka, mulai album debut self-titled di tahun 1969 hingga album rilisan 1982, “Coda”, masuk dalam top 10 chart album dan meraih platinum. Enam di antaranya adalah album #1. Album “Led Zeppelin IV”, yang mencakup hit ‘Stairway to Heaven’, telah terjual sebanyak lebih dari 20 juta kopi. Led Zeppelin jarang sekali merilis single, tapi ‘Whole Lotta Love’ sukses di posisi #4 dan 4 single lain berada di top 25. Meskipun band telah bubar di tahun 1980 selepas meninggalnya John Bonham, band tetap mampu meraih top 10 di tahun 2012 berkat soundtrack film konser reuni mereka, “Celebration Day”. Led Zeppelin telah menjual sebanyak lebih dari 110 juta kopi album.


5. Eagles

Album greatest hits Eagles yang dirilis di tahun 1976 berada dalam satu kategori bersama “Thriller” Michael Jackson sebagai album yang terjual hampir 30 juta kopi hanya di Amerika saja. Grup ini merilis 3 album #1 secara berturut-turut di akhir 1970-an dan meraih 6 top 10 hit single secara berturut. Sayangnya Eagles memutuskan untuk membubarkan diri di akhir 1970-an dan tidak merekam materi apapun hingga “Hell Freezes Over” 15 tahun kemudian, yang ternyata masih masih mampu menuai kesuksesan besar. Terbukti dengan penjualan lebih dari 9 juta kopi. Album terakhir mereka, “Long Road Out of Eden” (2007), telah terjual sebanyak lebih dari 7 juta kopi. Eagles telah menjual sebanyak lebih dari 100 juta kopi album.


Love Film. Love Books. And Everything in Between.

Comments

One Response to “20 Artis Dengan Penjualan Terbesar Sepanjang Masa”

  1. Ari says:

    List nya sepertinya penjualan di US ya bukan worldwide

Leave a Reply

Related Articles

Music News | August 23, 2017 By

Kiiara Menjelalah Ibiza Dalam Video Single Kolaborasi David Guetta Bersama Dimitri Vegas & Like Mike, ‘Complicated’

Music News | By

Liam Payne, Rita Ora, The Vamps, Camila Cabello & Dua Lipa Akan Manggung Di Acara “Teen Awards 2017” BBC Radio 1

Music News | By

Bruno Mars Baru Tahu Kalau Twitter Bisa Posting Multi Foto