10 Lagu Cover Terbaik Dari Group Band DAY6

Oleh: naya - 23 Aug 2017

Group band yang dibentuk oleh JYP Entertainment, DAY6 memang memiliki beberapa perbedaan bila dibandingkan dengan group band. Tak hanya konsep band yang diusung. Namun juga bagaimana 5 member DAY6, semuanya memiliki kemampuan dan talenta diatas rata-rata.

Sungjin, Young K, Jae, Dowoon, dan Wonpil bukan hanya mampu memainkan alat musik dan membawakan lagu-lagu mereka, kelima anggota band tersebut pun menciptakan lagu mereka sendiri. Bahkan melakukan aransemen untuk cover lagu yang dibawakan di banyak kesempatan.

Nah sembari menunggu kehadiran DAY6 di showcase dan fan meeting pada 26 Agustus 2017 , 6:30 PM di Balai Sarbini, Jakarta nanti, intip dulu 10 lagu cover terbaik yang pernah dibawakan oleh DAY6 dibawah ini.

1. Ed Sheeran - “Shape of You”

DAY6 meramu lagu hits populer Shape of You dari Ed Sheeran dengan sentuhan akustik ala mereka sendiri. Dibawakan di salah satu penampilan mereka di radio, DAY6 benar-benar menunjukan kemampuan musikal mereka melalui lagu ini. Dimulai dari harmonisasi gitar, cajon, serta keyboard yang dihadirkan oleh kelima member DAY6 yang berpadu dengan vokal yang diatas rata-rata.

Membuat cover satu ini bisa dikatakan yang terbaik yang pernah mereka lakukan.

2. BIGBANG - “Bad Boy”

Tak bisa disangkal, tak semua group atau bahkan musisi yang bisa melakukan cover lagu dari boyband ternama, Big Bang. Salah satunya karena kuatnya image dari boy group tersebut sendiri di lagu-lagu mereka. Karena itu, ketika DAY6 memutuskan untuk meramu ulang lagu hits dari Big Bang, Bad Boy tak banyak fans yang membuat ekspektasi tinggi.

Namun DAY6 justru membuktikan sebaliknya. Re-imagining dari lagu hits Bad Boy dibuat dalam versi bahasa Inggris dan dibawakan dengan konsep band. Menjadikan lagu yang dibawakan untuk program K-Style TV tersebut seakan lagu milik DAY6 sendiri.

3. TWICE - “TT” + “Knock Knock” + “Signal”

Selain lagu-lagu dari penyanyi luar negeri dan boy band lain, DAY6 juga kerap kali membawakan lagu hits girl group dari label yang sama, TWICE. Pada 30 Juni kemarin misalnya, DAY6 memberikan tribut dengan membawakan medley dari dua lagu hits girl group tersebut di atang panggung acara musik, Music Bank.

TT, Knock Knock dan Signal seakan lahir sebagai sebuah lagu baru ketika dibawakan oleh kelima member DAY6. Terlebih ketika DAY6 membawakan Signal dalam versi rock. Dan rupanya bukan hanya fans yang menggemari cover lagu satu ini. Karena melalui akun Twitter pribadinya, Jae pun menyebut cover ketiga lagu tersebut sebagai favorite-nya.

4. Crush - “Don’t Forget Me”

DAY6 memang bukan yang pertama membawakan cover dari lagu populer milik soloist ternama dari Korea Selatan, Crush. Namun sepertinya hanya DAY6 yang mampu memberikan nafas baru untuk Don't Forget Me yang sangat terkenal ketika pertama kali dirilils pada tahun 2015 lalu.

Untuk lagu dengan tipe ballad ini, DAY6 membawakan hits tersebut dengan sentuhan akustik, yang diiringi dengan cajon dari sang member termuda, Dowoon. Karakter suara Jae dan Wonpil yang sangat kuat pun menjadikan lagu ini terasa sangat berbeda dibandingkan versi aslinya.

