10 Lagu Ikonik Girls' Generation Dari Masa Ke Masa

Oleh: naya - 06 Aug 2017

Girlband dari SM Entertainment, Girls' Generation pada hari ini merayakan hari jadi mereka yang ke-10 tahun. Tepat pada tanggal 5 Agustus, pada 2007 lalu Girls' Generation resmi menandai debut mereka dengan tampil di atas panggung acara musik Inkigayo.

Perjalanan karir yang begitu panjang, dengan beragam ups and downs memang membuat girlband dengan 8 orang member tersebut semakin solid. Di atas itu semua, Girls' Generation pun mengalami kematangan dalam hal karir dan musikalitas.

Nah, untuk merayakan hari jadi kesepuluh dari Girls' Generation ini, kami akan mengajak pembaca sekalian untuk mengikuti alur perjalanan karir Girls' Generation melalui 10 lagu paling ikonik yang pernah dirilis dari masa ke masa ini.

1. Into The New World (2007)

Hits ini menjadi penanda terbentunya girlband Girls' Generation dari SM Entertainment. Dirilis pertama kali secara digital pada 2 Agustus 2007, Into The New World merupakan single dengan genre pop yang berpadu dengan koreografi dance yang dinamik. Into The New World juga menjadi lagu yang membawa Girls' Generation ke trofi pertama mereka di ajang musik show. Tepatnya pada 11 Oktober 2007 di acara musik MCountdown.

Saking ikoniknya lagu ini, Girls' Generation terakhir membawakan Into The New World di konser Phantasia pada 2015 lalu. Hits ini pun termasuk dalam album debut pertama dari Girls' Generation, "Girls Generation".

2. Gee (2009)

Girls' Generation memang mencatatkan debut yang spektakuler dengan hits mereka Into The New World. Namun girlgroup yang awalnya terdiri dari 9 orang member tersebut baru dikenal luas secara mendunia setelah merilis mini album dan juga hits track Gee pada 2009.

Gee merupakan track yang membawa nama Girls' Generation menjadi girlband top di Korea Selatan pada saat itu. Selain juga membawa Girls' Generation menjadi group ternama secara internasional. Tak itu saja, Gee bahkan mempopulerkan tren skinny jeans warna warni dengan paduan tee yang sama colorful-nya.

Hits track Gee juga mencatatkan Girls' Generation sebagai girlgroup peraih kemenangan terpanjang di ajang musik show, selama total 8 minggu lamanya.

3. Tell Me Your Wish (Genie) (2009)

Mini album kedua dari girlband yang juga disebut dengan nama SNSD ini seakan menyemen posisi girlband papan atas dari SM Entertainment tersebut sebagai group papan atas. Menggunakan konsep Marine Girl, hits Tell Me Your Wish mencatatkan rekor sebagai album paling populer serta lagu yang paling banyak digunakan dalam versi ringtone kala itu.

Dirilis pada pertengahan tahun 2009, mini album "Tell Me Your Wish" pun mendapatkan penghargaan Daesang di Golden Disk Awards di akhir tahun 2009. Selain juga memenangkan penghargaan MTV Video Music Awards Japan untuk kategori Best Group Video dan Best Karaoke Song.

4. Oh! (2010)

Studio album kedua dirilis oleh SNSD pada Januari 2010, dan kembali mencetak sebuah prestasi dan rekor baru. Album ini menjadi spesial karena dikatakan mengawali dominasi SNSD di negara lain, selain Korea Selatan. Salah satunya, Jepang. Terutama setelah album "Oh!" meraih angka penjualan 234,500 kopi dengan hits Oh! menjadi lagu yang paling banyak didownload kedua di Gaon Chart dengan angka 3,3 juta.

5. Run Devil Run (2010)

Tak bisa menyebut lagu ikonik dari SNSD bila tak menyebut hits Run Devil Run yang dirilis sebagai repacked album dari "Oh!". Run Devil Run merupakan lagu yang menandai perubahan karakter dan genre dari SNSD. Dari konsep cute di lagu Gee dan Genie menjadi lebih dewasa. Run Devil Run pun menjadi salah satu lagu dimana Girls' Generation menunjukan sisi seksi mereka dalam berbagai penampilan live.

