Quantcast

“Travel To Cities”, Mari Keliling Kota-Kota Besar Di Dunia Lewat Lagu

By - 2 months ago in Top 10 Lists

Buat yang hobi traveling, maka melintasi benua, negara, atau kota merupakan sebuah aktivitas yang sangat dicintai. Dengan menyambangi berbagai wilayah yang berbeda tidak hanya menjadi sebuah perjalanan guna mendapatkan atmosfir yang berbeda-beda untuk memperkaya tidak hanya pengalaman tapi juga pengetahuan.

Namun, tidak semua orang memiliki waktu atau mungkin juga kemampuan untuk melakukan traveling tadi yang bisa jadi disebabkan karena keterbatasan dana misalnya. Tapi jangan takut, karena kita juga bisa keliling dunia lewat lagu, karena sudah banyak musisi yang menuangkan kreativitas mereka tentang sebuah wilayah tertentu di dunia lewat lagu. Bisa jadi kota atau negara tersebut memiliki kesan tertentu di diri mereka, sehingga para musisi ini ingin menghadirkannya dalam bentuk lagu.

Sudah banyak sekali lagu yang mengampil sebuah wilayah menjadi tema atau cerita lagunya. Di antara banyak tersebut beberapa di antaranya telah dikompilasi oleh Creative Disc dalam sebuah playlist yang berjudul “Travel To Cities“, di mana kamu akan diajak “berpetualang” mengunjungi berbagai kota di dunia cukup melalui player musik.

Dan inilah 10 di antaranya:

1. London Bridge (Fergie)

‘London Bridge’ diambil dari album debut Fergie, “The Dutchess” (2006), dan diset sebagai single andalan. Ditulis Fergie bersama dengan Mike Hartnett, Sean Garrett, dan diproduseri oleh Polow da Don, lagunya merupakan sebuah anthem pop-hip hop yang seru. Sesuai dengan judulnya, lagu berkisah tentang kota London, atau tepatnya jembatan London yang terkenal itu. Meski begitu, ‘London Bridge’ tidak benar-benar berkisah tentang sang jembatan, namun seolah menjadi personifikasi akan keseruan sebuah pesta.


2. Paris (The Chainsmokers)

Paris dikenal sebagai kota cinta. Atau identik dengan romantisme. Mungkin karena alasan tersebut maka The Chainsmokers menjadikan kota Paris sebagai judul untuk single andalan mereka untuk album “Memories…Do Not Open” (2017) yang menandakan sebagai album debut The Chainsmokers. Sesuai dengan judulnya, ‘Paris’ bercerita tentang seseorang yang mengajak seseorang (kemungkinan besar gebetan atau kekasih) untuk mengunjungi Paris (tentu saja) dan menara Eiffel-nya.


3. Budapest (George Ezra)

Bagi yang tekun mempelajari Geografi pasti mengetahui jika Budapest adalah kota di negara Hongaria. Namun mungkin tidak tahu kalau Budapest juga merupakan nama untuk dua kota yang terdapat di Georgia dan Missouri, Amerika Serikat. Lantas, kota mana yang menjadi inspirasi bagi George Ezra dalam lagunya yang berjudul ‘Budapest’? Ternyata menurut Ezra lagunya tentang kota di Hungaria. Sayangnya ia belum pernah ke sana, meski ia berniat untuk itu. Namun karena mabuk, akhirnya ia batal pergi ke Budapest. Sebagai gantinya ia menulis ‘Budapest’ di mana ia bercerita tentang dirinya yang berada beberapa kilometer dari kota tersebut.


4. Hello Seattle (Owl City)

Seattle dikenal sebagai kota kelahiran untuk aliran musik grunge. Namun bukan berarti musisi pengusung pop-electronic Adam Young atau yang lebih dikenal dengan Owl City tidak tergugah oleh kota tersebut dan mengangkatnya menjadi sebuah lagu. Di tangannya ‘Hello Seattle’ adalah sebuah lagu mid-tempo yang kental dengan beat electronic yang ceria, seolah-olah kota Seattle menyambut dengan tangan terbuka saat kita menyambanginya. ‘Hello Seattle’ diambil dari album “Ocean Eyes” yang dirilis Owl City di tahun 2009. Meski bukan single, namun lagunya cukup populer.


5. Pompeii (Bastille)

Kalau yang ini memang agak mustahil untuk dikunjungi secara utuh karena kotanya sudah hancur karena letupan gunung Vesuvius hampir 2000 tahun yang lalu, sehingga hanya menyisakan relik dan puing. Meski begitu Pompeii menjadi inspirasi bagi band rock Bastille untuk digubah menjadi lagu yang juga berjudul ‘Pompeii’. Diset sebagai sebagai single keempat untuk album debut mereka, “Bad Blood” (2012), ‘Pompeii’ memang berkisah tentang kehancuran kota tersebut.


