Quantcast

Mau Nonton Konser, Kamu Pilih Kelas Yang Mana?

By - 4 months ago in Music News Top 10 Lists

Di balik segala kegembiraannya, masa pembelian tiket konser kadang membingungkan. Biasanya, kebingungan pertama adalah: mau pilih kelas yang mana? Kali ini CreativeDisc akan kasih kamu sedikit analisis berbagai posisi dalam venue konser.

Saat mau nonton konser, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan. Yang pertama pastinya budget. Yang kedua, prioritas. Apakah kamu mau lihat idola dengan lebih dekat, atau menikmati pengalaman konsernya. Pengalaman konser di sini maksudnya melihat segala aksi idola secara keseluruhan, pernak-pernik dan teknologi panggung, juga kualitas suara. Bisa dibilang, dengan melihat idola dari dekat, kamu sulit mendapat pengalaman konser yang maksimal karena kualitas audio yang kamu dengarkan tidak akan sebagus kalau nonton dari jauh. Banyak juga yang karena sangat ngefans dengan sang artis, dia gegabah memilih kelas. Pikirnya, kelas yang paling mahal adalah yang terbaik. Di beberapa konser, kelas paling mahal atau VIP justru jauh dari sang artis, walau kamu bisa duduk nyaman. Tapi kalau kamu ngefans banget dan ingin melihat idola dari dekat, tidak perlu selalu pilih kelas paling mahal, meskipun setiap konser memang berbeda seating plannya. Berikut contoh beberapa seating plan konser.

Ariana Grande, The Honeymoon tour, JI Expo – Kemayoran, Jakarta

Antara kelas VVIP yang termahal dan Purple yang termurah, terdapat selisih besar harga tiket. Di sini, andaikan prioritas kamu adalah melihat Ariana dari dekat, sebaiknya kamu pilih Festival A/B. Jelas, posisinya dekat panggung. Tapi kalau prioritas kamu adalah pengalaman konser, pilihlah VVIP. Andaikan kamu mau pengalaman konser dengan dana terbatas, silakan pilih Yellow atau Blue. Jangan lupa perhatikan di mana venue-nya. Jika venue-nya di Tennis Indoor Senayan yang tidak begitu besar, kamu masih bisa pilih Purple. Tapi di 2 hall JIEXPO yang luar biasa besar ini, kami tidak menyarankan kelas Purple, karena Ariana tidak akan kelihatan dengan jelas, kecuali dari layar. Tapi kalau memang budget kamu hanya cukup untuk Purple, tidak ada salahnya memilih kelas itu, asalkan kamu bisa menikmati konsernya.

One Direction, Gelora Bung Karno, Jakarta

Ini dia venue super! Satu lapangan Gelora Bung Karno. Di sini, kalau kamu ingin melihat Niall Horan dari dekat, kami sarankan kamu pilih Festival A/B, toh harganya tidak beda jauh dengan kelas termurah. Syukur juga kalau bisa bonus percikan keringat Harry. Kami kurang menyarankan kelas Festival yang lain. Kenapa? Tidak kelihatan! Semua penonton berdiri, semua penonton mengangkat berbagai gadget untuk mengabadikan jalannya konser. Kecuali tinggi kamu dua meter atau kamu rela pakai sepatu ala Lady Gaga, bolehlah pilih Festival yang lain. Kalau mau punya pengalaman konser yang seru, silakan pilih Tribune 2. Meskipun jauh, kamu bisa menyaksikan segala hal yang terjadi di panggung dengan kualitas audio yang bagus. Harga tiketnya murah pula! See? Yang paling seru tidak selalu yang paling mahal, ‘kan? Bagaimana dengan kelas VIP? Kalau kamu berdana cukup, silakan pilih VIP yang juga cukup dekat dari panggung. Bangku yang menanjak ke atas juga memungkinkan kamu menyaksikan segala hal di panggung, tapi kamu tidak akan bisa melihat wajah Personil One Direction dengan jelas.

BTS The Wings Tour 2017, Indonesia Convention Exhibition (ICE, BSD).

Layout ini memang banyak menimbulkan pro-kontra, apalagi karena posisi Purple Zone yang berbeda sendiri. Melihat seating plan ini, kamu bisa saksikan kemulusan V dengan memilih Red Zone. Red Zone terasa terlalu mahal atau ingin menikmati pengalaman konser? Silakan pilih Blue Zone. Nonton BTS memang enaknya sambil jejogetan, sedangkan Blue Zone itu duduk. Tak apalah, yang penting kamu bisa mendapat semua kualitas konser dan tidak harus menumpahkan air mata saat lihat saldo tabungan. Kami kurang menyarankan Green Zone atau Purple Zone. Di Green Zone, tanpa lantai yang menanjak ke belakang, kamu akan sulit melihat aksi biasmu di panggung dengan tinggi badan pas-pasan. Di Purple Zone? Selain posisinya untuk berdiri (yang belum tentu kelihatan karena tidak menanjak ke belakang), posisinya di samping pula. Lokasinya di ICE, yang besarnya sebesar prestasi Bangtan Boys ini. Purple Zone juga lebih mahal daripada Blue Zone. Your choice!

CNBLUE, Indonesia Convention Center (ICE, BSD)

Ini dia yang sedang dinantikan para pecinta Kpop, kembalinya CN Blue ke Indonesia! Kalau kamu ingin menyaksikan tampang bias kamu dengan jelas, yuk pilih VIP. Syukur kalau kamu bisa dapat tatapan langsung Yong Hwa. Kalau kamu ingin punya pengalaman konser luar biasa dengan harga kelas VIP yang dirasa terlalu mahal, sebaiknya kamu pilih Silver, meskipun harus merelakan pandangan detail wajah bias kamu. Minimal kamu bisa menikmati konsernya secara keseluruhan.

