Quantcast

Top 10 Long Live Pop Punk

By - 1 week ago in Top 10 Lists

Ini 10 diantara banyak lagu transformasi Punk Rock dengan melodi, lirik, dan beat yang catchy dan ringan tapi tetap sangar. Yang tentunya memanjakan telinga dan bisa dinikmati semua kalangan terutama yang lahir di jaman golden years, yaitu 90an. Dimana revolusi musik punk dimulai dan skateboard juga BMX jadi hal yang keren. Marilah disimak.

1. Paramore – Misery Business

Lagu ini menjadi bukti kalau Paramore pernah berjaya dalam genre pop-punk. ‘Misery Business’ masuk dalam album ke-2 Riot! dan ditulis oleh Hayley Williams (lead vocal) dan Josh Farro (ex-lead guitarist). Liriknya ditulis Hayley saat dia masih 17 tahun dan berdasar pengalamannya semasa SMA dulu. Intinya menceritakan tentang keberhasilan seorang perempuan ‘mencuri’ pacar orang lain. Selain mendapat triple-platinum, ‘Misery Business’ juga dianugerahi Video of the Year pada 2007 oleh majalah musik kenamaan, Alternative Press. Semoga lagu ini menjadi pengobat rindu parawhore angkatan 2005-2009.

2. Blink 182 – What’s My Age Again?

Tentu ini band yang wajib ada di playlist pop-punk, karena mereka salah satu band yang sukses menjadi panutan anak punk tahun 90’an sampai 2000an awal. Tom, Mark dan Travis seperti tidak terpisahkan pada saat itu dan sudah jadi satu kesatuan yang sempurna untuk Blink 182. Sayangnya dengan bertambahnya usia, selera masing-masing jadi berbeda dan terjadilah keretakan dalam rumah tangga. Anyway, semoga masih inget kalau lagu ini masuk dalam album ke-3 Enema of the State dan berdasarkan kisah hidup Mark Hoppus (bassist) yang sering dibilang masih kekanakan oleh para perempuan. Di akhir lagu mereka memberi pesan bijak sekaligus kesimpulan lagu ini: “It’s OK, you shouldn’t care what people think of you

3. New Found Glory – My Friends Over You

Yang dulu aktif ngeband jaman sekolah tahun 2000an awal, pastilah tak asing dengan chord lagu ini. ‘My Friends Over You’ terpilih menjadi lead single  untuk album ke-3, Sticks and Stones (2002) dan sejak saat itu menjadi lagu andalan New Found Glory untuk menutup tiap konser. Jaman dahulu kala video klipnya sering diputar di channel MTV, tapi mungkin nggak banyak yang sadar kalau Travis Barker sang drummer Blink-182 ikut nampang sepersekian detik. Penasaran dimana? Coba dicek sendiri.

4. Four Year Strong – We All Float Down Here

Lagu in ada di dalam album ke-5 Four Year Strong yang berjudul Four Year Strong. Kalau katanya vokalis/gitaris, Dan O’Connor, “Album ini adalah album terkasar yang pernah kami buat. Kami hanya bermain tanpa campur tangan komputer, dan sengaja diciptakan untuk head-banging dan bernyanyi bersama-sama.

5. A Day to Remember – I’m Already Gone

Di balik sisi garang Jeremy McKinnon dan kawan-kawan, ternyata mereka bisa begitu lemah lembut membawakan lagu akustik yang semakin didukung dengan video clip ala boyband. Dalam video tersebut A Day to Remember mengarungi River Thames di London menggunakan boat di tengah cuaca hujan, yang menjadikan suasana kelembutan semakin pas. Lagu ini ditulis sendiri oleh sang vokalis, Jeremy di dalam bus ketika mereka tur bareng Bring Me The Horizon pada 2009 di Inggris. Mungkin karena itu mereka memilih Inggris sebagai lokasi syuting video clip.

Green Day – Warning

‘Warning’ menjadi single kedua untuk album ke-6 yang berjudul sama. Kalau katanya vokalis Billie Joe Armstrong, konsep lagu ini adalah untuk membuat lirik yang mencantumkan segala macam papan petunjuk dan label. Banyak yang bilang kalau riff gitar utama ‘Warning’ terdengar mirip dengan lagu milik The Kinks ‘Picture Book’. Green day baru merilis album ke-12 Revolution Radio tahun kemarin. Kalau dihitung-hitung, mereka sudah bertahan di dunia musik selama 31 tahun sejak 1986 dan pas ditanya apa rahasia mereka bisa bertahan begitu lama, sang vokalis hanya menjawab “Circle massage…We like to massage each other.”

7. Sum 41 – In Too Deep

Setelah era Blink-182 dan Green Day di awal dan akhir 90an, muncullah berandalan pop punk asal Kanada yang bernama Sum 41 di awal 2000an dengan attitude yang tidak jauh beda dan musik yang tidak kalah keren. Mereka berhasil menjadi fenomena baru di scene musik punk pada saat itu dan semakin fenomenal karena sang vokalis, Deryck Whibley menjalin hubungan dengan Avril Lavigne. Dia sendiri sering memainkan lagu ini bersama Avril di Best Damn Tour pada 2008.

8. All Time Low – Dear Maria, Count Me In

Lagu inilah yang membuat All Time Low makin dikenal khalayak ramai di tahun 2008, bahkan menjadi lagu pertama mereka yang masuk di chart Billboard. Selain itu, lagu ini mereka buat untuk mengapresiasi penari striptis. All Time Low adalah salah satu band dengan personil berwajah ganteng yang membuat fansnya sebagian besar perempuan.

9. Simple Plan – I’d Do Anything

Sebelum Simple Plan khilaf dan membuat lagu semacam ‘Summer Paradise’, mereka pernah menjadi band punk yang sesungguhnya dengan merilis ‘I’d Do Anything’. Yang paling memukau adalah munculnya bassist legendaris Blink 182, Mark Hoppus sebagai pendukung vocal dan model video clip di lagu ini

10. Rancid – Ruby Soho

Rancid adalah band yang dibuat oleh veteran punk, Tim Armstrong dan Matt Freeman yang dahulunya bergelut di genre ska punk bersama Operation Ivy. Meskipun Rancid termasuk band yang berpengaruh di scene musik punk pada saat itu, ternyata tahun 1993 mereka pernah mengajak Billie Joe Armstrong dari Green Day untuk menjadi gitaris mereka. Billie memang pernah muncul di lagu Rancid berjudul ‘Radio’, tetapi menolak untuk menjadi gitaris tetap Rancid.

Teks:
Asri Yunita

Singing along a little f*** louder to a happy song

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Pre-Order | May 21, 2017 By

Exclusive Pre Order CD New Found Glory – “Makes Me Sick”

Music News | May 19, 2017 By

Muse Akhirnya Rilis Single Dan Video Terbarunya “Dig Down”

Album of The Day Featured Article | May 18, 2017 By

Album of the Day: Paramore – After Laughter