Quantcast

Album of The Day – PSY ‘4×2=8’

By - 2 weeks ago in Album of The Day

Apa yang bisa diharapkan dari album yang menandai kembalinya Clown Prince of K-Hip-pop,PSY? Tiga hal sebenarnya. Hype secara internasional, musik hip hop raw yang kaya akan twist, dan bintang-bintang yang bertaburan. Dan ketiga hal tersebut dipenuhi oleh penyanyi kelas dunia dari YG Entertainment tersebut.

Yang pertama, hype. PSY dikenal luas dan mendunia berkat mega hits Oppa Gangnam Style pada tahun 2012 lalu. Dan untungnya, penyanyi yang sebelumnya sudah meraih sukses besar di Korea Selatan ini tak berhenti disitu. PSY terus dan terus merilis hits baru dari tahun ke tahun dalam setiap album yang diluncurkan. Mulai dari Gentleman hingga, I Luv IT dan New Face yang menjadi dua track unggulan dari album “4×2=8” ini.

Musik video pada kedua title track ini pun hadir spesial. Dan hingga saat ini sudah disaksikan lebih dari 12 juta kali di YouTube. Hanya dalam waktu 2 hari setelah dirilis. Belum lagi musik video ini pun menjadi trending di banyak negara. The real hype.

Kedua, musik Korean hip hop yang raw. Diantara banyaknya rilisan baru yang mengklaim dirinya merupakan musik hip hop, PSY seakan menunjukan bagaimana musik K-HipHop sebenarnya dalam album ini. Terlebih, dengan hadirnya beberapa “master” hip hop dari industri musik Korea Selatan yang digandeng. Seperti, TabloB.I dan Bobby dari group hip hop iKon, serta Taeyang dan G-Dragon ‘Big Bang’.

Sentuhan musik dance pun diselipkan oleh PSY di beberapa lagu pada album “4×2=8” ini. Tentunya, untuk membuat album dan juga track di dalamnya lebih mudah diterima oleh pendengar. Selain itu, sentuhan pop R’nB juga dihadirkan melalui track ketiga Last Scene yang dibawakan bersama dengan model dan aktris cantik yang tengah naik daun, Lee Sung Kyung. Track selanjutnya pun tak kalah menarik. Love yang merupakan kolaborasi dengan Taeyang menjadi sentuhan menarik lain.

PSY memang nampak habis-habisan untuk album ini. Salah satunya, “habis-habisan” dalam mengeluarkan para hoobae alias juniornya di agensi YG Entertainment. Setelah dua lagu kolaborasi dengan Taeyang dan Lee Sung Kyung yang keduanya dari agensi yang sama, PSY pun menggandeng boyband bontot dari YG Ent, Bobby dan B.I dalam track Bomb.

Dari 10 lagu, yang paling menarik dan nampak penuh dengan diss dan rap yang goes hard dari PSY dan G-Dragon. Tak salah memang bisa Fact Abuse dikatakan sebagai ajang pamer kebolehan dan talent dari PSY dan G-Dragon. Dan pastinya, ajang pamer popularitas.

Seperti yang dibilang G-Dragon pada lirik rapnya di lagu ini, “I’m your celebrity’s celebrity, I’m the one and only celebrity, I’m everyone’s celebrity.”

Kolaborasi terakhir dari album ini, PSY menggandeng pentolan Epik High, Tablo untuk masterpiece berjudul Auto Reverse. Lagu ini sendiri memiliki aura tahun 90-an yang kental terutama dengan musik dan background vokal dari seorang penyanyi wanita (uncredited). Ketika track lain banyak berbicara mengenai “siapa PSY” dan sedikit mengenai cinta, untuk track ini PSY dan Tablo menyentuh sebuah perasaan sentimentilbernama “memori”. Sebuah karya yang sangat apik dari dua dari banyak talent di YG Entertainment.

Keseluruhan album ini memang sangat pantas diapresiasi. Bukan hanya oleh penggemar Kpop atau Khiphop. Bahkan, bukan hanya oleh para die hard YGSTANS.

Track List:

01. I LUV IT
02. New Face
03. Last Scene (Feat. Lee Sung Kyung)
04. LOVE (Feat. Taeyang)
05. BOMB (Feat. B.I, BOBBY)
06. We Are Young
07. Fact Abuse (Feat. G-DRAGON)
08. Rock will never die
09. Place to Lean On
10. Auto Reverse (Feat. TABLO)


Musik video New Face


Musik video I Luv It

extremely loud, music enthusiast, and proud mother of 3 kittens

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Music News | May 28, 2017 By

Nam Taehyun Ungkap Alasan Sebenarnya Mengapa Keluar Dari WINNER

Music News | By

Produce 101 Season 2 Bakal Gelar Konser Dengan 35 Kontestan Pada Awal Juli Nanti

Music News | May 27, 2017 By

Rita Ora Gandeng Ed Sheeran Untuk Single Anyar “Your Song”