Quantcast

Album of The Day: NCT 127 – Cherry Bomb

By - 3 months ago in Album of The Day

NCT merupakan sebuah project group band yang tengah digodok oleh SM Entertainment sejak tahun 2015 lalu. Saat ini, sudah ada beberapa sub-unit berbeda dari NCT, masing-masing hadir dengan genre dan konsep sendiri. NCT 127, merupakan salah satunya. Boy band ini mengunggulkan genre kpop, dengan sentuhan EDM dan electropop. Salah satunya, diwujudkan dalam album “Cherry Bomb” kali ini.

Album “Cherry Bomb” dirilis pada 14 Juni kemarin, dan mencatatkan jumlah pre-order lebih banyak dari dua album NCT 127 sebelumnya, “Limitless” dan “NCT 127”. Setelah resmi diluncurkan, album ini berada di peringkat kedua Gaon chart dengan jumlah penjualan lebih dari 100 ribu copy. Dan masuk ke dalam chart Billboard US Album Chart.

“Cherry Bomb” berisi 7 track berbeda. Termasuk juga performance version dari title track Cherry Bomb. Musik video untuk title track-nya sendiri dirilis bersamaan dengan peluncuran album. Dimana Cherry Bomb [seharusnya] menjadi lagu utama untuk promosi album ini.

Sayangnya, pada kenyataannya Cherry Bomb justru di-ban on salah satu stasiun televisi di Korea Selatan karena dianggap memiliki lirik yang berisi kekerasan. Berbeda dengan sebelumnya, SM Entertainment menolak untuk mengganti lirik Cherry Bomb (yang ditulis oleh dua rapper NCT 127, Mark dan Taeyong) sehingga bisa diterima oleh stasiun televisi. Sebaliknya, NCT 127 justru akhirnya membawakan side track mereka di beberapa acara televisi.

Makna kekerasan dari lirik Cherry Bomb mungkin tak akan bisa ditangkap oleh pendengar yang tak berbahasa Korea Selatan. Karena liriknya sendiri memang penuh metafora mengenai bagaimana NCT 127 akan popping your head like Kingsmen’s chip.

Di sisi lain, track dengan unsur hip hop dan electropop yang kental ini memang akan sulit menarik perhatian untuk pertama kali. Dengan perpaduan rap yang kental, vokal dengan nada yang tinggi serta kuat, dan musik latar yang keras menjadikan pertanyaan besar : whats on SM Entertainment’s mind with this mess.

Untungnya, 5 track lain dari album “Cherry Bomb” memperbaiki mess yang dihadirkan dalam Cherry Bomb. Track kedua, Running 2 U memiliki perpaduan musik yang lebih bisa diterima. Terutama dengan kehadiran vokal line yang mendapatkan porsi lebih besar untuk lagu ini. Unsur EDM yang lebih kental di lagu ini pun menjadi keuntungan tersendiri. 0 Mile, sebaliknya. Track ini terasa sangat “SM Entertainment”. Mengingatkan pendengar pada musik yang mungkin bisa saja dirilis oleh SHINee di tahun 2014-an.

0 Mile juga menjadi lagu yang dibawakan oleh NCT 127 di beberapa penampilannya dalam promosi di stasiun televisi. Dan membuat mereka cukup mendapat banyak perhatian. Tak terlalu banyak unsur rap, 0 Mile justru unggul dengan musik latar dan bagain verse yang adiktif untuk didengarkan.

Track kelima, Whiplash membuat kembali bertanya-tanya mengapa SM Entertainment dan NCT 127 memilih Cherry Bomb sebagai title track – bila mereka memiliki Whiplash dalam album ini? Whiplash memang mengusung genre (dan musik yang sekilas) kurang lebih sama dengan rilisan NCT 127 di album sebelumnya. Terutama di album “NCT 127”. Namun sejujurnya hal tersebut justru baik, melihat kembali bagaimana boyband sub-group ini sukses mengeksekusi Whiplash.

Meski banyak pendapat yang menganggap Whiplash tak cocok sebagai title track karena lirik yang terlalu seksual, lagi-lagi dengan metapora yang ditulis oleh Mark serta Taeyong di bagian rap verse. Namun tak bsia dipungkiri, Whiplash menjadi lagu terbaik mereka di album “Cherry Bomb”.

Track berikutnya, Summer 127 menghadirkan sebuah musik tropikal disko tekno yang tengah menjadi “it” genre di Korea Selatan. Dan seperti juga pada 0 Mile, lagi-lagi musik latar yang menjadi bagian paling adiktif dari track ini.

Secara keseluruhan, NCT 127 tak bisa dibilang gagal dengan album “Cherry Bomb”. Terlebih dengan beberapa hits yang mereka buat di album ini (Cherry Bomb dan 0 Mile yang masih sempat berada di peringkat 10 besar Melon). Meski mereka memang masih memiliki kesempatan untuk menggali lebih jauh lagi untuk genre seperti apa yang akan paling terdengar apik dengan konsep group dan komposisi vokal serta rap yang mereka miliki.

Tracklist Cherry Bomb

01. Cherry Bomb
02. Running 2 U
03. 0 Mile
04. Sun & Moon
05. Whiplash
06. Summer 127
07. Cherry Bomb (Performance Ver.)

extremely loud, music enthusiast, and proud mother of 3 kittens

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Album of The Day | September 23, 2017 By

Album of the Day: Bobby “Love and Fall”

Music News | September 20, 2017 By

ROAM Rilis Musik Video untuk Single ‘Alive’ Jelang Peluncuran Album Baru

Album of The Day | By

Album of the Day: EXO “The War: The Power of Music”