10 Lagu Kolaborasi Dari IU yang Layak Masuk Playlist Kamu

Oleh: naya - 04 Jul 2017

IU sudah dikenal luas sebagai soloist multi talenta. Penyanyi satu ini, tak hanya membawakan lagu-lagu miliknya dengan penuh emosi, namun juga mampu meramu lagu kolaborasi dengan sangat baik. Penyanyi, aktris, serta pencipta lagu ini pun seakan menjadi langganan untuk melakukan kolaborasi dengan berbagai penyanyi lain. Bahkan, kolaborasi dengan musisi lintas generasi.

Di bawah ini, kami menghadirkan 10 lagu kolaborasi dari IU, yang dijamin bakal bikin kamu ingin terus dan terus mendengarkan.

1. “Sogyeokdong” – IU feat Seo Tae Ji

Kolaborasi IU dengan salah satu band yang pertama kali memperkenalkan Kpop dan Halyu Wave ke seluruh dunia ini menarik banyak sekali perhatian. Terlebih, Seo Tae Ji sendiri sudah bertahun-tahun vakum sebelum akhirnya kembali dengan lagu Sogyeokdong featuring IU di bukan Oktober 2014 lalu.

Lagu kolaborasi ini sendiri semakin spesial setelah dibawakan oleh keduanya di ajang MNet Asian Music Awards pada akhir tahun 2014 lalu.

2.“Your Meaning” – IU Feat Kim Chang Wan

Kolaborasi lintas generasi kedua, adalah antara IU dengan Kim Chang Wan. Keduanya berkolaborasi untuk album "Flower Bookmark", yang didedikasikan untuk lagu-lagu hits di masa lalu. Salah satunya, hits Your Meaning yang dulunya dibawakan oleh Kim Chang Wan dalam formasi band.

Berkolaborasi untuk lagu tersebut, IU dan Kim Chang Wan meramu Your Meaning tak jauh berbeda dengan versi aslinya. Dengan perpaduan suara dari kedua penyanyi hits maker tersebut yang berpadu indah. Yang sekali lagi membuktikan, IU bukanlah penyanyi biasa.

3. “Love Request” – IU feat Yoo Seung Ho

Tak hanya dengan musisi atau penyanyi lain, IU pun rupanya pernah berkolaborasi dengan aktor kenamaan Yoo Seung Ho dalam lagu Love Request. Kolaborasi satu ini memang bukan baru-baru saja. Malah sebenarnya, dibuat saat IU baru saja mulai meniti karir di tahun 2011 lalu.

Yang mana, pada saat itu pun IU sudah menunjukan bibit-bibit bakat seorang bintang melalui suaranya. Extra credit karena aktor Yoo Seung Ho pun sukses membuktikan dirinya memang seorang multi talenta, yang tak hanya bisa berakting namun juga memiliki warna suara yang bisa mengimbangi IU.

4. “What Would Have Been” – IU feat Psy (Fantastic Duo season 2)

Acara televisi Fantastic Duo season 2 pada bulan Maret 2017 lalu seakan menjadi blessing bagi fans IU dan  PSY. Bagaiman tidak, dari acara tersebut kita bisa menyaksikan penampilan menakjubkan dari dua superstar Kpop dalam satu panggung yang sama. IU dan PSY membawakan lagu bergenre ballad What Would Have Been dengan sangat apik.

Suara IU yang khas, berpadu dengan raw melodious rap khas dari PSY menjadikan lagu What Would Have Been mendapatkan banyak sekali perhatian. Dan banyak penggemar yang masih menunggu kolaborasi keduanya di album berikutnya.

5. “Palette” – IU feat G-Dragon

Ketika IU mengumumkan akan adanya kolaborasi antara dirinya dengan rapper serta leader boy band Big Bang, G-Dragon di  album "Palette." Dan ketika title track yang dirilis benar-benar menyertakan rap verse dari G-Dragon, kolaborasi Palette ini pun menjadi jauh lebih menarik dari ekspektasi semula.

