Quantcast

Album of the Day: Patent Pending – Other People’s Greatest Hits

By - 6 months ago in Album of The Day

Rude Records

Meski sudah merilis sekitar 5 album semenjak 2006 dan berembel-embel “greatest hits“, tapi album keenam Patent Pending, band pop-punk asal Mount Sinai, New York, sama sekali bukan album kompilasi hits mereka. Memang sebuah kompilasi juga, tapi kompilasi lagu orang lain yang mereka nyanyikan ulang. Yup, it’s a cover album. Dengan berjudul “Other People’s Greatest Hits“, Patent Pending menyanyikan beberapa lagu hit, entah dari masa lalu hingga yang kekinian.

Selama ini kita terbiasa mendengarkan album cover lagu-lagu hit yang dinyanyikan secara akustik. Nah, kini Patent Pending menawarkan alternatif dengan menyajikan lagu-lagu tadi dalam bentuk pop-punk, rock alternatif hingga power pop. Bagaimana hasilnya? Cukup seru ternyata.

Mengingat Patent Pending adalah pengusung punk yang tak ragu mencampurnya dengan pop, maka bisa dipastikan segala keriuhan yang ditawarkan dalam “Other People’s Greatest Hits” masih bisa disimak atau dicerna oleh pendengar yang lebih luas. Tidak hanya terbatas di skena punk atau rock saja.

Oleh karenanya tidak heran jika lagu Little Mix, ‘Shout Out To My Ex’, masih terdengar sebagaimana aslinya, sebuah antem up-tempo yang bernada getir dan kemarahan meski tak melupakan beat catchy. Ternyata memang lagunya pas juga jika diaransemen dalam bentuk rock, karena secara keseluruhan versi Patent Pending ini masih senada dengan versi aslinya.

Little Mix bukan satu-satunya lagu girlband yang dinyanyi ulang Patent Pending di dalam album ini, karena ada lagu dari grup yang lebih senior, Spice Girls, yang juga mereka nyanyikan ulang. Maka sambutlah ‘Spice Up Your Life’ yang siap menjadi teman pesta yang meriah di tangan Patent Pending. Mereka menyebutkan jika lagu “klasik” ini memiliki nuansa ala My Chemical Romance sehingga tidak heran jika “girl power” dalam lagunya dipersembahkan Patent Pending dengan semangat yang sama.

Menariknya, Patent Pending tidak mengubah sudut pandang lagunya. Meski kini dinyanyikan oleh para laki-laki, namun secara perspektif lagunya tetap dalam koridor perempuan (atau laki-laki yang memiliki referensi seksual kepada laki-laki lain mungkin), yang menunjukkan jika band ini cukup terbuka dan tidak memiliki pemikiran sempit.

Sebagai band yang disebut sebagai party punkers, maka “Other People’s Greatest Hits” dipastikan memang sebagai sebuah “teman berpesta” yang meriah. Lagu-lagu upbeat yang mereka hadirkan akan menjadi soundtrack untuk segala keseruan saat berkumpul bersama.

Sebuah indikasi yang sudah ditunjukkan saat Patent Pending meng-mash-up dua lagu EDM, ‘Wasted’ dan ‘Wake Me Up’ sebagai pembuka album. Tentu saja beat progressive house di versi asli digantikan dengan rock anthemik dan Patent Pending dengan cukup mulus menghadirkannya. Tetap terdengar versi asli, meski kini dalam nada rock yang lebih…”gahar”. Keriaan pesta kembali dihadirkan Patent Pending dalam ‘Livin’ La Vida Loca’ yang pastinya sangat ampuh dalam mengajak pendengarnya berdansa.

Secara umum “Other People’s Greatest Hits” memang terdengar lebih pop ketimbang punk atau rock itu sendiri. Namun tentunya Patent Pending tidak membiarkan albumnya terjebak sebagai album pop biasa, karena di beberapa track, nuansa rock dikeluarkan dengan baik. Misalnya ‘All Time Low’ yang terdengar sangat punk-rock, apalagi jika dibandingkan versi aslinya yang dinyanyikan Jon Bellion.

Dan ‘Mr. Brightside’ dari The Killers pada dasarnya memang sudah memiliki materi rock, sehingga secara aransemen tidak ada perubahan berarti, karena Patent Pending membawakan lagunya amat sangat mirip dengan versi aslinya. Memang agak mengecewakan saat band memilih untuk tidak “berkreasi dan bereksplorasi” dalam membedakan lagunya, sebagaimana track-track lain, sehingga pada akhirnya terdengar seperti versi karaoke saja.

Untungnya mereka masih melanjutkan bersenang-senang dengan hit terbesar tahun ini, ‘Shape of You’, di mana mereka dengan cukup cerdas memadukan antara pop dan punk dalam porsi yang pas untuk lagunya. Tetap sebuah lagu pesta, namun dalam ranah yang berbeda dari aslinya. Begitu juga dengan track penutup, ‘See You Again’, yang aslinya dinyanyikan Miley Cyrus. Nuansa rock begitu kuat dalam versi Patent Pending, sehingga bagi yang belum pernah mendengar versi aslinya akan mengira jika lagu pada dasarnya memang lagu rock.

Dengan durasi yang cukup singkat (32 menit) dan jumlah track yang tidak begitu banyak (10), album pun terdengar padat. Mengingat komposisi mereka yang mengusung “fun” dengan tebal, maka dipastikan “Other People’s Greatest Hits” adalah sebuah album yang menyenangkan untuk disimak. Dan bisa dipastikan bahwa tidak perlu menjadi seorang fans Patent Pending untuk bisa menyimak albumnya.

Official Website

TRACKLIST

1. Wasted/Wake Me Up – originally by Tiesto / Avicii
2. Spice Up Your Life – originally by Spice Girls
3. Can’t Take My Eyes Off You – originally by The Four Seasons
4. Never Gonna Give You Up – originally by Rick Astley
5. Shout Out To My Ex – originally by Little Mix
6. Livin’ La Vida Loca – originally by Ricky Martin
7. All Time Low – originally by Jon Bellion
8. Mr. Brightside – originally by The Killers
9. Shape Of You – originally by Ed Sheeran
10. See You Again – originally by Miley Cyrus

Love Film. Love Books. And Everything in Between.

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Music News | November 24, 2017 By

Kolaborasi Epik Machine Gun Kelly, Bebe Rexha & X Ambassadors, ‘Home’, Hadirkan Videonya

Music News | By

Australia Legalisasi Pernikahan Sejenis, Lorde Rayakan Dengan Menanyikan Lagu Whitney Houston

Music News | By

Tonton Video Musik Baru Dari Liam Gallagher, ‘Come Back To Me’