Kpop Group Dengan Member Dari Indonesia Pertama, 14U Tersandung Skandal Plagiarisme

Oleh: naya - 29 Jul 2017

14U awalnya menarik banyak sekali perhatian pada awal tahun ini. Tak lain karena salah satu membernya, Loudi berasal dari Yogyakarta, Indonesia. Menjadikan 14U sebagai Kpop group pertama dengan member berasal dari Indonesia. Sayangnya, popularitas tersebut terancam setelah group yang baru saja merilis single baru tersebut tersandung kasus plagiarisme.

Sebuah postingan di forum ternama Korea Selatan, Pann mengupas mengenai group 14U dan beberapa kesamaan dengan group ternama lain.

Kesamaan pertama terdapat dalam koreografi dance untuk track paling anyar mereka, VVV dengan koreografi milik boyband Seventeen. Untuk koreografi dance VVV, 14U memang terlihat menggunakan key point dari dance milik Seventeen untuk hits mereka, ''Very Nice'', ''Boom Boom'', dan ''Pretty U''.

Kiri : Seventeen Kanan : 14U

Tak hanya dance, 14U juga disebutkan mencontek beberapa elemen lain dari Seventeen. Seperti signature pose mereka, hingga bagaimana group Seventeen memiliki tiga unit group berbeda sesuai dengan kemampuan membernya: vokal unit, hip hop unit, dan dance unit.

Salah satu bagian dance milik BTS

Versi 14U di VVV

Belum lagi kesamaan dengan group lain seperti dengan BTS untuk beberapa gerakan dance. Dan juga kesamaan greeting dengan girlgroup Red Velvet.

Tak itu saja, salah satu member dari group ini sendiri, Kwonyul mendapatkan perhatian setelah di beberapa postingan di akun media sosial pribadinya, menjelek-jelekkan Do Kyungsoo, vokalis sekaligus aktor dari boyband papan atas, EXO. Seperti diungkap oleh netizens, Kwonyul menyebut Kyungsoo tidak bisa berakting dan hanya mengandalkan peranan agensi, SM Entertainment.

Do Kyungsoo sendiri, mendapatkan banyak pujian berkat akting cemerlangnya di banyak drama dan film. Termasuk film box officeMy Annoying Brother. Kyungsoo juga mendapatkan penghargaan Baeksang Awards 2016 dan Baeksang Awards 2017 untuk kategori Most Popular Actor in Film.

naya
More from Creative Disc