Terlebih pada bagiannya, G-Dragon menulis sendiri lirik untuk rap tersebut. Yang seakan memberi nasihat pada IU, yang dalam liriknya menyanyikan mengenai kegelisahan menuju kedewasaan. Masih kurang so sweet lagi? Di liriknya, G-Dragon memanggil nama asli IU, Ji Eun.

6. “Can’t Love You Anymore” – IU feat Oh Hyuk

Album "Palette" yang dirilis pada awal tahun lalu memang benar-benar membawa semua yang terbaik dari IU. Setelah kolaborasi dengan G-Dragon, IU merilis lagu kolaborasi berikutnya dengan musisi Oh Hyuk. Can't Love You Anymore dirilis sebagai pre release untuk album "Palette", dan menaikan ekspektasi untuk album tersebut. Dan untungnya, ekspektasi tersebut sama sekali tak salah.

Di lagu ini, IU dan Oh Hyuk menyanyikan lirik mengenai sepasang kekasih yang mulai kehilangan perasaan untuk satu sama lain. Meski keduanya masih belum benar-benar yakin untuk berpisah.

7. “A Gloomy Clock” – IU Feat 'SHINee' Jonghyun

Album "Modern Times" yang dirilis pada beberapa tahun lalu memang tak terdapat banyak kolaborasi. Namun di lagu ini, IU mendapatkan satu lagu yang diciptakan oleh vokalis sekaligus song writer dari boy band SHINee, Kim Jonghyun.

Untungnya, tak hanya menulis lagu A Gloomy Clock saja, Kim Jonghyun pun menyempatkan diri untuk berkolaborasi menyanyikan lagu tersebut bersama IU pada salah satu sesi live di siaran radio yang ia pandu. Sayangnya, versi kolaborasi ini tak dirilis di dalam album.

8. “Not Spring, Love, or Cherry Blossoms” – IU Feat HIGH4

Saking epic-nya kolaborasi antara IU dan HIGH4 ini, Not Spring, Love, or Cherry Blossoms selalu kembali naik ke chart setiap kali musim semi dimulai di Korea Selatan. Sejak dirilis pada tahun 2014 lalu, Not Spring, Love, or Cherry Blossoms memang seakan menjadi lagu wajib musim semi di negeri gingseng tersebut.

Tak heran lagi bukan dengan pencapaian tersebut mengingat besarnya pengaruh IU, dan ditambah dengan HIGH4 di industri musik Korea Selatan? Lagu ini sendiri berkisah mengenai perasaan cinta yang berkembang di musim semi.

9. “Friday” – IU Feat 'HISTORY' Jang Yi-jeong

Ketika boy band HISTORY dibentuk oleh LOEN Ent, agensi yang membawahi IU, penggemar sudah tak sabar untuk mendapatkan kolaborasi antara boy band tersebut dengan sang penyanyi. Dan benar saja, untuk album repacked "Modern Times", IU menggandeng vokalis utama dari boy band HISTROY, Jang Yi-jeong untuk menyanyikan hits Friday.

Lagunya sendiri mengisahkan perasaan tidak sabar untuk bertemu kembali dengan sang kekasih, pada hari Jum'at setelah satu minggu yang sangat sibuk. Lagu yang manis, dengan perpaduan suara IU dan Jang Yi-jeong yang.. surprisingly memiliki warna yang nyaris sama.

10. “Can I Love You” – IU Feat Kim Soo Hyun

Berbicara mengenai kolaborasi, memang tak bisa melupakan kolaborasi super apik antara IU dengan aktor Kim Soo Hyun. Kolaborasi ini, tak hanya menunjukan bagaimana Kim Soo Hyun memiliki kemampuan di atas rata-rata dengan olah suaranya. Namun juga, membawa IU ke posisinya sekarang.

Can I Love You merupakan salah satu lagu yang dibawakan oleh IU dan Kim Soo Hyun di drama sukses Dream High. Drama ini membawa nama IU melesat sebagai idol ternama di Korea Selatan. Dan sebagai penyanyi dengan suara berkualitas tinggi.

naya
More from Creative Disc