Ed Sheeran, Indonesia Convention Center (ICE, BSD)

Akhirnya, Ed Sheeran konser juga di Indonesia, dan ini bikin jagad media sosial di Indonesia heboh! Dilihat dari musiknya, hanya beberapa lagu Ed Sheeran yang asyik untuk jejogetan. Selebihnya, asyik untuk beromantis ria, jadi kamu nggak akan merasa bersalah banget kalau pilih kelas tribun. Mau menatap beningnya mata Ed Sheeran? Silakan pilih Festival A. Enaknya, posisi yang lebih dekat dengan panggung harganya jauh lebih murah daripada kelas Diamond yang termahal. Kalau kamu rela tidak bisa melihat panggung dengan jelas, silakan pilih Festival B, tapi kamu harus tahan dengan tangan-tangan yang terangkat di udara, sibuk memotret dan merekam. Apa nikmatnya menonton konser dari layar ponsel, padahal idola kamu ada tepat di depan kamu dan kamu bisa lihat dia dengan kamera terbaik: mata. Dengan dana berlebih, kamu bisa pilih Diamond dengan kelebihan pengalaman konser yang pastinya luar biasa. Namun jika dana kamu terbatas, lebih baik kamu pilih Silver atau Bronze daripada Gold karena dengan posisi yang tidak jauh berbeda, perbedaan harga antara Gold dengan Silver atau Bronze cukup menyesakkan hati.

Catatan akhir:
Semua analisis di atas tidak tetap, tergantung kondisi asli medan perangnya. Juga, balik lagi ke diri kamu. Silakan pilih apapun yang membuatmu senang. Untuk kelas termahal, meskipun kadang posisinya jauh dari panggung, kelas ini sering ada kelebihannya. Entah itu undian Meet and Greet, merchandise, atau seperti waktu di konser Demi Lovato: dapat makanan! Jadi silakan pertimbangkan sendiri apa prioritas kamu. Kalau dana terbatas tapi tetap pengen nonton aksi idola? Tidak ada salahnya kamu pilih kelas termurah. Ngefans berat tidak harus selalu ditunjukkan dengan cara beli tiket mahal kok! Dengan kamu beli tiket konsernya atau bahkan dengan hanya membeli rilisan orisinal karya sang artis, itu sudah cukup menunjukkan dukungan untuk sang artis kesayangan. Jangan cuma pengen artis idola kamu untuk konser di Indonesia, tapi kamu pengennya nonton secara gratisan!

Tulisan di atas tidak berlaku buat Festival atau konser yang tidak dibagi per kelas.

Yang terpenting: Have fun!

Tulisan ini diadaptasi dari blog pribadi penulis

From Post-Hardcore to K-pop. Pizza is so pop-punk. Pop-punk is life. Therefore, pizza is life.

Comments

2 Responses to “Mau Nonton Konser, Kamu Pilih Kelas Yang Mana?”

  1. Ditha says:

    Niceeeee! Ku suka review-nya. Btw pas konser 1D ku pilih fest b, entah karena terlalu excited dari awal jadi baru beberapa lagu dibawain aku udah mulai capek, dan yg pasti haus bangettttt. But it doesn’t matter bc ku bisa ngeliat muka Haz jelas bangeeeeet heheheh

  2. Jehoo says:

    NICE ! Akhirnya ada juga artikel yang bahas ini.

    Ohya, tambahan. Sesuai pengalaman. Jadi waktu nonton One Direction, gue menentukanmau beli tiket kelas mana berdasarkan idola kesukaan. Gue paling suka Zayn Malik. Jadi dari jauh-jauh hari, gue udah mulai kepo cek video-video show mereka di negara-negara sebelumnya dalam tour yang sama.

    “Di mana posisi/blocking-an Zayn?”

    Oh, ternyata, Zayn lebih banyak mendominasi di sayap kanan panggung (jika dilihat dari arah panggung). Makanya, saat tiket One Direction di GBK mulai dijual, gue beli Festival B. Supaya lebih dekat ke Zayn.

    Mskipun, beberapa hari sebelum konser harus dikecewakan dengan kabar bahwa Zayn tidak mengikuti show di Jakarta. Dan lebih parah lagi, beberapa menit usai konser di Jakarta, Zayn mengumumkan dia keluar dari One Direction.

    Tapi tak apa, setelah Zayn, gue suka Niall. Dan seperti Zayn, posisi / blocking-an dia lebih banyak di depan festival B.

    * jangan lupa untuk sedikit lebih berkorban dan bekerja keras

    Gue pilih festival B agar lebih dekat ke panggung, makanya gue datang mengantri dari pagi, dan berlari kencang saat gate dibuka. Alhasil, tidak mengecewakan, hanya ada 3-4 orang di depan gue sampai ke barikade panggung. Deket banget. Karena gue pikir, ngapain gue beli festival B kalau ujung-ujungnya gue B bagian belakang juga.

    Jadi, selain beli kelas sesuai kebutuhan, kita harus perhitungkan juga usahanya supaya hasilnya juga memuaskan.

Leave a Reply

Related Articles

Concerts Review | October 16, 2017 By

Konser Taeyang di Jakarta: “Saat Terbahagiaku Adalah Saat Bersama BIGBANG”

Concerts Review | September 18, 2017 By

In Our Bones Tour Jakarta, Lebih Dekat dengan Against the Current

Artist Interviews | September 11, 2017 By

CreativeDisc Interview With FYKE: Rilis EP Nightmares Yang Emosional