10 Lagu Tribute Untuk Film Star Wars

Oleh: asri-yunita - 04 May 2017

Teruntuk penggemar Star Wars dari berbagai generasi, selamat memperingati Hari Star Wars Sedunia tanggal 4 Mei. Saatnya menggunakan segala atribut dan mengangkat light saber setinggi mungkin sambil mendengarkan setiap penggal lirik dari lagu - lagu yang bertema atau sedikit terinspirasi dari dunia pertempuran antar galaksi, star wars. Do or do not, there is no try and may the force be with you.

1. Blink 182 – A New Hope

“And of course I'd do anything for her/I'd search the moons of Endor/I'd even walk naked through the deserts of Tatooine/Princess Leia, where are you tonight?”

Sebelum film The Phantom Menace rilis di bioskop tahun 1999 dan sebelum Blink 182 menggebrak MTV dengan ‘What’s My Age Again’, Blink 182 menghidupkan kembali film pertama tahun 1977, Star Wars: A New Hope. Lagu ini dibuat sebelum drummer fenomenal, Travis Barker bergabung dengan Blink 182.

2. Kanye West – Gone

"But if they ever flip sides like Anakin"

Kanye West mengaku dirinya adalah fans Star Wars sejati dan siap kalau diajak bergabung dengan franchise Star Wars. Dia bahkan sudah menyiapkan nama Jedinya sendiri, Mannequin Skywalker. Sebenarnya tidak cuma lagu ini saja yang mengandung lirik Star Wars, judulnya ‘Guilt Trip’ yang mengandung karakter paling berbulu di franchise tersebut, “Star Wars fur, yeah, I'm rockin' Chewbacca". Kira-kira fans Star Wars setuju tidak ya kalau Kanye diajak bermain film Star Wars?

3. Jamiroquai – Use The Force

“Use The Force”

Tahun 1996 Jamiroquai merilis album Travelling Without Moving yang salah satunya berisikan lagu ini. Sebuah lagu yang terinspirasi adegan saat suara Obi-Wan Kenobi memberi saran pada Luke Skywalker sewaktu dia terbang menggunakan X-Wing untuk menghancurkan Death Star.

4. The Red Hot Chili Peppers – Californication

“Alderaan’s not far away”

Banyak yang mengenal lagu ini selama belasan tahun, tapi mungkin tidak semua mengerti lirik yang dinyanyikan oleh sang frontman, Anthony Kiedis. Sehingga tidak banyak yang tahu bahwa ada unsur Star Wars di dalamnya. Untuk mengingatkan saja, Alderaan adalah planet yang merupakan rumah dari Princess Leia Organa yang sayangnya dihancurkan oleh ayahnya sendiri, Darth Vader dengan menggunakan Death Star.

5. Justin Bieber ft Jaden Smith – Never Say Never

“Like Luke with the force, when push comes to shove”

‘Never’ Say Never’ menjadi soundtrack dari film The Karate Kid yang diperankan oleh Jaden Smith. Mungkin tidak ada hubungannya dengan lagu ini, tapi Justin Bieber pernah digosipkan untuk memerankan Han Solo muda di spin-off Star Wars. Tentu saja hal itu tidak benar karena kita semua tahu bahwa Alden Ehrenreich yang beruntung untuk memerankan karakter tersebut. Gimana ya kalau ternyata gosip itu benar?

6. Yellowcard – Surface of the Sun

“This is a story full of restless nights of do or do not 'cause there is no try”

Walaupun mereka sudah tidak bersama lagi tahun ini, tapi kutipan dialog paling terkenal dari Master Yoda di atas tentu masih pedoman hidup dari sang frontman Ryan Key, yang mempersembahkan kulit lengan kanannya untuk ditato dengan tema Star Wars, mulai dari Darth Vader, logo Galactic Empire, C3PO, R2D2, Stromtrooper sampai Master Yoda. Jelas kecintaannya pada Star Wars tidak perlu diragukan lagi.

7. The Presidents of the United States of America – Death Star

“Goodbye, death star You were the largest weapon, ever manufactured”

Apalah lagu Star Wars tanpa menyebutkan senjata andalan dari Galactic Empire, Death Star. Lagu ini diambil dari album Freaked Out And Small (2000) dan menjabarkan bagaimana senjata super tersebut sangat bertenaga dan tampak tak terkalahkan untuk menghancurkan planet-planet di galaksi tapi akhirnya termusnahkan.

8. House of Pain – Feel It

“So catch me if you can, you know I'm the man like Chewbacca knows Han."

Grup hip hop asal Amerika yang populer tahun 90an, dan lagu ini diambil dari album self-titled mereka tahun 1992. Pada saat itu prequel trilogy dari Star Wars belum rilis di bioskop, jadi pastinya usia mereka cukup senior sehingga sudah menikmati Star Wars Original Trilogy (1977-1983)

9. Good Charlotte – The Click

“Just because I walk like Obi-Wan Kenobi”

Lagu ini diambil dari album self-titled yang merupakan debut dari Good Charlotte. Selain itu Good Charlotte juga pernah mendapat kehormatan untuk tampil di program Total Request Live (TRL) Star Wars Special milik MTV untuk merayakan rilisnya film Star Wars: Episode III - Revenge of The Sith (2005). Lebih serunya lagi, mereka tampil di Skywalker Ranch, tempat kerja dari pencipta Star Wars, George Lucas yang terletak di daerah terpencil namun terbuka dekat Nicasio, California. Sangat beruntung.

10. Eminem – Rhyme or Reason

"Back with the Yoda of rap, in a spasm/You must, Rick Rubin, my little Padawan/A Jedi in training/Puke Skywalker But sound like Chewbacca when I talk”

Tidak hanya lagu ini saja yang mengandung unsur Star Wars, ada juga di lagu ‘Rain Man’, ‘Stay Wide Awake’, ‘Old Time Sake’, dan ‘You’re never Over’. Eminem adalah salah satu rapper yang punya banyak unsur Star Wars dalam lirik lagunya. Selain Eminem dan Kanye West rapper lain yang juga memakai Star Wars dalam lirik lagunya antara lain LL Cool J, Ludacris, Busta Rhymes, sampai Big Sean.

asri-yunita
More from Creative Disc