Quantcast

Album of the Day: Haim – Something To Tell You

By - 3 weeks ago in Album of The Day

Polydor

Kakak beradik Este Haim (bass), Danielle Haim (gitar dan lead vocals), dan Alana Haim (gitar dan kibor) yang tergabung dalam Haim begitu mencuri perhatian saat merilis album debut mereka, “Days Are Gone”, di tahun 2013. Bahkan situs musik kenamaan, Pitchfork, menasbihkan album sebagai salah satu bagian dari daftar “The 100 Best Albums of the Decade So Far ” yang mereka rilis. Antisipasi jelas menjadi besar akan album sophmore Haim. Meski agak lama, akhirnya empat tahun kemudian lahirlah “Something To Tell You“, yang menjadi penerus eksistensi Haim.

Trio Haim dibesarkan dengan mendengarkan rock klasik era 70-an dan juga americana. Tidak heran musik mereka pun kuat dengan pengaruh rock klasik atau americana, meski juga diinfusi dengan pop dan R&B. Pendekatan yang sama masih bisa ditemui dalam “Something To Tell You”. Rockabilitas Haim jelas masih bersandar pada kenangan era lewas, meski selain 70-an, mereka juga menyambangi era 80-an untuk mencari variasi guna memperkaya musikalitas yang mereka tawarkan dalam “Something To Tell You”.

Beberapa kritikus menyebut jika Haim mendapat pengaruh Stevie Nicks atau Fleetwood Mac dalam “Something To Tell You”, meski rasa-rasanya di beberapa bagian mereka agak mengingatkan akan Wilson Phillips di masa kejayaanya. Terlepas apa dan bagaimana nama-nama tadi mempengaruhi album, yang pasti Haim terasa semakin matang dan tak gentar untuk melakukan eksplorasi dalam musik mereka, yang mungkin tidak akan terkoneksi dengan mulus dengan cita rasa pendengar awam.

“Something To Tell You” masih menghadirkan beberapa track yang sebutlah radio-friendly, seperti track yang membuka album, ‘Want You Back’. Track pop-rock ini menawarkan beat yang groovy, sehingga mengundang pendegarnya untuk menari-nari kecil. Melodinya juga manis dan gampang dicerna dengan hook kuat pada chorus. Atau ‘Little Of Your Love’, sebuah pop retro ceria yang mengingatkan akan upaya senada yang dilakukan Taylor Swift di album “1989”.

‘Ready For You’ sepertinya menjadi sebuah tribut Haim kepada hit legendaris milik George Michael, ‘Faith’, meski harus diakui dibandingkan lagu George tadi, versi Haim terdengar lebih tertahan dan low key. Sedang balada ala power-pop dalam ‘Kept Me Crying’ mungkin adalah yang paling mendekati Wilson Phillips. Atau The Bangles? Atau mirip-mirip seperti itulah. Mendengarkan “Walking Away’ seperti mengajak memasuki musik ala Janet Jackson di era awal 90-an.

Begitu luasnya jangkauan pop yang diajukan Haim dalam track-track di atas menunjukkan jika mereka bukan sekedar terpengaruh, apalagi pengekor, karena setiap influsi yang mereka dapat tidak disajikan secara mentah-mentah namun diolah kembali sebagaimana estetika bermusik Haim, sehingga tetap utuh terdengar seperti Haim ketimbang artis yang menjadi pengaruh mereka.

Tapi “Something To Tell You” bukan hanya sekedar album pop yang gampang dicerna. Album dimanfaatkan oleh Haim untuk menjelajah musik mereka dengan memanfaatkan notasi yang tidak terlalu awam, jika tidak mau disebut pop. Tak terduga, edgy dan bahkan eksperimental. Sesuatu yang bisa didengar saat menyimak track yang menjadi judul album, ‘Something To Tell You’. Dinamika lagu yang tak tertebak, kadang intens, kadang subtil, saling berkelindaan dalam menghadirkan beat dinamis.

Jika ‘Something To Tell You’ masih dirasa “gampang dicerna”, tunggu sampai mendengarkan ‘Right Now’ yang meledak-ledak, atau track penutup yang atmosferik, ‘Night So Long’.

Mungkin masalah penempatan lagu yang kurang tepat atau memang tone tiap lagu yang terdengar saling bertabrakan, meski kita sadar setiap track dalam “Something To Tell You” dikerjakan dengan teknik yang sangat baik, namun entah mengapa sulit untuk memberi impresi lebih. Terasa menjemukan, saat intensitas satu lagu langsung disusul dengan instensitas lagu lain. Beat yang tak tertebak dan kerap melonjak-lonjak juga tidak membantu.

Tapi mungkin memang masalah pengurutan lagu saja. Saat lagu disusun ulang sesuai eskalasi tempo ataupun tone yang senada, kesan annoying yang dirasa saat mendengarkan album bisa jauh berkurang. Yang pasti, melalui album ini Haim mempertegas jika mereka adalah band yang sangat guitar driven dan rhythm menjadi penggerak utama mereka dalam bermusik.

Official Website

TRACKLIST

1. “Want You Back” 3:52
2. “Nothing’s Wrong” 3:09
3. “Little of Your Love” 3:33
4. “Ready for You” 3:45
5. “Something to Tell You” 4:13
6. “You Never Knew” 4:29
7. “Kept Me Crying” 3:55
8. “Found It in Silence” 4:23
9. “Walking Away” 3:56
10. “Right Now” 4:15
11. “Night So Long” 3:04

Love Film. Love Books. And Everything in Between.

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Music News | August 16, 2017 By

Wiz Khalifa Ajak Demi Lovato Dan Jamie Foxx Di Video Musik Barunya, ‘Something New’

Music News | By

Evanescence Umumkan Album Baru Bernuansa Orkestra, “Synthesis”

Music News | By

We Love Manchester Emergency Fund Sumbangkan $300 Ribu Pada Keluarga Korban Bom Konser Ariana Grande