Quantcast

Album of the Day: Imagine Dragons – Evolve

By - 3 months ago in Album of The Day

Released by: Universal Music Indonesia

Selain The Killers, kota gemerlapan Las Vegas juga sukses mempersembahkan band rock lain, Imagine Dragons. Melalui dua album pertama mereka, “Night Visions” (2012) dan “Smoke + Mirrors” (2015), band melanjutkan estafet stadium rock dari pendahulunya. Hanya saja, di album ketiga mereka, “Evolve“, Imagine Dragons tampaknya merasa perlu untuk melakukan evolusi. Setidaknya dalam musikalitas mereka. Oleh karena itu, siapkan diri untuk mendengarkan Dan Reynolds yang akan bernyanyi dalam koridor pop yang lebih besar.

Harus diakui saat ini Imagine Dragons merupakan salah satu band rock terkemuka masa kini. Kesuksesan dua album mereka dan barisan hit single yang menyertai adalah buktinya. Hanya saja, mungkin Imagine Dragons merasa mereka akan mandeg jika hanya berada di wilayah power-rock. Apalagi sebenarnya pop bukan hal tabu bagi mereka. Lantas mengapa kini mereka tidak lebih mengedepankan pop dan sebaliknya menjadikan rock sebagai latar saja?

Sebagai hasil, maka riff gitar tidak lagi menjadi andalan. Ketukan beat atraktif dan melodi catchy yang lebih gampang dicerna adalah andalan dalam “Evolve”. Dan sebagaimana trend 80-an yang tengah mewabah, maka Imagine Dragons juga tak mau ketingggalan dalam merangkulnya dalam album ini. Maka “Evolve” menawarkan track-track seperti ‘Walking The Wire’ sebuah power-pop yang mengajak synth sebagai temannya sementara chorus menjulang dengan athemik; track pop-dance yang membuka album dengan meriah, I Don’t Know Why’; nuansa up-beat yang cozy dalam ‘I’ll Make Up to You’; atau ‘Star Over’ yang mengingatkan akan Toto di era kejayaan mereka.

Tentunya Imagine Dragons tak ingin terjebak dalam pola yang sama untuk setiap lagu dalam “Evolve”. Petualangan mereka tidak melulu hanya berada di wilayah pop 80-an berbau synth, namun juga menyebrang ke ranah lain. Maka kita bisa menyimak track seperti ‘Dancing In The Dark’ yang bernafaskan trip-hop, dengan vokal Reynolds yang dimanipulasi agar terdistorsi. Sama sekali tidak akan mengingatkan Imagine Dragons jika tidak disebut nama mereka sebagai pengusungnya.

‘Whatever It Takes’ sedikit memasukkan elemen hip-hop dalam musiknya, meski secara umum ini adalah track yang mengingatkan akan gaya lama Imagine Dragons, stadium rock. Sedang hip-hop yang lebih penuh dihadirkan dalam ‘Thunder’, yang secara notasi jelas merangkul hip-hop tadi ketimbang ‘Whatever It Takes’, meski sekali lagi harus dicatat jika Imagine Dragons tidak meninggalkan ciri rock mereka.

Tentunya stadium rock itu sendiri tidak benar-benar ditinggalkan oleh Imagine Dragons. Hit single dari album ini, ‘Believer’, jelas adalah perwujudan sempurna dari musikalitas mereka yang dikenal publik. Mulai dari ketukan drum menggebu, riff gitar, hingga beat elektrik, sementara Reynolds bernyanyi secara agresif. Untuk menandakan jika ‘Believer’ merupakan bagian dari era “Evolve”, bukan “Smoke + Mirrors” apalagi ketimbang “Night Visions”, adalah asupan popnya tadi menjadi latar depan untuk lagunya.

Bukan berarti Imagine Dragons meninggalkan sisi rock mereka begitu saja. Album masih memberi tempat untuk itu. “Evolve” menawarkan ‘Yesterday’ yang moody dan dihadirkan dengan dinamika yang cukup tak terduga. Sedangkan dalam ‘Mouth Of The River’ mereka seolah memberi penghormatan pada band “sekampung” mereka, The Killers.

“Evolve” adalah album pop yang solid. Mungkin akan terdengar formulatis, bahkan jenerik, bagi sebagian orang. Namun begitu tetap saja Imagine Dragons harus diakui mampu menghadirkan lagu-lagu yang menarik perhatian. Sebagaimana judulnya, ini adalah proses evolusi, bukan revolusi, maka proses masih berjalan. Meski belum diketahui apakah nantinya Imagine Dragons akan menjadi band pop, rock atau pop-rock, karena bagaimanapun album ini merupakan pergulatan dari genre-genre tersebut, tapi tetap saja “Evolve” adalah album yang menyenangkan untuk didengar, tidak pernah membosankan dan sangat-sangat entertaining.

Official Website

TRACKLIST

1. “I Don’t Know Why” 3:10
2. “Whatever It Takes” 3:21
3. “Believer” 3:24
4. “Walking the Wire” 3:52
5. “Rise Up” 3:51
6. “I’ll Make It Up to You” 4:22
7. “Yesterday” 3:25
8. “Mouth of the River” 3:41
9. “Thunder” 3:07
10. “Start Over” 3:06
11. “Dancing in the Dark” 3:53

Love Film. Love Books. And Everything in Between.

Comments

2 Responses to “Album of the Day: Imagine Dragons – Evolve”

  1. tya says:

    i love start over, walking the wire, thunder <3

  2. Abdul Jalil says:

    baru sempet dengerin e track…Believer paling asyik sejauh ini

Leave a Reply

Related Articles

Music News | September 22, 2017 By

Fergie Adalah Rapper Stylish Di Video ‘Like It Ain’t Nuttin”

Music News | By

DJ Snake Berkolaborasi Bersama LAUV Untuk Banger Emosional Tulisan Ed Sheeran, ‘A Different Way’

Music News | By

Gwen Stefani Umumkan Album Natalnya, “You Make It Feel Like Christmas”