5. Adam Levine - “Lost Stars”

Seperti sederet lagu popular lain, Lost Star dari Adam Levine pun sangat sering di-cover oleh artis dan idol lain dari industri musik Korea Selatan. Dan DAY6 menjadi salah satunya. Seperti juga cover lagu yang lain, Lost Star pun dibawakan secara sederhana di studio sebuah radio.

Meski kali ini hanya dua orang member DAY6, Young K dan Jae yang hadir namun bukan berarti cover kali ini kalah menarik. Malah sebaliknya. Perpaduan dari gitar akustik Young K dengan suara soulful milik Jae dan falsetto dari YoungK membuat cover Lost Star memiliki sisi melankolisnya sendiri.

6. Kim Gun Mo - “Sleepless Rainy Night”

Berbeda dengan cover lagu yang lain, Sleepless Rainy Night dari Kim Gun Mo memiliki makna yang besar untuk member DAY6, terutama Jae, Sungjin, YoungK dan Wonpil yang sebelumnya membawakan lagu tersebut di acara survival show "WIN" empat tahun lalu. Jauh sebelum mereka debut sebagai band.

Tak heran ketika Sleepless Rainy Night kembali dibawakan di salah satu penampilan radio mereka, fans pun mau tak mau mengalami nostalgia dengan betapa jauh DAY6 sudah berkembang.

7. John Legend - “All of Me”

Tired of cover of this song? Not yet! Karena DAY6 pun tak ketinggalan membawakan cover dari lagu populer milik John Legend tersebut. Kali ini, vokal dari Sungjin mendominasi dari cover manis yang diiringi dengan permainan keyboard dari Wonpil tersebut. Kombinasi suara kedua vokalis yang cenderung lembut dan sangat manis ini dijamin bisa meluluhkan hati fans.

Tak heran bila DAY6 pun kerap kali diminta untuk membawakan cover lagu ini di acara fan meeting mereka.

8. TWICE - “Ooh Ahh”

DAY6 memang dikenal memiliki hubungan yang dekat dengan girl band TWICE, yang mana beberapa kali terlihat melakukan interaksi menarik di beberapa kesempatan. Tak heran bila DAY6 pun pernah membawakan lagu breakthrough milik TWICE, Ooh Aah pada tahun 2016 lalu. Saking lamanya cover lagu ini, masih terlihat ada mantan member DAY6, Junhyeok.

Namun meskipun lama, cover lagu yang juga memberikan sentuhan berbeda dari lagu pop nan cheery dari TWICE ini pun sangat patut untuk didengarkan lagi dan lagi. Bahkan dengan sentuhan dan aransemen berbeda ini, banyak fans yang menginginkan DAY6 untuk memasukan Ooh Aah versi mereka pada album terbaru nanti! Kalian setuju?

9. The Beatles - “Yesterday”

Oh ya, jangan disangka DAY6 lantas membatasi cover lagu yang mereka bawakan hanya lagu pop di Top40 saja. Karena band yang tengah melalukan project merilis single baru setiap bulan selama satu tahun ini pun juga sempat membawakan lagu hits milik band The BeatlesYesterday.

Dan bukan DAY6 namanya bila tak menghadirkan sesuatu yang baru pada cover lagu mereka. Tak hanya aransemen yang berbeda dengan lagu aslinya, DAY6 bahkan memberikan selingan beatbox dari Young K untuk lagu ini. Masih tak percaya bila band member DAY6 sangat bertalenta?

10. JYP Medley

Tak lengkap rasanya bila DAY6 tak pernah membawakan lagu-lagu hits dari artis dan idol dari label yang sama. Untuk acara di Dingo Music, DAY6 pun akhirnya melakukan sebuah terobosan menarik dengan membawakan medley lagu-lagu hits dari idol dan group JYP Entertainment selama 100 detik. Tentu saja dengan aransemen mereka sendiri.

Dimulai dari Knock Knock dari TWICE, yang disusul dengan So So dari Baek A Yeon, Never Ever milik GOT7, Bye Bye My Blue hits dari Baek Yerin, Why So Lonely yang merupakan hits terakhir dari girlband Wonder Girls. Dan kemudian ditutup dengan lagu milik DAY6 sendiri, I am Serious.

naya
More from Creative Disc