6. Mr Taxi (2011)

Bila Oh! menjadi pembuka jalan bagi kesuksesan SNSD diluar Korea Selatan, maka Mr Taxi merupakan lagu yang menjadikan Girls' Generation sebagai girlgroup papan atas di Jepang. Mr Taxi dan versi Jepang dari Run Devil Run berada di posisi kedua Oricon Japan Chart. Sedangkan album "Girls' Generation" versi Jepang yang dirilis pada bulan Juni 2011 meraih posisi puncak di Japanese Oricon Albums Chart 2011.

Bahkan dengan album studio Jepang pertama tersebut, Girls Generation menjadi girl group pertama yang bukan dari Jepang dan menempati posisi puncak di chart tersebut.

7. I Got A Boy (2013)

Tepat pada tahun baru 2013, Girls' Generation merilis hits I Got A Boy, yang mencatat prestasi yang sama tingginya dengan sederet hits dan album dari Girls Generation yang lain. Di sisi lain, yang menjadikan hits dan juga album ini menjadi ikonik karena girlgroup SNSD mencoba genre baru, yang lebih berwarna dan berbeda dari hits mereka sebelumnya.

Bila di hits sebelumnya SNSD lebih berfokus pada musik pop dan elektronik dance, maka untuk I Got A Boy genre yang digunakan lebih luas. I Got A Boy mengusung genre hip hop, EDM, dan juga new wave yang funky.

8. Catch Me If You Can (2015)

Single Catch Me If You Can dirilis pada April 2015, beberapa bulan setelah salah satu vokalisnya, Jessica resmi keluar di tahun 2014. Single ini menjadi rilisan pertama dari SNSD dengan formasi baru, hanya 8 orang member secara total dan bukannya 9 orang. Hits ini dirilis dalam dua versi berbeda, versi Jepang dan versi Korea. Dimana kedua versi tersebut meraih sukses yang nyaris sama.

Selain itu, single ini juga menjadi salah satu single dari Girls Generation yang meraih sukses meski tanpa banyak mendapatkan promosi dari girlgroup SM Entertainment ini.

9. Lion Heart (2015)

Hits Lion Heart bersama dengan full album "Lion Heart" menjadi pertanda dari kembalinya Girls' Generation sepenuhnya di industri musik Korea Selatan. Album yang dirilis pada Agustus 2015 ini pun menjadi pertama kalinya SNSD melakukan promosi dengan 8 orang member. Selain  hits Lion Heart album ini juga terdapat hits lain yakni You Think. Selain itu, lagu ini pun dirilis sebagai hadiah ulang tahun SNSD kedelapan.

Lion Heart kembali membuktikan bahwa SNSD tak kehilangan sentuhan dan juga popularitasnya, mesk baru saja ditinggalkan salah satu member yang kebetulan juga vokalis mereka, Jessica. Malah sebaliknya, album "Lion Heart" mampu berada di posisi pertama di Gaon Chart, sekaligus posisi pertama di Billboard US World Album.

10. Holiday (2017)

Album "Holiday Night" dan juga hits Holiday dirilis pada 4 Agustus 2017, sebagai penanda dan hadiah ulang tahun SNSD yang kesepuluh. Full album keenam ini kembali mengusung ciri khas Girls' Generation, tak ketinggalan juga unsur pop dan dance track yang dirilis sebagai genre dari single dan juga album ini sendiri.

Tak banyak group yang sanggup merilis album sepanjang 10 tahun karirnya. Melalui sederet hits ikonik mereka inilah, SNSD membuktikan bahwa mereka memiliki banyak sekali prestasi dan keunikan tersendiri yang mampu membuat karir mereka bertahan sekian lama. Untuk mempromosikan album ini, dan juga merayakan hari jadi mereka, SNSD berniat menggelar konser dan juga fan meeting di bulan Agustus sekarang. Happy 10th Anniversary, Girls' Generation!

naya
More from Creative Disc