6. I Took a Pill in Ibiza [SeeB Remix] (Mike Posner)

‘I Took a Pill in Ibiza’ awalnya dikomposisikan Mike Posner sebagai lagu pop-folk. Namun kemudian diremix menjadi tropical house oleh duo asal Norwegia, SeeB, dan sontak meraih kepopuleran yang masif. Rasa-rasanya ‘I Took a Pill in Ibiza’ memang lebih cocok menjadi sebuah lagu dance mengingat ia mengambil Ibiza, sebuah pulau di laut Mediterania, yang dikenal sebagai pusat pesta dunia yang tentunya diwarnai dengan musik dance electronic. Jadi, jika belum sempat ke Ibiza, setidaknya bisa berpesta bersama Mike Poser dalam ‘I Took a Pill in Ibiza’, meski sebenarnya lagu ditulis sebagai sebuah lagu sediholeh Mike.


7. Beverly Hills (Weezer)

Siapa yang tak kenal dengan Beverly Hills? Terletak di California dan merupakan salah satu bagian dari wilayah Los Angeles, Beverly Hills dikenal berkat kegelamorannya. Banyak selebriti, sosialita atau orang kaya yang memilih Beverly Hills sebagai lokasi kediaman mereka. Band rock Weezer kemudian memilih kota ini sebagai judul untuk single pertama mereka untuk album “Make Believe” (2005). Di dalam lagunya Weezer mencoba membayangkan bagaimana rasanya menikah dengan seorang selebriti dan kemudian menetap di Beverly Hills dan kemudian menjadi anggota komunitasnya.


8. Tokyo (Lianne La Havas)

Tokyo, Jepang, merupakan salah satu megapolitan di dunia. Sudah bertahun-tahun pesonanya telah memikat banyak orang untuk berkunjung ke dalamnya. Tidak hanya dipenuhi gedung pencakar langit, Tokyo memiliki begitu banyak “warna” dalam setiap relung kehidupannya. Perpaduan antara modernisme dan tradisional adalah kekuatan utama Tokyo. Mungkin itulah yang menyebabkan penyanyi pengusung neo-soul Lianne La Havas mengangkat kota tersebut dalam sebuah lagu berjudul ‘Tokyo’, yang diambil dari album “Blood” rilisan 2015.


9. Englishman in New York (Sting)

New York! Rasa-rasanya nyaris setiap orang di bumi ingin mengunjungi kota penuh cerita ini. Dikenal sebagai contoh melting-pot untuk budaya Amerika, New York memiliki banyak lokasi kenamaan yang bersejarah. Namun mungkin juga New York menjadi sebuah “dunia antah berantah” yang asing dan menyesatkan. Begitu banyak sudah musisi yang menjadikan New York sebagai inspirasi lagu mereka, termasuk penyanyi legendaris Sting yang menghadirkan lanskap kota tersebut dalam ‘Englishman in New York’ yang diambil dari album “…Nothing Like the Sun” yang dirilis di tahun 1987.


10. Waking Up In Vegas (Katy Perry)

Las Vegas mungkin dikenal sebagai kota judi, mengingat begitu banyaknya kasino yang bertebaran di kota yang terdapat di tengah gurun Mojave, Nevada, ini. Tapi Las Vegas juga menawarkan berbagai atraksi hiburan lain yang tentunya membuat banyak orang dari berbagai penjuru dunia yang berbondong-bondong mengunjunginya. Dengan meminjam pameo populer, “What happens in Vegas, stay in Vegas“, Katy Perry menghadirkan salah satu hit singlenya, ‘Waking Up In Vegas’ yang diambil dari album “One of the Boys” (2008). Sesuai dengan isi lagunya, maka saat berada di Las Vegas manfaatkan waktu semaksimal mungkin dan cobalah untuk melupakan hari esok.


Demikian 10 lagu yang mengambil beberapa kota sebagai judul lagunya. Untuk lebih lengkapnya, simak di “Travel to Cities” di bawah ini:

Love Film. Love Books. And Everything in Between.

Comments

4 Responses to ““Travel To Cities”, Mari Keliling Kota-Kota Besar Di Dunia Lewat Lagu”

  1. iwan says:

    welcome to new york – Taylor Swift

  2. Thomassimo says:

    Fariz RM – Barcelona

  3. Heloo says:

    Cita citata – Athena ??

  4. nibiru says:

    Eitss Cita citata juga punya lagu tentang New York Lho judulnya NYCITA.. lebih lengkap lebih komplit ceritain New York secara komplit ada gedung, ruko, mall, apartemen , taman dll..

Leave a Reply

Related Articles

Music News | July 21, 2017 By

Sedang Tidak Depresi, Adele Kesulitan Menulis Lagu Untuk Album Barunya

Music News | By

The Up-And-Coming Boyband PRETTYMUCH Rilis Single Debut Mereka, ‘Would You Mind’

Music News | By

Louis Tomlinson Hadirkan Pop Melankolis Dalam Duetnya Bersama Bebe Rexha, ‘Back To You’